2021-06-04 | #AwasModus

Waspada! Iklan Website Palsu Mengatasnamakan BCA dan Halo BCA

Modus yang terjadi

Ketika seseorang ingin mencari kontak resmi BCA / Halo BCA di laman pencarian dan mengetik keyword “Halo BCA”, “BCA” atau sejenis, maka akan muncul iklan website palsu, padahal website resmi BCA dan Halo BCA adalah https://www.bca.co.id

Pemasang iklan tsb memanfaatkan kelengahan kamu sehingga percaya untuk masuk ke website palsu tsb dan menyerahkan data-data pribadi perbankan milikmu, lalu penipu menjalankan aksinya menguras uang kamu.

 

Yuk kenali iklan website palsu yang mengatasnamakan BCA dan Halo BCA

Kembali ke modus penipuan iklan palsu website yang mengatasnamakan BCA / Halo BCA, berikut tanda-tanda yang dapat diperhatikan untuk mengenali iklan palsu tsb.

Jika kita perhatikan, sepintas memang iklan palsu tsb serupa tapi tak sama. Untuk memasang iklan palsu, image yang digunakan oleh si pelaku biasanya copy paste dari iklan resmi BCA atau mengambil dari website resmi BCA. Yang berbeda hanyalah link / tautan yang ditampilkan.

  • Website palsu tsb ketika dibuka seakan-akan seperti website BCA tapi bentuknya janggal, tidak mencerminkan website perusahaan.
  • Di dalam website tsb kamu akan diarahkan untuk menyebutkan / mengisi nomor kartu ATM / debit, PIN, OTP dan data pribadi lainnya. Ini pasti penipu karena bank tidak pernah meminta data pribadi kamu.

Selain itu, ada lagi modus serupa berupa nomor / akun palsu mengatasnamakan BCA / Halo BCA.

  1. Telpon Halo BCA: 1500888. Telpon palsu Halo BCA biasanya menggunakan awalan kode area seperti 021-1500888, +621500888, dll
  2. WhatsApp Halo BCA: Bank BCA 08111500998 (ada centang hijau). WA palsu Halo BCA biasanya tanpa centang hijau.
  3. Akun sosmed Twitter Halo BCA di @HaloBCA (ada centang biru). Akun palsu Twitter halo BCA biasanya tanpa centang biru atau penulisan “Halo BCA” yang salah seperti Hallo BCA, HalowBCA, dll.

 

Tips-tips untuk mencegah ini terjadi

  1. Teliti dengan iklan website / nomor telpon / akun chat / akun sosmed palsu BCA / Halo BCA. Jangan tertipu dengan nomor / akun ASPAL atau serupa tapi tak sama!
  2. Apapun yang terjadi, jaga selalu kerahasiaan data pribadi seperti No Kartu ATM / debit, PIN, kode OTP dll. Jangan pernah berikan kepada siapapun sekalipun pihak bank, karena #DatamuRahasiamu.
  3. Selalu ingat 5 official channel komunikasi HaloBCA.
  • Halo BCA 1500888 (tidak ada awalan 021, +62 atau apapun
  • Whatsapp “Bank BCA” di 08111500998 (ada centang hijau)
  • Twitter Halo BCA di @HaloBCA (ada centang biru)
  • Email Halo BCA di halobca@bca.co.id
  • Webchat Halo BCA ada di website resmi BCA yaitu www.bca.co.id
  • Aplikasi Halo BCA yang bisa didownload di sini

 

Jika kamu mengalami penipuan dari iklan website palsu BCA / Halo BCA, segeralah hubungi HaloBCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti.

Jadilah generasi Anti Modus biar nggak gampang kena tipu. Yuk update modus-modus lainnya di www.bca.co.id/awasmodus.