05 Apr 2024 | Edukatips

8 Strategi Jitu Atur Keuangan Jelang Lebaran

Menjelang hari raya Lebaran biasanya pengeluaran akan meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Hal ini sebenarnya wajar mengingat ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut momen hari raya ini. Kehadiran uang THR Lebaran mungkin bisa membantu untuk menambah pemasukan di bulan ini, tapi menabung untuk Lebaran dan strategi keuangan yang jitu tetap harus dilakukan agar uang THR tidak habis begitu saja.

Tips Mengatur Keuangan Saat Momen Hari Raya Lebaran

Perencanaan keuangan yang baik saat menyambut Lebaran perlu dilakukan agar THR tidak “lewat” begitu saja. Simak tips mengatur keuangan berikut ini agar tidak boros saat Lebaran.

1. Bedakan antara gaji bulanan dan THR

Dalam beberapa kesempatan, ada kalanya uang THR dan gaji bulanan akan diberikan secara bersamaan atau bahkan berdekatan harinya. Situasi ini jangan sampai membuat kalap seolah menerima uang kaget dan bersikap santai dalam menggunakan keduanya.

Sebaiknya atur budget dan pisahkan pengeluaran sesuai dengan pemasukan dari uang THR dan gaji bulanan. Gaji bulanan sebaiknya diperlakukan seperti bulan-bulan pada umumnya, yaitu untuk membayar kebutuhan sehari-hari dan investasi. Sementara itu, uang THR bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan merayakan Lebaran, mulai dari membeli bahan makanan saat hari raya, berkirim hampers, membeli baju Lebaran, sampai untuk pengeluaran saat mudik.

2. Buat catatan pengeluaran

Agar bisa lebih cermat, buatlah catatan pengeluaran secara terorganisir dengan baik. Tulis secara rinci setiap pengeluaran dan akan mengambil dari dana yang mana, gaji bulanan atau THR. Biasanya juga untuk menyusun catatan pengeluaran ini berdasarkan skala prioritas agar tidak ada dana yang dihabiskan begitu saja. Jadikan catatan pengeluaran ini sebagai evaluasi pengeluaran setiap minggunya agar arus kas yang keluar bisa tetap terpantau dengan baik.

3. Zakat dan donasi

Ingatlah baik-baik, ada jatah 2,5% dari pemasukkan kita yang wajib untuk disumbangkan sebagai zakat dan donasi. Prioritaskan kedua hal ini dalam catatan pengeluaran. Pilihlah lembaga zakat atau donasi yang telah terpercaya agar ibadah yang dilakukan ini bisa lebih berkah dan bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.

4. Buat target menabung

Kehadiran uang THR Lebaran pada dasarnya bisa dijadikan kesempatan untuk menambah tabungan pribadi. Oleh karena itu, segera sisihkan dan buat target menabung dari dana THR ini di awal.

5. Investasi

Selain menabung, uang THR juga bisa dijadikan dana dingin yang bisa masuk ke dalam portofolio investasi. Dengan cara ini, atur cara untuk membuat uang berlipat ganda dengan strategi investasi yang tepat. Ingat, pilihlah platform investasi yang aman dan terpercaya dan jangan berinvestasi hanya pada satu instrumen saja untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

6. Self-reward

Berilah penghargaan yang berarti untuk diri sendiri. Uang THR ini bisa menjadi sarana refleksi diri sendiri setelah bekerja keras selama satu tahun ke belakang. Bahagiakanlah diri sendiri terlebih dahulu dengan membeli barang-barang yang diinginkan.

Sebaiknya tetap aware dengan budget untuk memberikan self-reward ini, ya. Pertimbangkan pilihan harga terbaik dengan beli online atau langsung datang ke toko. Manfaatkan juga metode pembayaran praktis lewat virtual account BCA jika berbelanja melalui toko online.

7. Cek harga dan diskonan

Untuk membeli barang-barang kebutuhan Lebaran ataupun self reward, cobalah untuk melakukan riset kecil-kecilan tentang harga yang ditawarkan. Buat nasabah BCA, banyak promo menarik yang juga bisa digunakan agar belanja buat kebutuhan lebaran makin hemat.

Selain itu, manfaatkan momen diskon Lebaran untuk mendapatkan penawaran harga terbaik di berbagai macam tempat. Bagi yang ingin mudik, manfaatkan juga promo menarik saat memesan penginapan agar sisa budget bisa tetap jadi tabungan lebaran yang berguna untuk masa yang akan datang.

8. Cari penghasilan tambahan

Agar bisa menambah pemasukan menjelang hari raya, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari pekerjaan sampingan dengan keahlian yang dimiliki  atau bahkan menggunakan uang THR sebagai modal usaha.

Kelola uang THR sebagai modal untuk membuka usaha kecil-kecilan, seperti jualan aneka kue kering Lebaran dan jualan hampers Lebaran.

Menerapkan strategi keuangan yang jitu saat momen Lebaran bisa membuat banyak orang lebih tenang merayakan hari raya. Jangan sampai kalap karena menerima dana berlebih berupa THR, tetaplah bijak dalam menyikapinya.

Manfaatkan kemudahan untuk merencanakan keuangan dengan menggunakan myBCA. Kamu bisa menggunakan fitur Catatan Finansial agar pengeluaranmu tercatat dengan rinci dan praktis. Download aplikasi myBCA di Play Store dan App Store.