25 Okt 2023 | Edukatips

Tips Mengatur Budget Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Berlibur sering kali menjadi agenda akhir tahun untuk keluarga. Namun, liburan akhir tahun cenderung membutuhkan dana yang cukup besar. Sehingga, perlu perencanaan budget liburan akhir tahun sejak jauh hari.

Untuk membuat perencanaan lebih mudah, simak beberapa kiat melakukan budgeting untuk liburan akhir tahun bersama keluarga.

Anggaran yang Dibutuhkan untuk Liburan Akhir Tahun

Sebelum mulai mengumpulkan dana, ada baiknya mengetahui dulu kebutuhan selama liburan. Bukan hanya tiket dan penginapan saja, berikut paparan tentang anggaran yang dibutuhkan untuk liburan.

1. Biaya transportasi

Transportasi ini termasuk tiket perjalanan pergi dan pulang sekaligus biaya transportasi yang muncul selama berada di tempat liburan. Jika memilih pergi dengan kendaraan pribadi, berarti diperlukan anggaran bensin, biaya tol, biaya parkir/masuk kendaraan dan lainnya.

2. Biaya penginapan

Anggaran untuk penginapan juga relatif besar apalagi kalau menginap untuk tempo waktu yang lama. Apalagi untuk keluarga yang sudah memiliki anak dan membutuhkan lebih dari satu kamar untuk penginapan, maka perlu mengalikan biaya penginapan sesuai jumlah kamar yang dibutuhkan.

3. Biaya makan sehari-hari

Biaya ini tentunya wajib dianggarkan selama berada di destinasi liburan. Baiknya adalah dengan membuat anggaran makan minimal tiga kali sehari untuk setiap anggota keluarga.

4. Biaya tiket ke tempat hiburan

Rencana liburan ke sebuah destinasi biasanya didasari oleh tempat hiburan yang ada di lokasi tersebut. Karena itu, diperlukan anggaran biaya tiket masuk ke tempat hiburan. Biaya ini pun biasanya dihitung per orang.

5. Biaya kebutuhan tidak terduga

Biaya tidak terduga juga perlu disiapkan selama liburan bersama keluarga. Hal ini dilakukan agar liburan juga lebih tenang karena sudah mempersiapkan diri untuk kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

Tips Mengatur Liburan Akhir Tahun Keluarga

Sekarang saat mulai membuat anggaran sekaligus mengatur rencana liburan akhir tahun keluarga. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya.

1. Mulai dari jauh hari

Liburan akhir tahun akan berada di waktu yang sama, yaitu sekitar pertengahan hingga akhir bulan Desember. Aturlah dari jauh hari untuk mengumpulkan dana liburan sampai hari tersebut datang. Perencanaan yang lebih matang membuat kamu lebih siap untuk liburan bersama keluarga.

2. Mulai melakukan riset

Riset ini bertujuan mencari tahu biaya yang dibutuhkan untuk penginapan, akomodasi, kebutuhan makan sehari-hari, dan tiket untuk pergi ke tempat liburan yang diinginkan. Dengan riset, biaya liburan juga bisa ditekan, contohnya dengan mencari penginapan murah tapi dekat dengan akses transportasi.

3. Menentukan dana liburan

Nominal dana liburan pun perlu ditentukan di awal. Jumlah dana ini didapat dari seluruh biaya yang dibutuhkan selama liburan, mulai dari berangkat hingga pulang kembali. Setelah mendapatkan kisaran dana yang dibutuhkan, maka bisa mulai dengan menyusun perencanaan pengumpulan dananya.

4. Buat anggaran belanja

Tidak jarang anggaran liburan jadi membengkak karena membeli banyak barang atau makanan. Untuk mengatasinya, perlu dibuat anggaran belanja yang bisa digunakan selama liburan. Anggaran ini termasuk dengan membeli makanan, mencoba sejumlah wahana permainan, hingga belanja oleh-oleh.

5. Mulai mencicil keperluan dari jauh hari

Untuk meringankan biaya pada hari liburan nanti, bisa dengan mulai mencicil kebutuhan dari sekarang, loh. Seperti melakukan booking tiket pesawat dan penginapan dari jauh-jauh hari. Bahkan, dengan cara ini bisa membuat kamu mendapat harga yang lebih murah.

Manfaatkan juga kemudahan pembayaran dengan menggunakan Kartu Kredit BCA. Selain bisa, membayar secara cicilan dengan bunga yang ringan untuk pembelian tiket ataupun penginapan. Kartu Kredit BCA juga bisa digunakan sebagai salah satu metode pembayaran selama liburan baik di dalam maupun di luar negeri.

Buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, bisa mulai apply Kartu Kredit BCA di sini.