07 Feb 2023 | Edukatips

Ciri-ciri Asuransi Kesehatan untuk Kebutuhan Keluarga

Memiliki asuransi kesehatan berguna untuk mengurangi pengeluaran biaya kesehatan yang kian hari kian mahal. Ini sebabnya penting untuk memilih asuransi kesehatan yang tepat sehingga dapat memberikan perlindungan bagi diri sendiri dan keluarga dengan lebih maksimal.

Memilih asuransi yang cocok untuk kebutuhan keluarga, termasuk asuransi kesehatan memang perlu ketelitian. Kamu juga perlu membandingkan berbagai produk asuransi kesehatan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

Ciri-ciri Asuransi Kesehatan yang Bagus untuk Keluarga

Mengetahui sejumlah ciri-ciri asuransi kesehatan yang bagus dapat membantu menentukan asuransi kesehatan yang tepat dan tidak merugikan. Berikut sejumlah ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik yang perlu diketahui:

1. Menerapkan sistem pembayaran cashless

Salah satu hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi kesehatan adalah manfaat sistem pembayaran yang diterapkan. Umumnya, manfaat jenis asuransi yang satu ini terbagi menjadi dua, yakni Asuransi Kesehatan reimburse dan juga Asuransi Kesehatan cashless

Sebaiknya, pilihlah sistem pembayaran cashless karena dapat memudahkan proses pembayaran sehingga biaya kesehatan tidak perlu dibayarkan terlebih dahulu. Biaya yang satu ini akan dibayar oleh perusahaan asuransi, di mana kita hanya perlu menggesek menggunakan kartu Asuransi saja. Namun perlu diperhatikan juga limit Asuransi yang dimiliki.

2. Mempunyai jaringan rumah sakit yang luas

Ciri-ciri yang kedua adalah memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Pasalnya, sistem pembayaran cashless hanya dapat digunakan di berbagai rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi saja.

Jika asuransi kesehatan sudah terhubung dengan berbagai rumah sakit, maka nasabah dapat menggunakan sistem pembayaran cashless tersebut dengan mudah.

3. Menyesuaikan dengan Plafon dan Premi

Pemilihan Asuransi Kesehatan yang baik juga harus dapat menyesuaikan antara keadaan keuangan nasabah dengan plafon serta premi yang perusahaan tawarkan. Contohnya di saat kamu mengambil produk yang memiliki harga lebih rendah, maka kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan yang diperlukan untuk membayar kekurangan karena tidak dijamin oleh asuransi.

Patut diingat, bahwa semakin mahal harga kamar rumah sakit, maka semakin mahal juga premi dan plafon yang perlu dibayar.

4. Memprioritaskan rawat inap

Ciri-ciri yang terakhir adalah asuransi kesehatan tersebut dapat menanggung biaya rawat inap. Pasalnya, perawatan yang satu ini memerlukan biaya yang lebih besar. Umumnya, perusahaan asuransi memiliki dua jenis perawatan yakni rawat inap dan juga rawat jalan.

Itulah sejumlah informasi mengenai ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan. Salah satu penyedia asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih adalah asuransi BCA.

Ada berbagai berbagai produk dan polis asuransi kesehatan BCA yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.