03 Feb 2023 | Edukatips

Cara Menabung untuk Membeli Mobil Impian

Banyak orang yang memimpikan untuk punya mobil idaman. Biarpun begitu, banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan barang impian yang satu ini. Kuncinya untuk mendapatkan sebuah mobil idaman tentu saja menabung dengan konsisten.

Cara Menabung untuk Beli Mobil

Menabung bisa dilakukan dengan berbagai cara dan strategi. Berikut sejumlah langkah yang bisa ditiru agar bisa membeli mobil:

1. Menetapkan target

Sebuah target bisa membedakan cara yang dilakukan untuk membeli mobil. Pastikan target yang disasar masih bisa dijangkau dengan kemampuan finansial. Mobil idaman yang dipilih juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan yang dimiliki.

Saat memiliki penghasilan sekitar Rp5—Rp9 juta sebenarnya bisa memiliki mobil dengan kisaran harga di atas Rp300 juta. Namun, waktu menabung untuk mengumpulkan uangnya akan menjadi lebih panjang dibandingkan dengan membeli mobil dengan harga di bawah Rp300 juta.

2. Menghitung biaya yang mengikuti

Saat akan memiliki mobil, harga mobil bukan merupakan biaya satu-satunya yang harus dibayarkan. Ada banyak biaya lain yang akan mengikutinya. Karena itu, pastikan sudah mempersiapkan dan menghitung seluruh biaya ini sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

Satu hal yang pasti adalah pembelian bahan bakar untuk bisa menjalankan mobilnya. Konsumsi bahan bakar ini bisa jadi meningkat saat sering mengendarai mobilnya. Ada juga biaya pajak kendaraan yang perlu dibayarkan setiap tahun.

Di samping itu, mobil pun harus rutin diservis di bengkel. Para pemilik mobil pun perlu memiliki asuransi kendaraan untuk melindungi mobilnya. Nah, biaya-biaya tersebut harus mulai dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

3. Menyisihkan penghasilan bulanan

Dana untuk membeli mobil tentu saja didapatkan dari penghasilan bulanan. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan menabung terlebih dulu, alih-alih menghabiskan penghasilan secara langsung. Salah satu caranya adalah dengan menyisihkan 20 sampai 30 persen dari penghasilan untuk membeli mobil.

Jumlah ini terbilang cukup aman supaya tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, pastikan untuk tidak memiliki pengeluaran besar lainnya saat sedang menabung untuk membeli mobil, ya.

4. Perketat pengeluaran yang kurang berguna

Saat memutuskan untuk membeli mobil, hal yang perlu dilakukan adalah membatasi pengeluaran lainnya. Pengeluaran makanan dan minuman bisa menjadi pengeluaran paling besar setiap bulannya. Pengeluaran ini bisa diminimalkan dengan memasak makanan sendiri di rumah atau mengurangi jajan di luar.

Bukan hanya makanan, pengeluaran lainnya juga bisa ditekan. Sebut saja layanan musik atau video streaming dengan biaya langganan per bulan. Belum lagi biaya belanja online yang kadang membuat pengeluaran menjadi bengkak.

Namun, bukan berarti benar-benar harus menghilangkan pengeluaran tersebut. Cukup batasi dengan membuat jurnal dan pembukuan pengeluaran harian untuk mengontrol pengeluaran.

5. Mencari penghasilan tambahan

Mengetatkan ikat pinggang bukan satu-satunya cara supaya bisa menabung untuk membeli mobil. Cara lain untuk mendapatkan mobil impian adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Mendapatkan penghasilan tambahan pun sudah makin mudah dengan bantuan teknologi sekarang.

Selain itu, ada juga berbagai platform digital yang membuat para pelaku usaha menjalankan bisnis online. Asal dilakukan dengan tekun, bisnis dan pekerjaan tersebut bisa menjadi penghasilan tambahan.

6. Memisahkan rekening tabungan beli mobil dan konsisten menabung

Ada baiknya membuat rekening tabungan baru untuk memisahkan dengan uang sehari-hari. Lebih baik lagi jika rekening tabungan ini tidak memiliki fasilitas mobile banking ataupun kartu debit sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Kesuksesan menabung bisa tercapai dengan langkah yang konsisten. Konsisten untuk melakukannya setiap bulan sekaligus konsisten untuk menambah tabungan saat mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, konsistensi ini juga bisa berupa menjaga pengeluaran konsumtif.

Beberapa contoh rekening tabungan yang bisa dimanfaatkan adalah TabunganKu, Tahapan Berjangka BCA ataupun deposito.

7. Manfaatkan Kredit Kendaraan Bermotor

Manfaatkan juga Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dari BCA untuk bisa mendapatkan mobil idaman dengan cara cicilan. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA menawarkan beragam program pembiayaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan syarat pengajuan yang mudah. Selain itu, proses pengajuan bisa dilakukan secara online dengan proses persetujuan yang relatif singkat.

Itu dia sejumlah cara untuk bisa mendapatkan mobil idaman untuk aktivitas sehari-hari. Yuk, wujudkan mobil impianmu!