02 Nov 2022 | Edukatips

4 Keuntungan dan Kegunaan Kartu Kredit

Kemampuan untuk membeli dan membayar dilihat dengan cara pengelolaan keuangan seperti mengelola uang tunai, kartu debit, dan kartu kredit. Semuanya mengharuskan seseorang untuk memiliki dana untuk melakukan suatu transaksi.

Namun, penggunaan kartu kredit lebih fleksibel dalam pembayaran sehingga memungkinkan seseorang untuk dapat membeli produk dan dibayarkan dalam periode waktu tertentu. Selain itu, ada pula keuntungan dengan adanya berbagai promo menarik yang ditawarkan kartu kredit.

Keuntungan Kartu Kredit dan Alasan Memilikinya

Kartu kredit memungkinkan seseorang meminjam uang dari bank berdasarkan perjanjian bahwa akan dibayarkan pada tanggal jatuh tempo. Jika digunakan dengan baik dan bijak, kartu kredit dapat berfungsi sebagai alat keuangan yang bagus. Untuk mengetahui alasan perlunya kartu kredit, simak pembahasan berikut:

1. Belajar mengelola keuangan

Bagi yang tidak pandai mengatur keuangan, mendata pengeluaran akan menjadi kegiatan yang membingungkan. Namun, dengan menggunakan kartu kredit, siapa pun akan mendapatkan ringkasan lengkap, dan terperinci tentang pengeluaran setiap bulan.

Berbeda ketika menggunakan uang tunai yang mengharuskan pendataan. Penggunaan kartu kredit membantu seseorang melihat anggaran dan pengeluaran yang dipakai. Hal ini membuat siapa pun lebih mudah mengetahui uang digunakan untuk keperluan apa saja. Penggunaan kartu kredit membantu seseorang bertanggung jawab dan mengelola keuangan secara bijak.

2. Pembayaran dengan Cicilan

Untuk merealisasikan barang-barang yang diinginkan, seseorang mungkin memiliki keterbatasan dana sehingga mengurungkan niat untuk membelinya. Dengan menggunakan kartu kredit, tidak perlu khawatir lagi dengan masalah seperti ini.

Kartu kredit biasanya menawarkan pilihan pembayaran cicilan dari kartu kredit. Dengan begitu, pemilik kartu kredit dapat membeli produk tanpa harus membayar sekaligus dan bisa dibayarkan secara bertahap selama periode waktu cicilan berlangsung.

3. Memudahkan perjalanan liburan ke luar negeri

Bepergian ke luar negeri membutuhkan persiapan yang banyak, salah satunya adalah menukarkan uang asing. Prosesnya cukup merepotkan dan menghabiskan banyak waktu. Bagi orang yang sibuk dan tidak terbiasa dengan proses tersebut, hal ini akan merepotkan.

Kartu kredit menjadi cara yang nyaman dan tergolong aman untuk membayar segala kebutuhan saat di luar negeri. Dengan begitu, tidak perlu menukarkan uang dan membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Kartu kredit juga memberikan kemudahan valuta asing saat berpergian ke luar negeri dengan tarif yang cukup kompetitif.

4. Lebih untung transaksi dengan kartu kredit

Tidak hanya menjadi pilihan pembayaran yang sangat bermanfaat, tapi juga berfungsi untuk mendapatkan keuntungan. Kartu kredit menawarkan daya beli yang lebih tinggi dan kesempatan untuk mendapatkan hadiah.

Hadiah tidak selamanya berbentuk barang, melainkan cashback, diskon, poin/rewards yang bisa ditukarkan dengan tiket untuk berlibur, hiburan, belanja serta hadiah lainnya. Dengan keuntungan tersebut, pemegang kartu kredit sebetulnya juga lebih berhemat.

Itulah berbagai keuntungan kartu kredit untuk para pemiliknya. Tertarik membuat kartu kredit? BCA memiliki berbagai jenis pilihan kartu kredit dengan berbagai keunggulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Cek selengkapnya di sini.