19 Sep 2022 | Edukatips

Jangan Panik! Ini Cara Atasi Lupa User ID BCA Mobile

Kehadiran BCA mobile sebagai aplikasi mobile banking BCA sangat memudahkan untuk setiap transaksi pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Lewat BCA mobile, kamu bisa melakukan banyak transaksi, mulai dari top up e-wallet, transfer uang, pembayaran tagihan bulanan hingga mengetahui riwayat uang masuk dan keluar. 

Untuk itu, sulit untuk dibayangkan jika dengan atau tanpa sengaja kamu salah memasukkan Kode Akses BCA mobile beberapa kali secara berturut-turut hingga akhirnya akun BCA mobile tidak dapat diakses, sehingga bisa mengganggu aktivitas keuangan. 

Secara ketentuan, BCA mobile tidak dapat diakses apabila ada kesalahan input Kode Akses hingga 3 kali secara berturut-turut saat pertama kali membuka aplikasi. Begini cara mengatasinya:

1. Tetap tenang dan jangan panik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat mengetahui BCA mobile tidak dapat diakses adalah tetap tenang dan jangan panik. Kepanikan yang terjadi justru akan memperburuk situasi dan kondisi sehingga kamu akan sulit berpikir jernih dan mendapatkan solusi terbaik.

Selain itu juga sekalipun BCA mobile tidak dapat diakses dan digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, kamu tetap bisa menggunakan kartu ATM BCA untuk transaksi di mesin ATM BCA maupun pembayaran di EDC merchant offline. Kamu juga tetap bisa mengakses Internet Banking BCA lainnya seperti KlikBCA dan myBCA.

2. Lakukan reset mandiri lewat BCA mobile

Cara pertama yang mudah dilakukan untuk mengatasi kode akses BCA mobile terblokir adalah melalui aplikasi BCA mobile itu sendiri. Jika kamu lupa Kode Akses BCA mobile hingga muncul notifikasi seperti ini, tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan verifikasi ulang langsung di BCA mobile.

Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan adalah:

  1. Pilih m-BCA atau menu (i) di pojok kanan atas
  2. Pilih ‘Verifikasi’
  3. Klik ‘Accept’ untuk syarat dan ketentuan penggunaan mobile banking
  4. Masukkan No. Kartu ATM
  5. Kirim SMS ke 89888 sesuai arahan untuk verifikasi
  6. Jika berhasil, tentukan Kode Akses, ulang kembali untuk verifikasi
  7. Setelahnya, BCA mobile berhasil diakses kembali

3. Hubungi Halo BCA

Jika kebingungan, kamu bisa menghubungi Halo BCA terlebih dahulu untuk mendapatkan bantuan. Ada banyak cara menghubungi Halo BCA seperti lewat WhatsApp Bank BCA di +62811-1500-998, telepon langsung 1500888 (tanpa imbuhan atau kode apapun di depannya) atau via aplikasi haloBCA (bebas pulsa).

Agar terhindar dari kasus penipuan Bank BCA, kamu harus memeriksa kembali bahwa nomor telepon dan akun media sosial yang kamu hubungi adalah resmi milik BCA. Akun resmi Instagram BCA hanyalah @GoodlifeBCA dengan centang biru. Cek semua akun resmi media sosial BCA di sini.

Jika kamu melakukan verifikasi ulang mobile banking di cabang terdekat. Petugas bank akan membantu untuk memberitahukan cara verifikasi ulang mandiri lewat aplikasi BCA mobile. Setelah proses selesai dilakukan, aplikasi BCA mobile dapat dilakukan kembali untuk melakukan transaksi mobile banking.

4. Tips Membuat PIN atau kode akses BCA mobile

Umumnya, nasabah akan membuat PIN ATM dan kode akses (sebutan untuk password BCA mobile) dengan kombinasi yang mudah diingat. 

Akan tetapi, bukan berarti kamu menggunakan tanggal lahir atau angka yang berkaitan dengan data diri sendiri, ayah, ibu, pasangan atau anggota keluarga lainnya sebagai PIN atau kode akses. 

Menggunakan tanggal lahir atau data diri lainnya untuk PIN atau kode akses akan mempermudah para penipu perbankan untuk menyadap akun bank kamu dan melakukan transaksi. Gunakan kombinasi angka atau huruf lainnya yang mudah kamu ingat sendiri tapi tidak mudah diakses oleh orang lain.

Terakhir, hindari mencatat PIN atau kode akses di handphone karena akan dengan mudah diketahui oleh orang lain.

Share informasi ini ke teman atau saudara kamu ya, GoodFriends~