09 Mei 2022 | Edukatips

Persyaratan Cara Bikin Kartu Kredit BCA, Verifikasi, dan Aktivasinya

Proses pengajuan kartu kredit tergolong mudah. Nasabah dapat mengajukan pembuatan atau penerbitan kartu kredit ini dengan datang secara langsung ke bank yang ingin dituju atau bisa dilakukan secara online.

Sebelum melakukan pengajuan kartu kredit, pertimbangkan juga berbagai penawaran dan keuntungan yang ditawarkan dari setiap jenis kartu kredit. Berikut sejumlah langkah pembuatan kartu kredit yang dapat kamu ikuti.

1. Pilih jenis kartu

Setiap bank umumnya menawarkan jenis kartu kredit yang dapat dibedakan berdasarkan fungsi, keunggulan dan limitnya. Pastikan memilih jenis kartu yang memang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan kamu. Untuk mengetahui jenis kartu kredit yang dimiliki BCA, klik di sini.

2. Lengkapi persyaratan yang dibutuhkan

Secara umum, berikut beberapa persyaratan pengajuan kartu kredit, yakni:

  • Berusia minimal 21 tahun
  • Fotokopi KTP
  • Memiliki penghasilan bersih minimal Rp 3 juta/bulan
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi slip gaji
  • Fotokopi buku tabungan minimal 3 bulan terakhir

Jika telah memiliki kartu kredit sebelumnya, nasabah biasanya juga diminta untuk melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir

3. Isi formulir yang disediakan

Cara membuat kartu kredit selanjutnya adalah untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dan bawa ke layanan pelanggan (customer service) bank. Setelah itu, pihak bank akan melakukan pengecekan dokumen persyaratan yang sudah dibawa. Jika sesuai, nasabah akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan kartu kredit.

Selain melalui Kantor Cabang BCA, pengajuan Kartu Kredit BCA juga bisa dilakukan secara online melalui form ini.

4. Persiapkan diri untuk diverifikasi oleh pihak bank

Langkah selanjutnya, pihak bank juga akan memastikan bahwa nasabah memang layak untuk mendapatkan kartu kredit yang diinginkan. Sehingga, verifikasi akan dilakukan. Survei ini umumnya akan melihat rekam kredit, tempat kerja dan juga rumah.

5. Tunggu kabar dari pihak bank

Jika tahap verifikasi sudah dilakukan, pengajuan kartu kredit pun akan diproses kembali. Jika semua kriteria dianggap telah terpenuhi, maka proses akan berlanjut ke tahapan berikutnya. Namun, pengajuan kartu kredit mungkin dapat dibatalkan saat ada kriteria yang tidak sesuai.

6. Lakukan aktivasi jika kartu sudah diterima

Jika pengajuan telah diterima, maka kartu kredit akan dikirimkan ke alamat pemohon. Jika sudah menerima kartu kredit ini, disarankan untuk segera melakukan aktivasi supaya kartu kredit tersebut dapat digunakan. Aktivasi dapat dilakukan sendiri melalui online maupun dengan mendatangi langsung kantor bank yang menjadi tempat pengajuan.

Untuk aktivasi Kartu Kredit BCA bisa melalui BCA mobile, Halo BCA di 1500888 atau melalui SMS. Informasi lebih lanjut terkait aktivasi Kartu Kredit BCA dapat dilihat di sini.

7. Buat pin kartu kredit

Supaya transaksi menjadi lebih aman, pengguna kartu kredit diwajibkan untuk membuat PIN baru sebagai proses otentikasi saat melakukan transaksi. Beberapa bank saat ini juga sudah menyediakan layanan membuat PIN secara online.

Untuk aktivasi PIN Kartu Kredit BCA bisa melalui BCA mobile, website BCA atau ATM BCA. Informasi lebih lanjut terkait aktivasi PIN Kartu Kredit BCA dapat di lihat di sini.

Itulah langkah-langkah membuat kartu kredit, mudah bukan? Yuk, segera buat Kartu Kredit BCA. Apalagi, ada berbagai promo Kartu Kredit BCA yang sayang untuk dilewatkan. Untuk pengajuan Kartu Kredit BCA secara online hingga 30 Juni 2022, dapatkan cashback hingga 1 juta.