30 Mar 2022 | Edukatips

5 Gaya Hidup Minimalis Biar Hidup Lebih Praktis

Gaya hidup minimalis adalah gaya hidup dengan berfokus pada hal-hal yang dibutuhkan, tidak berlebihan namun tetap berkualitas. Menerapkan gaya hidup minimalis diperlukan agar kondisi keuangan juga bisa dikendalikan. Dengan gaya hidup ini, kualitas hidup di masa yang akan datang pun lebih baik dan bahagia.

Sudah banyak yang menerapkan gaya hidup minimalis dari berbagai belahan dunia. Gaya hidup minimalis butuh kita terapkan saat ini mengingat memiliki dampak positif untuk keuangan. Berikut cara menerapkan gaya hidup minimalis dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengatur Bahan Makanan

Pernahkah ketika membeli kebutuhan bulanan secara langsung dan mendapati ada bahan makanan yang dibeli akhirnya tidak digunakan bahkan membusuk? Saat hal ini terjadi, artinya pola belanja dan pengeluaran untuk bahan makanan perlu diatur ulang.

Bahan makanan yang tidak bisa digunakan untuk memasak akan menjadi kerugian pada pengeluaran. Untuk mencegah kerugian seperti itu, cukup beli bahan makanan saat dibutuhkan saja. Cara paling sederhana adalah menyiapkan daftar belanja sesuai menu yang akan dimasak sehingga pengeluaran juga jadi lebih hemat.

2. Merawat Barang

Saat melakukan gaya hidup minimalis, merawat barang adalah hal yang penting diterapkan. Lakukan perawatan rutin pada barang yang sering dipakai sehari-hari. Rutinitas ini berlaku pada kendaraan bermotor, smartphone, laptop, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan perawatan yang baik, masa pakai barang lebih tahan lama, terutama untuk barang-barang yang harganya relatif mahal seperti gadget dan perangkat elektronik. Jika dilakukan secara konsisten, gaya hidup seperti ini dapat meminimalisasi membeli barang pengganti.

3. Beli Barang dengan Kualitas Tinggi

Meskipun menerapkan gaya hidup minimalis, pilih barang dengan kualitas yang tinggi. Barang berkualitas tinggi akan mampu digunakan dalam jangka panjang. Dengan menggunakan barang yang lebih awet, kamu jadi tidak perlu membeli barang lain dalam waktu yang lama, deh.

Manfaat lain yang didapatkan ketika menerapkan cara ini adalah dapat mengurangi limbah produksi dan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang. Contohnya, dengan membeli sepatu atau tas berkualitas tinggi yang memiliki masa pakai yang lama.

Mungkin kamu membutuhkan biaya yang cukup besar saat awal membeli, tapi hal ini akan sangat menghemat biaya di masa depan.

4. Liburan Berkualitas

Ketika menerapkan gaya hidup minimalis, kamu tetap perlu melakukan liburan untuk refresh pikiran. Lakukan perjalanan ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi untuk memperluas cara pandangmu. Dengan berlibur, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman baru, loh.

Kamu juga bisa memilih liburan ala backpacker. Tentukan akomodasi yang cukup sesuai budget minim. Selain itu, dengan membawa tas punggung saat berlibur untuk mengendalikan keinginan untuk beli banyak oleh-oleh yang tidak benar-benar diperlukan sehingga pengeluaran jadi lebih hemat.

5. Akhir Pekan yang Bermanfaat

Untuk menghindari pengeluaran yang berlebih, pilih kegiatan untuk menghabiskan akhir pekan yang lebih bermanfaat dari segi fungsi dan ekonomis. Beres-beres rumah  ataupun sekedar memanfaatkan home theater di rumah untuk nonton bareng bisa jadi pilihan.

Selain itu, kegiatan seperti olahraga di rumah juga bisa membuat akhir pekan lebih produktif. Tubuh akan lebih sehat, pikiran juga lebih tenang karena tubuh dapat beristirahat sejenak dari rutinitas dan kesibukan yang padat.

Untuk membantu menerapkan gaya hidup minimalis, kamu bisa menggunakan Fitur Lifestyle di BCA mobile. Berbagai kebutuhan dan gaya hidup yang ingin kamu lakukan dapat terpenuhi mulai dari, traveling (Tiket Pesawat, Kereta dan Hotel), belanja kebutuhan sehari-hari (Belanja Harian, Voucher Belanja, Kesehatan), hiburan (Tiket Atraksi, Event & Bioskop), hobi (Voucher Games dan Streaming), beramal (Donasi dan Zakat), hingga kebutuhan transportasi (Taksi).

Melalui fitur ini, melakukan pemesanan hingga bayar bisa dilakukan tanpa perlu pindah aplikasi, semudah Cari - Pesan - Bayar. Belum lagi, banyak promo menarik yang bisa dimanfaatkan bikin transaksi makin hemat. Hidup dibuat semakin simpel dan mudah, siapa pun bisa meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.