30 Mar 2022 | Edukatips

Tujuan Keuangan Tercapai, Keluarga Tenang dengan Proteksi Asuransi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan keuangan pribadi dan keluarga adalah bagaimana kita dapat mewujudkan tujuan keuangan di masa depan, sekaligus tetap dapat memenuhi kebutuhan, baik yang ada di depan mata maupun jangka panjang. Bukan hanya memperhitungkan berapa banyaknya asset yang dapat didiversifikasi sesuai tujuan, namun kita juga perlu memperhatikan risiko-risiko yang mungkin dihadapi.

Salah satu yang memberikan ketenangan dalam hidup dalam perencanaan keuangan adalah memiliki Polis asuransi. Mengapa? Karena nilai pertanggungan / limit pertanggungan dalam asuransi dapat digunakan untuk mengurangi bahkan menutupi dampak finansial dari risiko yang tak terduga di kemudian hari. Sebagai contoh: produk asuransi jiwa. Dengan memiliki Polis asuransi jiwa, maka ahli waris/keluarga bisa mendapat santunan dari perusahaan asuransi berupa Uang Pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal dunia. Dalam hal ini, asuransi jiwa dibagi menjadi 2:

  1. Asuransi Jiwa Tradisional, merupakan asuransi jiwa murni tanpa adanya unsur investasi. Biasanya digunakan untuk memberikan manfaat perlindungan jiwa dan/atau kesehatan dengan jangka waktu perlindungan yang beragam.
  2. Asuransi Jiwa Unit Link adalah produk asuransi jiwa yang menggabungkan manfaat asuransi sekaligus investasi, tetapi fokus utama tetap mengacu pada proteksi.

Lalu, apa saja yang harus kita perhatikan sebelum menyetujui untuk membeli Polis produk asuransi? Berikut ini tahapan yang perlu diperhatikan secara teliti sebelum mulai berasuransi:

  1. Membuat daftar risiko, seperti: risiko sakit, kematian, cacat, hilangnya penghasilan tetap dan lain-lain
  2. Menyiapkan budget untuk premi asuransi
  3. Menghubungi petugas mitra perusahaan BCA yaitu Bancassurance Life Consultant (BLC AIA) atau Financial Advisor (FA BCA Life) yang ada di cabang
  4. Mendapatkan dan memahami penjelasan ilustrasi produk asuransi oleh BLC AIA / FA BCA Life
  5. Mempelajari dengan seksama ilustrasi yang diberikan oleh BLC AIA / FA BCA Life dan mendeklarasikan seluruh riwayat kesehatan dengan lengkap dan benar
  6. Sesuaikan premi dengan kemampuan finansial
  7. Pilihlah produk asuransi yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan dan rencana masa depan
  8. Lakukan pembayaran premi asuransi
  9. Menerima, membaca Polis dan menyimpan Polis dengan baik
  10. Buat salinan tiap dokumen asuransi dan simpan dokumen tersebut dengan baik

 

Apabila Anda setuju dengan produk yang direkomendasikan BLC AIA / FA BCA Life maka Anda akan diminta untuk mengisi SPAJ (Surat Permohonan Asuransi Jiwa) dan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, termasuk dokumen surat kuasa pendebetan rekening secara elektronik melalui BCA mobile. Anda kemudian membayar premi pertama melalui virtual account BCA. Terkait informasi riwayat kesehatan dan juga limit Uang Pertanggungan tertentu, Anda dapat diminta untuk melakukan medical checkup.

Pengajuan asuransi selanjutnya akan melewati proses seleksi risiko (proses underwriting). Keputusan dapat berupa persetujuan/ditunda/diterima dengan pengecualian atau biaya tertentu/ditolak. Jika disetujui, perusahaan asuransi akan menerbitkan Polis asuransi. Anda membayar premi kedua dan seterusnya, melalui pendebetan rekening atau kartu kredit BCA. Anda mendapat kesempatan untuk mempelajari kembali Polis asuransi dan bila tidak sesuai kebutuhan, Anda dapat membatalkan Polis dalam waktu 14 hari dengan hanya membayar biaya administrasi saja, tanpa biaya tambahan. Perlu diperhatikan, jika terjadi risiko pada tertanggung sesuai dengan ketentuan Polis, Pemegang Polis/ahli waris dapat mengajukan klaim ke perusahaan asuransi sesuai prosedur yang berlaku.

BCA berkolaborasi dengan perusahaan mitra asuransi AIA dan BCA Life dalam kerja sama Bancassurance, yaitu aktivitas kerja sama antara Bank dengan perusahaan asuransi dalam memasarkan produk asuransi melalui Bank. Karyawan BCA di cabang hanya bertugas memberikan referral kepada Bancassurance Life Consultant (BLC AIA) atau Financial Advisor (FA BCA Life) yang selanjutnya menggali kebutuhan, memberikan solusi produk dan menjelaskan ke Anda secara lengkap terkait produk termasuk fitur, manfaat, biaya, dan risiko, layanan after sales dan proses klaim.

Dengan memperhatikan dan menyetujui tahapan atas asuransi di atas, Anda bukan hanya dapat lebih leluasa memilih Polis yang sesuai untuk diri dan keluarga, namun juga dapat melindungi asset sehingga dapat mencapai tujuan keuangan keluarga hingga lanjut generasi. Informasi lebih lanjut terkait asuransi, Anda dapat berkonsultasi dengan Bancassurance Life Consultant (BLC AIA) atau Financial Advisor (FA BCA Life) di cabang BCA.