01 Okt 2021 | Edukatips

Tips Username, Password dan PIN yang Aman

Sekarang ini, untuk mengakses akun internet banking atau mobile banking (seperti myBCA), Anda diwajibkan untuk membuat akun dengan credential (username dan password). Akun ini berguna sebagai akses untuk memudahkan melakukan transaksi perbankan, mulai dari cek saldo, transfer, pembayaran tagihan dan lain-lain. Hingga pembukaan tabungan berjangka, e-deposito dan banyak lagi.

Walaupun dimudahkan, kita harus tetap waspada dengan kejahatan siber yang mencoba meretas username dan password akun perbankan Anda. Untuk itu, langkah utama yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kerahasiaan akun bank dan membuat identitas username dan password aman dengan tingkat kesulitan tinggi agar tidak mudah diretas.

Tips Aman Membuat Data Perbankan

  1. Buatlah username yang mudah diingat namun sulit ditebak
  2. Jangan gunakan kata yang sederhana dan umum digunakan, apalagi informasi pribadi seperti nama akun media sosial, nomor telepon, kota lahir, tanggal lahir. Pilih nama yang membuat informasi akunmu memiliki kesulitan tinggi dan menghindari hacker menebak username dengan mudah.

    • Contoh yang tidak disarankan: Andhika123, Putra111, @Andhini1
    • Contoh yang disarankan: Tiap2MingguPulang
  3. Gunakan password panjang dengan kombinasi unik
  4. Kombinasikan angka, simbol, huruf besar atau kecil yang tidak berurutan. Hal ini disarankan untuk kamu lakukan agar akun memiliki keamanan ekstra. Hindari juga penamaan username dan password yang sama.

    • Contoh yang tidak disarankan: password1111, password8899
    • Contoh yang disarankan: Bu4hM4nggi$
  5. Buatlah PIN yang mudah diingat namun sulit ditebak
  6. Hindari pembuatan PIN menggunakan tanggal lahir seperti 260790, urutan angka seperti 123456, pengulangan nomor seperti 111222, atau hari ulang tahun diri sendiri hingga keluarga terdekat.

  7. Rutin melakukan pengkinian password & PIN
  8. Ganti password & PIN secara berkala dan jangan samakan informasi akun internet banking (username & password) dengan akun email atau media sosial lainnya.

Di tengah kemajuan teknologi, kita harus semakin cermat dan waspada dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, khususnya yang berhubungan dengan data perbankan. Ayo lebih bijak dan jangan pernah memberitahukan data-data perbankanmu kepada siapapun dan hindari menyimpannya sembarangan.

Untuk Anda yang akan menggunakan aplikasi myBCA, tips di atas bisa diikuti untuk membuat BCA ID dan password agar lebih aman. (Info lebih lanjut tentang BCA ID cek di sini)

Jika merasa ada aktivitas mencurigakan, khususnya yang mengaku dari pihak BCA, segera hubungi Halo BCA di 1500888, Twitter @HaloBCA, Email halobca@bca.co.id, atau WhatsApp Bank BCA 08111500998.