Merchant App

KETENTUAN MERCHANT BCA APP

A. DEFINISI

  1. BCA adalah PT Bank Central Asia Tbk.
  2. Formulir Data Merchant (FDM) adalah formulir yang berisi data yang diberikan oleh Merchant kepada BCA untuk pengajuan permintaan pengadaan Terminal dan/atau fasilitas perbankan lainnya, yang merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dengan Ketentuan Aplikasi Merchant BCA ini.
  3. Kartu adalah Kartu Debet dan/atau Kartu Kredit baik yang diterbitkan dalam bentuk fisik maupun virtual.
  4. Kartu Debet adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas suatu transaksi, dimana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada bank atau lembaga selain bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Kartu Kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas suatu transaksi dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.
  6. Merchant adalah pihak yang menerima pembayaran atas Transaksi dengan menggunakan Kartu dan/atau Uang Elektronik melalui sarana atau media apa pun.
  7. Aplikasi Merchant BCA adalah mobile application yang dapat diunduh dari media distribusi aplikasi/software resmi yang ditunjuk BCA yang dimiliki oleh mobile operating system yang terdapat di handphone Merchant untuk mengakses berbagai layanan untuk Merchant.
  8. Password adalah kode unik sebagai salah satu persyaratan yang diperlukan untuk mengakses Aplikasi Merchant BCA.
  9. Pengguna adalah Merchant dan/atau pihak yang ditunjuk oleh Merchant untuk dapat mengakses Aplikasi Merchant BCA.
  10. Quick Response Code untuk Pembayaran atau QR Code Pembayaran adalah kode 2 (dua) dimensi yang terdiri atas penanda 3 (tiga) pola persegi pada sudut kiri bawah, sudut kiri atas, dan sudut kanan atas, memiliki modul hitam berupa persegi titik atau piksel, dan memiliki kemampuan menyimpan data alfanumerik, karakter, dan simbol, yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran nirsentuh melalui pemindaian.
  11. QR Code Pembayaran Statis adalah QR Code Pembayaran yang diterbitkan sebelum terdapat transaksi yang akan diinisiasi dan dapat dipindai berulang kali untuk memfasilitasi berbagai transaksi pembayaran yang berbeda.
  12. Rekening adalah rekening atas nama Merchant yang ditunjuk oleh Merchant pada Aplikasi Merchant BCA.
  13. Settlement adalah perintah dari Merchant kepada BCA melalui Terminal, baik secara langsung maupun melalui pihak yang bekerja sama dengan BCA, agar BCA mengkreditkan dana hasil transaksi pembayaran ke Rekening.
  14. Super Admin adalah pihak yang ditunjuk oleh Merchant untuk menerima nomor identitas User (User ID) dan Password serta membuat dan mengelola User.
  15. Terminal adalah Electronic Data Capture (EDC) dan/atau perangkat penerimaan pembayaran lainnya beserta perlengkapannya yang disediakan BCA atau pihak lain yang ditunjuk BCA bagi Merchant yang berfungsi untuk memproses Transaksi dan/atau Settlement.
  16. Transaksi adalah transaksi pembayaran dengan menggunakan Kartu dan/atau Uang Elektronik, Transaksi Pembatalan, Transaksi Isi Ulang (Top Up), Transaksi Tunai BCA, dan/atau transaksi setoran/tarikan uang tunai dengan menggunakan Uang Elektronik sesuai ketentuan yang berlaku.
  17. Transaksi Pembatalan (Void) adalah pembatalan atas transaksi pembayaran dengan menggunakan Kartu Debet dan Kartu Kredit di Terminal.
  18. Transaksi Isi Ulang (Top Up) adalah pengisian dana pada Uang Elektronik.
  19. Transaksi Tunai BCA adalah transaksi pengambilan uang tunai dengan menggunakan Kartu Debet yang dikeluarkan oleh BCA.
  20. Uang Elektronik adalah instrumen pembayaran yang memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:
    1. diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit;
    2. nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip; dan
    3. nilai uang elektronik yang dikelola penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang yang mengatur mengenai perbankan; atau unsur-unsur lainnya sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia terkait dengan Uang Elektronik.

  21. User adalah pengguna Aplikasi Merchant BCA yang ditunjuk oleh Super Admin.
  22. User ID adalah identifikasi berupa alamat email User dan/atau Super Admin sebagai salah satu persyaratan yang diperlukan untuk mengakses Aplikasi Merchant BCA.

B. REGISTRASI APLIKASI MERCHANT BCA

  1. Untuk dapat menggunakan Aplikasi Merchant BCA, Merchant harus:
    1. mengunduh dan meng-install Aplikasi Merchant BCA;
    2. memiliki kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA (khusus untuk Merchant individu);
    3. memiliki nomor handphone yang terdaftar pada m-BCA (khusus untuk Merchant individu).

C.  KETENTUAN PENGGUNAAN MERCHANT BCA

  1. Pengguna dapat menggunakan Aplikasi Merchant BCA untuk:
    1. Melakukan pendaftaran sebagai Merchant;
    2. Mengakses informasi terkait Transaksi termasuk namun tidak terbatas pada melihat notifikasi dan riwayat atas Transaksi di Terminal;
    3. Memperlihatkan QR Code Pembayaran Statis;
    4. Melakukan pengaturan Super Admin dan User dan akses Super Admin dan User pada Aplikasi Merchant BCA, termasuk menambah dan menghapus data User yang terdaftar di Aplikasi Merchant BCA;
    5. Melakukan pelaporan atas kesalahan/kerusakan yang terjadi di Terminal;
    6. Mendapat informasi seputar produk BCA; dan
    7. Melakukan tindakan-tindakan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA.

  2. Pengguna wajib memastikan bahwa telepon seluler/handphone yang digunakan untuk mengakses Aplikasi Merchant BCA bebas dari virus, malware, dan/atau hal lainnya yang dapat merugikan Merchant.
  3. Merchant bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan Aplikasi Merchant BCA antara lain atas:
    1. penunjukan Super Admin dan User;
    2. segala aktivitas yang dilakukan oleh Super Admin dan User pada Aplikasi Merchant BCA, termasuk tapi tidak terbatas pada pembuatan dan pengelolaan User oleh Super Admin;
    3. alamat email yang didaftarkan sebagai alamat email Super Admin dan User;
    4. penyalahgunaan yang mungkin timbul sehubungan dengan pengelolaan User, User ID, dan/atau Password pada Aplikasi Merchant BCA.

  4. Setiap instruksi dari Pengguna yang tersimpan pada pusat data BCA merupakan data yang benar dan mengikat Merchant, serta merupakan bukti yang sah atas instruksi dari Merchant kepada BCA, kecuali Merchant dapat membuktikan sebaliknya.
  5. BCA menerima dan menjalankan setiap instruksi dari Merchant sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan User ID dan Password. BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan User ID dan Password atau kewenangan pengguna User ID dan Password dan menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud. Instruksi tersebut dianggap sah dan mengikat Merchant secara hukum, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya oleh Merchant.
  6. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan User ID dan Password. Merchant dan Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan penyalahgunaan User ID dan/atau Password.
  7. Pengguna tidak dapat login pada Aplikasi Merchant BCA dengan menggunakan 1 (satu) User ID pada 2 (dua) device yang berbeda pada saat yang bersamaan.
  8. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan penggunaan Aplikasi Merchant BCA menjadi tanggung jawab Merchant sepenuhnya.Pengguna wajib melakukan peningkatan versi (upgrade) Aplikasi Merchant BCA atas permintaan BCA.
  9. Kelalaian Pengguna dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) Aplikasi Merchant BCA  mengakibatkan Merchant tidak dapat menggunakan Aplikasi Merchant BCA atau hanya dapat mengakses fitur tertentu di Aplikasi Merchant BCA.
  10. Merchant setuju bahwa BCA berhak menyimpan dan menggunakan data personal Merchant yang melekat pada telepon seluler/handphone yang digunakan Merchant untuk mengunduh Aplikasi Merchant BCA antara lain untuk kenyamanan dan keamanan Merchant dalam mengakses Aplikasi Merchant BCA.

D.  FORCE MAJEURE

Merchant dengan ini membebaskan BCA dari segala gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan BCA dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan penyediaan Aplikasi Merchant BCA apabila keterlambatan dan/atau kegagalan dimaksud disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan BCA, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran besar, perang, wabah penyakit, huru-hara, sabotase, peralatan/sistem/transmisi dalam keadaan tidak berfungsi, terjadinya gangguan listrik, gangguan sistem, gangguan telekomunikasi, adanya kebijakan pemerintah yang melarang BCA memberikan layanan kepada Merchant.

E. PENGAKHIRAN PENYEDIAAN APLIKASI MERCHANT BCA   

  1. Penyediaan Aplikasi Merchant BCA akan berakhir jika:
    1. Merchant mengajukan pengakhiran sebagai Merchant;
    2. BCA mengakhiri kerja sama dengan Merchant.

  2. BCA berhak mengakhiri penyediaan Aplikasi Merchant BCA kepada Merchant sesuai prosedur yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan kepada Merchant dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku antara lain apabila Merchant menggunakan Aplikasi Merchant BCA untuk melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum.

 

F. PEMBLOKIRAN USER ID

  1. User ID akan diblokir jika Pengguna salah memasukkan Password sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.
  2. Dalam hal User ID terblokir, Pengguna harus melakukan reset Password melalui Aplikasi Merchant BCA.

G. FORCE MAJEURE PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)

  1. Pengguna dapat menyampaikan keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan Aplikasi Merchant BCA melalui Halo Merchant atau kantor cabang BCA. BCA berhak meminta Pengguna untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Pengguna dan dokumen pendukung lainnya untuk menindaklanjuti keluhan dimaksud.
  2. BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

 

H. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Merchant setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan Aplikasi Merchant BCA ini antara Merchant dengan BCA akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
  2. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh Merchant dengan BCA, akan diselesaikan melalui fasilitasi perbankan di Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan atau mediasi yang dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tercantum dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  3. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah, fasilitasi perbankan, dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir H.2 di atas, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

I. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Merchant setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan Aplikasi Merchant BCA ini antara Merchant dengan BCA akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
  2. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh Merchant dengan BCA, akan diselesaikan melalui fasilitasi perbankan di Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan atau mediasi yang dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tercantum dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  3. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah, fasilitasi perbankan, dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir H.2 di atas, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

 

J. LAIN-LAIN

  1. BCA berhak untuk mengubah, melengkapi, atau mengganti Ketentuan Aplikasi Merchant BCA ini yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Merchant dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  2. Merchant wajib segera melaporkan kepada BCA secara tertulis apabila terjadi perubahan data Merchant.
  3. Dengan menggunakan Aplikasi Merchant BCA, Pengguna dengan ini menyatakan tunduk pada Ketentuan Aplikasi Merchant BCA ini serta seluruh ketentuan yang berlaku di BCA terkait dengan Merchant.

 

Ketentuan Aplikasi Merchant BCA ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan