11 Nov 2002 | News & Features

Virtual Bike: Lebih dari Sekadar Kompetisi

Aktivitas fisik menjadi salah satu hal yang penting dilakukan agar menjaga tubuh kita tetap sehat. Salah satu olahraga yang digemari terutama dikarenakan masa pandemi adalah bersepeda. Bersepeda digemari karena selain relatif dapat dilakukan oleh berbagai kalangan usia, juga dapat menjadi olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan.

Pada tahun ini, Virtual Bike kembali hadir memeriahkan PORSENI BCA 2023! Virtual Bike merupakan salah satu cabang olahraga yang diselenggarakan secara online dengan periode lomba mulai dari tanggal 14 Januari hingga 29 Januari 2023. Kompetisi ini dapat diikuti oleh seluruh Insan BCA di mana medali akan diberikan kepada Top 500 Leaderboard berdasarkan jarak terjauh dan hadiah akan diberikan berdasarkan kategori Top 3 Group, Top 3 Management, Top 6 Leaderboard, serta Top Best Photo, Video, dan Effort Challenge.

Tidak hanya untuk berkompetisi, mengikuti Virtual Bike dapat memberikan beberapa manfaat bagi diri sendiri dan juga bagi lingkungan sekitar. Pertama, bersepeda membantu membakar kalori, menjaga kesehatan otot dan sendi, serta meningkatkan kesehatan jantung. Bersepeda selama 45 menit dapat membakar kalori rata-rata sebanyak 300-400 kalori. Kedua, bersepeda secara rutin juga dapat membantu kerja jantung lebih optimal dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit. Ketiga, bersepeda juga dapat digunakan sebagai sarana untuk rekreasi melepas penat setelah seharian beraktivitas. Untuk pengalaman yang lebih seru, Insan BCA pun dapat mengeksplor rute-rute baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Keempat, penggunaan sepeda dalam aktivitas sehari-hari membantu mengurangi polusi udara yang disebabkan kendaraan bermotor.

Adapun beberapa tips dalam mengikuti Virtual Bike PORSENI BCA 2023, yaitu:

  1. Pastikan sepeda dalam kondisi baik sebelum digunakan (cek kondisi ban, rem, gigi, rantai, dsb).
  2. Menggunakan pelindung seperti helm, pelindung siku dan lutut, serta sepatu yang nyaman.
  3. Selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.
  4. Memperhatikan peraturan Virtual Bike pada PORSENI BCA 2023.
  5. Sebelum bersepeda, lakukan pemanasan agar otot-otot tubuh tidak tegang
  6. Pilih jalur sepeda yang aman, nyaman, dan ramah bagi pesepeda