11 Nov 2002 | News & Features

Tenis Meja Ternyata Punya 5 Manfaat Yang Luar Biasa!

Tenis Meja atau biasa disebut pingpong merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain untuk menyalurkan hobi bersama teman atau keluarga, Tenis Meja juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Olahraga ini terbilang praktis dan serba cepat,untuk menghasilkan bentuk tubuh yang lebih baik. Berikut ini lima manfaat olahraga Pingpong. Simak penjelasannya.

1. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Saat bermain pingpong, kamu harus cepat dan gesit agar dapat memukul bola yang datang. Artinya, kamu harus memiliki koordinasi antara mata dan tangan yang sangat baik. Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik hasilnya.

2. Meningkatkan Ketajaman Insting

Olahraga ini juga bisa membantu meningkatkan ketajaman otak, terlebih jika kamu menyukai tantangan dan teka-teki. Bermain pingpong juga membantu kita dalam meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan mental, dan menggunakan strategi taktis yang lebih baik saat menghadapi lawan. Olahraga ini juga disarankan bagi orang tua karena dapat membantu meningkatkan kelincahan dan kewaspadaan.

3. Meningkatkan Refleks

Semakin sering bermain pingpong, semakin baik kemampuan refleks kamu karena dapat membantu meningkatkan gerakan otot besar dan kecil. Otot akan berkembang sehingga memungkinkan untuk bereaksi, bahkan sebelum kamu berpikir. Manfaat ini tidak hanya akan membantu dalam permainan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menghindari Risiko Cedera Sendi

Jika kamu memiliki masalah dengan lutut, punggung, pergelangan kaki dan pergelangan tangan, Tenis Meja adalah bentuk terapi fisik yang baik. Olahraga ini membantu meningkatkan kekuatan pada lengan dan kaki serta otot inti, tanpa menimbulkan banyak tekanan pada persendian.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Semua jenis aktivitas fisik yang membakar kalori dapat membantu menurunkan berat badan. Begitu pula saat membahas manfaat tenis meja. Banyak orang tidak menyadarinya, tetapi seseorang dengan berat sekitar 68 kg dapat membakar sebanyak 272 kalori, hanya dengan bermain pingpong selama satu jam. Olahraga ini adalah cara yang bagus untuk membakar kalori sambil bersenang-senang.

Manfaat Tenis Meja lainnya adalah bagus untuk menantang diri sendiri, baik secara mental maupun fisik, serta menjadi sarana bersosialisasi.

Sumber: https://monitorday.com/tenis-meja-ternyata-miliki-5-manfaat-yang-luar-biasa-yuk-disimak