11 Nov 2002 | News & Features

Menghidupkan Era 90’an Lewat Kompetisi Band PORSENI

Di tahun 2023 ini, PORSENI BCA kembali menghadirkan kompetisi Band untuk mewadahi minat bermusik para insan BCA. Kompetisi Band adalah salah satu cabang lomba dalam PORSENI BCA 2023 yang penjuriannya akan dilakukan secara online pada tanggal 23 Februari 2023. Dalam kompetisi Band ini, jumlah peserta dapat terdiri dari 3 hingga 8 personil di dalam satu grup. Adapun tema yang diangkat adalah “Back to the 90’s” di mana peserta dapat membawakan lagu dari Band Indonesia pilihan yang rilis pada 1990 - 2000.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengikuti kompetisi Band yaitu aransemen lagu, harmonisasi dari perpaduan setiap alat musik dan vocal serta kreatifitas video clip yang disajikan. Selain itu, aspek yang tak kalah penting adalah pemilihan lagu yang tepat. Lagu yang dipilih sebaiknya dapat mencerminkan identitas dan gaya bermusik dari band tersebut. Melihat pentingnya aspek pemilihan lagu, berikut rekomendasi karya-karya dari band Indonesia tahun 90’an yang dapat dieksplorasi oleh insan BCA untuk dibawakan. Semoga bermanfaat!

1. Dewa 19

Dikenal sebagai grup musik legendaris sepanjang masa, Dewa 19 menjadi salah satu band yang mewarnai musik Indonesia di tahun 90’an bahkan hingga saat ini. Sepanjang perjalanan bermusiknya, Dewa 19 telah menelurkan banyak karya-karya terbaik yang sukses di pasaran seperti Kangen, Separuh Nafas, Angin, Roman Picisan, Arjuna, Kamulah Satu-Satunya, Cukup Siti Nurbaya, Elang, hingga Pupus.

2. Base Jam

Base Jam merupakan salah satu grup musik legendaris yang menghiasi industri musik tahun 90’an. Grup Band ini dikenal dengan musiknya yang mengombinasikan berbagai elemen musik seperti funk, reggae, dan soul. Beberapa karya terkenal yang bisa dipilih seperti Bukan Pujangga, Jatuh Cinta, Rindu, Hujan Tanpa Awan, Memudar Padam, dan Bermimpi.

3. Padi

Padi adalah grup musik pop rock yang berdiri sejak tahun 1996 yang populer pada tahun  90’an. Band ini memiliki ciri khas lagu-lagu yang romantis yang dibawakan oleh suara vokalis yang sangat menyayat hati, yaitu Fadli. Beberapa karya terbaik yang dihasilkan oleh Band Padi berjudul Sobat, Semua Tak Sama, Kasih Tak Sampai, Sang Penghibur, dan Menanti Sebuah Jawaban. Lagu-lagu inisampai saat ini masih banyak dinikmati oleh penggemarnya.

4. Slank

Sebagai grup musik rock Indonesia yang sangat berpengaruh pada perkembangan musik di Tanah Air, tak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan grup musik satu ini. Slank dibentuk oleh bimbim pada 26 Desember tahun 1983. Grup legendaris dengan basis penggemar yang besar ini memiliki banyak karya yang sukses, beberapa diantaranya seperti Ku Tak Bisa, Maafkan, Aku Gila, Virus, dan Anyer, 10 Maret.

5. Jamrud

Terkenal dengan aliran musik rock-nya, Jamrud merupakan salah satu band heavy metal yang unik dan cukup fenomenal di Indonesia. Semula band ini memiliki nama Jam Rock sebelum akhirnya berubah menjadi Jamrud. Beberapa lagu populer dari Jamrud seperti Pelangi di Matamu, Nekat, Ningrat, Putri, Berakit-Rakit, dan Terima Kasih.

6. Kahitna

Dibentuk di Bandung pada tanggal 24 Juni 1986, Kahitna merupakan grup musik yang turut memeriahkan era musik tahun 90’an dengan aransemen musiknya yang terbilang orisinil dan lirik-lirik yang romantis. Menghiasi belantika musik tanah air pada masanya, beberapa karya populer Kahitna yang masih dinikmati sampai saat ini misalnya Sampai Nanti, Cantik, Andai Dia Tahu, Cerita Cinta, Tak Sebebas Merpati, Cinta Sudah Lewat, dan Soulmate.

Selain 6 grup musik tersebut, masih banyak grup musik lain yang telah menghiasi industri musik Indonesia di tahun 90’an. Namun dalam kompetisi Band kali ini hanya lagu-lagu dari keenam band pilihan tersebut yang dilombakan yang diharapkan dapat mewakili band-band Indonesia tahun 90’an yang lain . Mari persiapkan diri dan berikan penampilan yang terbaik di kompetisi Band PORSENI BCA 2023!