11 Nov 2002 | News & Features

Manfaat Olahraga Combat bagi Tubuh

Combat yang juga dikenal dengan Body Combat merupakan salah satu olahraga kardio dengan intensitas tinggi yang memadukan berbagai gerakan beladiri seperti Karate, Taekwondo, Boxing, Muay Thai, Capoeira, dan Kung Fu. Gerakan Combat dirancang agar seluruh anggota tubuh bergerak dinamis sehingga seluruh otot-otot pada tubuh juga ikut bergerak. Terdapat beberapa gerakan yang dilatih dalam olahraga ini seperti gerakan pukulan, tendangan, dan bertahan yang akan bermanfaat untuk melatih koordinasi, keseimbangan, kecepatan, kekuatan, serta daya tahan pada tubuh.

Tidak mau kalah dengan cabang olahraga lainnya, Combat juga akan hadir dalam PORSENI BCA 2023 yang dilaksanakan dalam bentuk exhibition. Bagi Insan BCA yang tertarik, mari persiapkan diri mengikuti Combat di PORSENI BCA 2023.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan olahraga Combat?

Olahraga Combat tidak memerlukan peralatan khusus saat melakukannya. Tetapi sebelum melakukan olahraga ini, penting untuk melakukan pemanasan agar tubuh lebih siap dan juga mengurangi risiko terjadinya cedera. Selain itu, pemilihan sepatu dan pakaian yang nyaman digunakan juga perlu diperhatikan agar tidak membatasi gerak tubuh.

Apa manfaat olahraga Combat bagi tubuh?

Beberapa manfaat yang dirasakan setelah melakukan olahraga Combat yaitu:

1. Membakar kalori

Combat merupakan olahraga yang dirancang dengan gerakan dinamis sehingga dapat membakar kalori dengan optimal. Olahraga ini diklaim dapat membakar rata-rata sebanyak 570 kalori selama 55 menit (Les Mills, 2022). 

2. Membentuk otot tubuh

Gerakan dengan body movement tinggi pada Combat memungkinkan seluruh otot tubuh bergerak secara dinamis. Kombinasi gerakan tendangan, pukulan, dan bertahan dengan kecepatan dan intensitas yang bervariasi akan membantu pembentukan otot-otot pada seluruh tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Gerakan dengan intensitas yang relatif tinggi pada Combat dapat membantu meningkatkan heart rate yang juga akan melancarkan aliran darah pada tubuh.

4. Melatih koordinasi

Variasi gerakan yang dilakukan dalam olahraga Combat dapat melatih koordinasi dan kecepatan sehingga kekuatan juga meningkat. Selain itu, dengan melakukan Combat secara rutin dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina tubuh.