11 Nov 2002 | News & Features

Kenali Posisi dalam Futsal dan Tugasnya

Futsal merupakan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang beranggotakan masing-masing 5 orang yang bertujuan mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Futsal kini menjadi salah satu olahraga yang digemari di Indonesia dan juga menjadi alternatif permainan selain sepak bola. Meskipun lapangan futsal tidak sebesar lapangan sepak bola, bermain futsal juga tidak kalah melelahkan dengan bermain sepak bola. Futsal biasanya mempunyai intensitas permainan yang tinggi dan menuntut  para pemain untuk selalu bergerak.

Bagi yang belum tahu, nama-nama posisi pemain futsal ternyata memiliki istilah yang berbeda dari sepak bola. Pada dasarnya, ada empat posisi pemain yang diperlukan dalam olahraga futsal, yaitu kiper, anchor, flank, dan pivot. Berikut adalah penjelasan masing-masing posisi tersebut:

1. Kiper

Layaknya permainan sepak bola, kiper futsal juga bertugas sebagai penjaga gawang yang memiliki hak untuk memegang bola pada areanya. Namun, kiper futsal biasanya juga dibutuhkan untuk maju dan membantu peluang mencetak gol, alias lebih fleksibel.

2. Anchor

Anchor adalah pemain yang bertugas untuk bertahan sekaligus mengatur serangan. Apabila dianalogikan, anchor merupakan perpaduan dari bek dan gelandang dalam permainan sepak bola. Seorang anchor harus memiliki keterampilan baik dalam penguasaan bola karena memiliki dua tanggung jawab , yakni pemain bertahan dan pemain pertama untuk menciptakan serangan.

3. Flank

Flank atau sayap, umumnya berjumlah 2 orang yang beroperasi di sisi kiri dan kanan lapangan. Tugas dari pemain flank adalah untuk melakukan serangan dan menjadi penghubung antara anchor dan pemain depan. Oleh sebab itu, seorang flanker wajib memiliki kemampuan kontrol bola yang baik serta memiliki kecepatan agar mampu menciptakan peluang mencetak gol.

4. Pivot

Pivot adalah pemain penyerang atau pemain depan dalam permainan futsal. Pemain ini memiliki tugas untuk mengubah peluang menjadi gol. Pemain ini merupakan penyerang murni layaknya striker pada permainan sepak bola.

Nah, kalau tidak mau kelewatan menyaksikan pertandingan futsal PORSENI BCA 2023. Insan BCA harus siapkan waktu untuk menyaksikan pertandingannya di Kuningan Village Jakarta pada 3 Maret 2023 ya!