11 Nov 2002 | News & Features

Kenali Jenis-Jenis Strategi Opening pada Catur

Catur adalah salah satu cabang yang akan dilombakan pada PORSENI BCA 2023 tepatnya  di tanggal 11 Februari 2023 secara online dengan menggunakan Lichees Online Tournament. Dalam mempersiapkan diri menghadapi pertandingan ini, yuk cari tahu apa saja tiga tahapan dalam perlombaan catur. Tahap pertama (opening) yang merupakan awal permainan; middle game yaitu bagian peralihan opening menuju end game, serta  end game yaitu bagian akhir dalam permainan. Pada setiap bagian terdapat strategi-strategi yang dapat digunakan pemain untuk memenangkan permainan. Oleh karena itu, penyusunan strategi menjadi salah satu hal yang krusial.

Bagian opening memiliki peran penting yang akan membuat perbedaan dan menentukan jalannya permainan. Contohnya, dalam mengendalikan bagian pada papan catur, menciptakan kesempatan untuk menyerang, serta mempersiapkan strategi untuk mengatasi serangan lawan. Nah, ada tiga jenis strategi yang dapat digunakan pemain. Pertama, strategi opening yang kuat dan stabil yang bertujuan untuk mengendalikan permainan. Sicilian Defense atau Ruy Lopez dapat digunakan pada fase opening ini untuk dapat mengambil kontrol pada bagian tengah. Kedua, strategi opening agresif yang bertujuan untuk menciptakan tekanan kepada lawan agar  lawan membuat kesalahan sehingga memberi peluang bagi pemain untuk mengambil kesempatan. Strategi opening agresif yang dapat digunakan seperti Gambits dan Sicilian Dragon. Ketiga, pembukaan fleksibel yang digunakan untuk menyesuaikan diri  dengan situasi dalam permainan. Pembukaan dengan jenis ini memungkinkan pemain mengubah gaya permainan serta mengambil alih inisiatif dalam permainan.

Dengan tips-tips di atas, diharapkan Insan BCA dapat mempersiapkan strategi yang pas agar dapat tampil optimal dan memenangkan perlombaan catur di PORSENI BCA 2023.