11 Nov 2002 | News & Features

Makin Siap Ikut Badminton PORSENI BCA 2023

Badminton PORSENI BCA 2023 hadir lagi lho! Tahun ini Badminton PORSENI 2023 tidak kalah seru dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam mempersiapkan diri sebelum pertandingan dimulai, ada baiknya Insan BCA menyimak tips-tips berikut agar persiapannya semakin optimal.

1. Melakukan latihan fisik

Latihan fisik bermanfaat dalam melatih koordinasi gerak tubuh dan membiasakan tubuh untuk menerima aktivitas yang lebih berat. Idealnya, latihan fisik dilakukan jauh-jauh hari sebelum pertandingan agar Insan BCA bisa mempersiapkan tubuh terlebih dahulu. Ketika tubuh sudah terbiasa dengan aktivitas yang berat, pertandingan dianggap sebagai hal yang biasa bagi tubuh. Kondisi seperti ini dapat mengurangi tingkat cedera Atlet BCA.

2. Menjaga kondisi tubuh

Kondisi tubuh yang fit membuat performa saat pertandingan meningkat. Cara menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dapat dilakukan dengan tidur yang cukup dan berkualitas serta mengonsumsi makanan  yang sehat dan bergizi.

3. Berlatih dengan tim

Dalam permainan ganda, tim yang kompak adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pertandingan. Kekompakan terbentuk ketika setiap anggota tim bisa melengkapi satu sama lain, apalagikompak ada salah satu ciri khas dari Insan  BCA.

4. Mempelajari teknik yang tepat

Hal yang tak boleh luput diperhatikan  adalah menguasai teknik dasar olahraga badminton. Teknik dasar yang perlu dikuasai adalah cara memegang raket, posisi tubuh, koordinasi gerakan kaki dan tangan, serta teknik memukul shuttlecock (pukulan servis, smash, drop shot, lob, drive, dan lain sebagainya). Meskipun terdengar sepele, tetap penting untuk diingat yaa Insan BCA bahwa teknik yang bagus dapat improvisasi permainan di lapangan.

5. Melakukan pemanasan

Pemanasan dilakukan untuk mempersiapkan otot-otot tubuh sebelum melakukan aktivitas yang lebih berat. Fungsi pemanasan adalah meningkatkan ruang gerak otot atau fleksibilitas tubuh sehingga mengurangi risiko cedera otot ke depannya. Jangan sepelekan pemanasan ya, Insan BCA.

6. Menggunakan perlengkapan yang nyaman

Selama pertandingan, sebaiknya pilih pakaian olahraga yang nyaman digunakan, tidak mengganggu pergerakan, dan tentunya harus menyerap keringat. Selain pakaian,  pilih juga sepatu olahraga yang cocok dengan tipe dan ukuran kaki sehingga mendukung performa selama pertandingan berlangsung.

7. Memilih raket yang tepat

Pemilihan raket adalah salah satu aspek krusial yang perlu diperhatikan para atlet. Kenyamanan penggunaan raket selama pertandingan dapat turut mendukung performa pemain. Selain memperhatikan kenyamanan grip raket, bobot raket, bentuk dan komposisi frame raket, panjang raket, bahan raket dan tarikan senar raket juga perlu diperhatikan ya.