11 Jan 2022 | News & Features

Transisi Dari LIBOR Ke Suku Bunga Referensi Alternatif (ARR - Alternative Reference Rate)

Interbank Offered Rate (IBOR) merupakan acuan suku bunga pinjaman antar bank yang digunakan oleh industri perbankan secara global.  IBOR merupakan salah satu suku bunga acuan yang digunakan oleh produk finansial seperti kontrak kredit dengan Floating Rate dan transaksi derivatif seperti Cross Currency Swap dan Interest Rate Swap.

London Interbank Offered Rate (LIBOR) merupakan salah satu jenis IBOR yang paling banyak digunakan di industri perbankan global sebagai basis perhitungan berbagai tingkat suku bunga untuk produk finansial seperti tersebut di atas.

Kebutuhan untuk beralih dari LIBOR muncul dari reformasi global untuk meningkatkan ketahanan dan integritas tolok ukur keuangan. Sebagai bagian dari perubahan ini, Financial Conduct Authority (FCA) selaku otoritas yang melakukan pengawasan terhadap pergerakan LIBOR menyatakan bahwa: LIBOR akan dihentikan secara bertahap. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai mengapa industri perbankan mengalami perubahan secara global dan informasi lengkap mengenai perkembangannya, silakan klik di sini

 

Tahapan Penghentian LIBOR
Tanggal 31 Desember 2021 30 Juni 2023

Mata Uang & Tenor terkait

- USD untuk tenor 1 (satu) minggu dan 2 (dua) bulan
- Poundsterling (GBP), Euro (EUR), Swiss Franc (CHF) dan Yen (JPY) untuk seluruh tenor

- USD untuk tenor 1 (satu) hari, 1 (satu) bulan, 3 (tiga) bulan, 6 (enam) bulan, 12 (duabelas) bulan - (seluruh tenor)

 

SUKU BUNGA REFERENSI ALTERNATIF / ARR

Sebagai pengganti LIBOR, suku bunga acuan yang akan digunakan adalah Overnight Risk Free Rate (RFRs) atau suku bunga referensi alternatif sesuai dengan mata uang yang digunakan, antara lain sebagai berikut:

 

Suku Bunga Referensi Alternatif
Mata Uang

 

Suku Bunga Alternatif Informasi Lebih Lanjut

USD

Secured Overnight Financing Rate (SOFR)

Klik di sini

JPY

Tokyo Overnight Average Rate (TONA)

Klik di sini

GBP

Sterling Overnight Index Average (SONIA)

Klik di sini

EUR

Euro Short-Term Rate (€STR)

Klik di sini

CHF

Swiss Average Rate Overnight (SARON)

Klik di sini

 

Transisi benchmark suku bunga IBOR akan berdampak pada perhitungan Floating Rate di PT Bank Central Asia Tbk, seperti pinjaman jangka pendek, pinjaman jangka panjang, Trade Finance, dan derivatif (Cross Currency Swap, Interest Rate Swap).

Sebagai tindak lanjut dari proses penggantian acuan IBOR untuk transaksi derivatif, PT BCA Tbk telah mengikatkan diri ( adhere) terhadap ketentuan-ketentuan ISDA 2020 IBOR FallBacks Protocol per tanggal 21 Juli 2021.

APAKAH SAYA TERPENGARUH TERHADAP PERUBAHAN INI?

Iya, jika Anda memiliki:

  • Produk jasa dan/atau layanan di PT BCA Tbk. yang merujuk pada LIBOR dalam mata uang USD dengan tenor 1 (satu) minggu dan 2 (dua) bulan, atau mata uang Pound Sterling (GBP)/Euro (EUR)/Swiss Franc (CHF)/Yen Jepang (JPY) untuk seluruh tenor dimana fixing date akan jatuh tempo setelah tanggal 31 Desember 2021.
  • Produk jasa dan/atau layanan di PT BCA Tbk. yang merujuk pada LIBOR dalam mata uang USD dimana fixing date akan jatuh tempo setelah tanggal 30 Juni 2023.

 

APAKAH YANG HARUS SAYA LAKUKAN?

  • Jika Anda memiliki produk jasa dan/atau layanan di PT BCA Tbk. yang merujuk pada LIBOR sesuai dengan yang disebut di atas maka Anda terdampak Diskontinuitas LIBOR. Bila Anda membutuhkan informasi lebih terkait hal ini, silakan menghubungi Account Officer untuk keterangan lebih lanjut.
  • PT Bank Central Asia Tbk akan mulai menghubungi dan menginformasikan para Nasabah mengenai perubahan IBOR dan memberikan informasi perkembangannya dari waktu ke waktu secara bilateral apabila diperlukan.

 

DISCLAIMER

Informasi yang tersedia pada situs web ini dipersiapkan untuk tujuan informasi umum bukan dan tidak dapat dianggap sebagai nasihat hukum, komersial atau profesional. Seluruh tindakan yang wajar telah dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk dalam mempersiapkan dan mempublikasikan informasi pada situs web ini. Kami, PT Bank Central Asia Tbk tidak memiliki tanggung jawab atau kewajiban apapun yang timbul akibat dari kesalahan, kelalaian, dan / atau ketidaktepatan suatu fakta atau pendapat yang dikemukakan pada situs web ini. PT Bank Central Asia Tbk dan / atau anggota DIreksi dan Dewan Komisaris, karyawan, afiliasi, agen dan / atau para penasihatnya melepaskan seluruh tanggung jawab atau kewajiban yang berkaitan dengan atau sebagai akibat dari penggunaan informasi pada situs web ini dengan cara atau bentuk apapun, yang mungkin ditimbulkan atau diderita oleh siapapun sebagai akibat mempercayai sebagian atau seluruh isi informasi yang tersedia pada situs web ini. Anda disarankan untuk membuat penilaian independen sehubungan dengan hal-hal yang tercantum pada situs web ini dan Anda dengan sepenuhnya menyadari seluruh konsekuensi yang akan timbul dari penilaian tersebut