2024-04-01 | #AwasModus

Waspada Modus Penipuan Dipandu Transfer ke Rekening Virtual Account!

Transfer uang merupakan transaksi perbankan yang sering kali dilakukan. Mengingat hal ini kerap dilakukan, banyak orang yang lengah saat akan melakukan transfer. Hal ini dimanfaatkan oleh oknum pelaku kejahatan untuk mengelabui korban.

Kasus penipuan dengan menggunakan modus “dipandu untuk transfer” pun sudah berulang kali terjadi. Strategi penipu yang paling anyar adalah dengan memandu korban untuk transfer ke nomor Virtual Account (VA) yang sudah dipalsukan namanya.

Yang sedang trend adalah dengan adanya surat palsu kenaikan tarif transfer antar bank. Ke depannya bisa saja penipu menggunakan trik/cara lain, dengan tetap memandu korban untuk transfer ke rekening VA palsu.

Mengenali modus-modus yang sering dipakai oleh oknum pelaku kejahatan bisa menurunkan risiko  menjadi korban dari kejahatan ini. Yuk cari tahu tips untuk menghindari penipuan semacam ini.

Tips Terhindar dari Modus Penipuan

Berikut tips aman dalam melakukan transfer supaya terhindar dari modus penipuan.

1. Cek apakah dari nomor / akun resmi bank BCA?

Siapa pihak yang sedang menghubungi kamu? Jika mengaku dari BCA, cek apakah benar nomor/akun resmi Halo BCA? Kalau mengaku dari pihak yang kamu kenal, pastikan kebenaran nomor/akun nya. Jika tidak kamu kenal, inget pesan BCA: Kalau don’t know, kasih NO aja!

2. Teliti, apakah kamu sedang dipandu untuk melakukan transfer

Dalam kasus-kasus penipuan terkini, biasanya korban dikelabui untuk tanpa sadar dipandu melakukan transfer ke rekening si penipu. Tips nya adalah, sadari bahwa kamu sedang melakukan aktivitas di menu transfer.

Dalam kasus terkini, korban ditakut-takuti informasi kenaikan tarif transfer antar bank. Sehingga korban tanpa sadar mau saja dipandu untuk melakukan transfer dana ke Virtual Account milik penipu yang namanya sudah di-custom menjadi “TARIF LAMA” sehingga korban terkecoh. Saat ini ada beberapa aplikasi e-commerce yang memungkinkan kita untuk mengubah nama rekening Virtual Account sesuai keinginan.

3. BCA tidak pernah meminta Nasabah untuk melakukan transfer dana

Ketahuilah bahwa bank BCA tidak pernah meminta Nasabah untuk melakukan transfer dana, baik ke nomor rekening biasa atau ke rekening Virtual Account.

Ketika kamu sadar sedang dipandu untuk melakukan transfer dana, segeralah hentikan aktivitas transfer-nya, dan akhiri chat / pembicaraanmu dengan pihak yang mengaku dari bank tersebut.

Itu dia tips yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penipuan dengan modus dipandu untuk transfer ke rekening penipu. Jika kamu sudah terlanjur menjadi korban penipuan, segera laporkan ke Halo BCA di 1500888.

Tambah terus informasi terkait modus penipuan dari artikel AwasModus untuk semakin meningkatkan kewaspadaan.

#AwasModus