2023-02-23 | #AwasModus

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan EDC APOS BCA

Kamu pasti sering melihat mesin EDC BCA yang tersebar di berbagai minimarket, supermarket, maupun gerai-gerai lainnya. Bagi yang belum tahu, EDC (Electronic Data Capture) merupakan mesin yang digunakan nasabah untuk melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu debit, kartu kredit maupun QRIS.

Sekarang, kamu bakal melihat EDC BCA dengan tampilan baru, namanya EDC APOS (Android Point of Sales) BCA. EDC APOS BCA merupakan perangkat perbankan elektronik berbasis Android yang dapat menerima berbagai jenis pembayaran, seperti kartu debit / kredit ataupun menggunakan QRIS.

Memang, apa saja bedanya EDC BCA biasa dan EDC APOS BCA? Apa tips yang harus dilakukan supaya transaksi tetap berjalan aman? 

Perbedaan EDC BCA Biasa dan EDC BCA APOS

EDC BCA merupakan mesin perbankan elektronik BCA yang bisa menerima berbagai jenis kartu dan juga QRIS untuk pembayaran. 

EDC BCA dilengkapi dengan tutupan PIN pada angka-angkanya sehingga membuat tingkat keamanan customer semakin tinggi saat memasukkan PIN untuk pembayaran.

Sedangkan EDC APOS BCA merupakan perangkat perbankan elektronik berbasis Android yang bisa menerima berbagai jenis pembayaran, seperti pembayaran menggunakan kartu debit / kredit biasa dengan cara di dip (kartunya dimasukkan) atau ditempel dengan menggunakan contactless card. Bisa juga transaksi menggunakan QRIS yang muncul di layar EDC APOS BCA.

Pada EDC APOS BCA, angka-angka untuk memasukkan PIN diketik pada layar touchscreen seperti halnya handphone Android pada umumnya. 

Berikut tampilan mesin EDC APOS BCA:

EDC APOS BCA tidak memiliki tutupan PIN seperti EDC BCA biasa. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga keamanan saat menggunakan EDC APOS BCA supaya orang lain tidak dapat melihat PIN yang kamu masukkan, atau membaca pattern tanganmu saat memasukkan PIN dan kemudian disalahgunakan oleh orang lain untuk mencuri uangmu.

Sebagai generasi anti modus, kita harus selalu menjaga kerahasiaan data pribadi perbankan kita, termasuk saat bertransaksi menggunakan EDC APOS BCA yang tidak memiliki penutup PIN. 

Berikut beberapa tips keamanan yang bisa kamu jalankan.

Tips Aman Menggunakan EDC APOS BCA

1. Tutup layar dengan tangan saat hendak memasukkan PIN

Saat hendak memasukkan PIN di EDC APOS BCA, sebaiknya gunakan tangan kiri untuk menutupi tangan kananmu saat memasukkan PIN. 

Hal ini dilakukan supaya orang lain tidak bisa melihat PIN kamu dengan leluasa, atau melihat pattern tanganmu saat memasukkan PIN. Dengan cara ini, kamu bisa menjaga kerahasiaan PIN dengan baik saat melakukan transaksi lewat mesin EDC APOS BCA.

2. Pastikan kartu debit / kreditmu tidak pernah berpindah tangan ke orang lain.

Jangan pernah memberikan kartu debit / kartu kreditmu ke orang lain. Ingat, di kartu tersebut terdapat data pribadi yang harus kamu jaga kerahasiaannya, seperti nomor kartu debit, tanggal expired kartu, kode CVV/CVC kartu kredit, dll. Ketika kartu sudah di tangan orang lain tentunya ada risiko disalahgunakan oleh orang tersebut.

3. Ganti PIN secara berkala

Pastikan menggunakan kombinasi PIN yang acak dan sulit ditebak oleh orang lain. Jangan gunakan kombinasi nomor PIN dengan memakai angka tanggal lahir, nomor plat, ataupun nomor telepon sebagai PIN.

Untuk tingkat keamanan yang tinggi, kamu bisa mengganti PIN secara berkala.

Apabila kamu lupa nomor PIN kartu ATM, segera hubungi Halo BCA di 1500888 atau melalui aplikasi haloBCA yang bisa kamu download di App Store atau di Play Store.

4. Jangan mau menerima tawaran bantuan dari orang yang tidak dikenal.

Tawaran bantuan dari orang tidak dikenal adalah salah satu jenis modus penipuan yang sering terjadi di mesin ATM atau di mesin EDC. Pelaku menawarkan bantuan solusi kepada nasabah yang menemukan problem saat bertransaksi di mesin ATM atau mesin EDC. Padahal orang tersebut hendak menyalahgunakan kartu debit atau kredit mu. Jadi jangan pernah menerima tawaran bantuan dari orang yang tidak kamu kenal. Jika menemui problem, sebaiknya telepon Halo BCA di 1500888 atau melalui aplikasi haloBCa yang bisa kamu download di App Store atau Play Store.

Itu dia tips-tips keamanan dalam menggunakan mesin EDC, khususnya EDC APOS BCA. Pastikan selalu jaga kerahasiaan data-data pribadi kamu untuk transaksi yang lebih aman di bank BCA.

Selalu pantengin www.bca.co.id/awasmodus untuk selalu update terkait modus-modus yang berkeliaran saat ini serta mendapatkan edukasi terkait keamanan dalam bertransaksi. Dan jangan lupa untuk sebarkan link artikel ini ke orang-orang di sekelilingmu biar semua aman.