Transaksi menggunakan QRIS yang telah berhasil dibayarkan oleh nasabah dapat dikembalikan dananya atau di-refund. Contohnya adalah ketika customer kelebihan membayar atau customer melakukan pengembalian barang yang membuat merchant perlu melakukan pengembalian dana ke customer.
Transaksi QRIS yang dapat dilakukan pengembalian adalah transaksi QRIS di EDC BCA.
- Pengembalian dana ke customer akan terjadi secara real time.
-
Pendebetan rekening merchant:
- Jika refund dilakukan sebelum settlement, maka tidak akan di-debet dari rekening merchant.
- Jika refund dilakukan setelah settlement, maka akan di-debet dari rekening merchant dan MDR dikembalikan.
Berikut beberapa informasi tentang proses pengembalian dana QRIS untuk merchant:
Saat ini, QRIS Refund belum dapat dilakukan untuk transaksi QRIS yang dilakukan melalui Sakuku, QRIS Paylater, dan QR Cross Border. Untuk refund yang dilakukan, dapat dicek keberhasilan transaksi QRIS Refund melalui mutasi rekening.
Informasi lainnya mengenai QRIS dapat dilihat di sini.
Bagi customer yang ingin melakukan pengembalian dana (refund) dari transaksi QRIS yang sudah dilakukan, wajib untuk membawa/menunjukkan struk transaksi original/asli saat mendatangi merchant untuk melakukan proses pengembalian dana.
Bagi merchant yang telah melakukan pengembalian dana (refund), diharapkan untuk menyimpan bukti transaksi pengembalian dana (refund).