30 Mar 2023 | Edukatips

Mau Renovasi Rumah? Ini Dia 5 Tips dan Trik Renovasi Rumah

Rumah adalah tempat yang akan kita tuju setelah seharian beraktifitas, tempat di mana kita melepas lelah dan menciptakan momen bersama keluarga terkasih. Kita bisa menciptakan suasana baru bagi keluarga tercinta ataupun memperbaharui tempat tinggal agar semakin nyaman dan sesuai dengan kebutuhan, salah satunya dengan renovasi rumah.

Merenovasi rumah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, penting untuk melakukannya dengan tepat dan cermat. Yuk simak tips dan trik untuk renovasi hunianmu.

  1. Lakukan Perencanaan Secara Matang
    Jangan terburu-buru melakukan renovasi. Pertama-tama kamu harus tahu apakah akan merenovasi rumah secara bertahap atau tidak. Kemudian tentukanlah bagian mana saja yang ingin direnovasi. Disarankan untuk memprioritaskan bagian yang fungsinya lebih penting. Hal ini akan membantu kamu menyiapkan anggaran dengan efisien.
  2. Tidak Boros Membeli Material
    Lakukanlah riset mengenai harga material. Patut dicoba untuk membandingkan harga material dari beberapa toko agar kamu dapat gambaran harga yang sewajarnya. Setelah itu, hitunglah barang yang dibeli dengan baik agar tidak over budget.
  3. Tentukan Konsep Desain
    Carilah referensi rumah yang tepat dan bagus dari internet dan lingkungan sekitarmu. Kemudian kamu dapat membuat sketsa sederhana tentang konsep renovasi yang akan dilakukan agar sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.
  4. Pilih Kontraktor dengan Cermat
    Tidak hanya desain dan material, renovasi rumah tentu juga membutuhkan tenaga ahlinya, yaitu pihak kontraktor. Kamu bisa coba meminta rekomendasi kontraktor dari orang yang terpercaya, baik dari teman dan juga keluarga yang pernah melakukan renovasi.
  5. Rutin Berkomunikasi dengan Kontraktor
    Ada baiknya melakukan monitoring terhadap proses renovasi dan berdiskusi langsung dengan pihak kontraktor. Ini penting agar kamu tahu perubahan apapun yang mungkin terjadi karena faktor tertentu, misalnya pekerjaan tukang yang bermasalah atau bahan material yang sedang tidak tersedia.

Bagaimana, apakah kamu sudah siap melakukan renovasi? Jika membutuhkan tambahan biaya untuk merenovasi rumahmu, KPR BCA dapat menjadi solusi yang kamu butuhkan. Kamu bisa terlebih dahulu melakukan simulasi dana renovasi yang diperlukan di sini. Setelah itu segera ajukan KPR BCA Renovasi melalui e-form dengan klik tombol di bawah ini!