23 Feb 2023 | Edukatips

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Hunian?

Saat melakukan perencanaan, penting untuk membuat target dan perkiraan waktu untuk dapat merealisasikan tujuan membeli hunian. Pertimbangkan kondisi-kondisi apa saja yang akan mendukung rencana membeli hunian di antaranya sebagai berikut:

1. Yakin atas kesiapan finansial

Pastikan untuk memiliki dana yang cukup untuk membiayai pembelian rumah. Apabila membeli dengan cara mencicil atau melalui KPR, usahakan agar cicilannya tidak lebih dari 30% gaji. Persiapan ini harus dilakukan secara matang agar tidak kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan lainnya, seperti makan, transportasi, kesehatan, tabungan, sedekah, dan lain-lain. 

2. Memanfaatkan kesempatan saat mendapatkan kenaikan gaji atau pangkat

Ketika pengeluaran dirasa cukup stabil, mendapatkan kenaikan gaji atau pangkat seolah menjadi angin segar karena adanya tambahan dana di setiap bulannya. Oleh karena itu, kenaikan dana tersebut dapat dialokasikan untuk mulai mengumpulkan tabungan atau mencicil KPR. Hal ini akan cukup efektif membuat gaya hidupmu tetap stabil dan meningkatkan aset dalam hidup untuk tabungan masa depan.

3. Datang tawaran atau kesempatan menarik

Harga properti memiliki kecenderungan untuk naik setiap tahunnya. Jika menemukan rumah yang sesuai dengan selera, kebutuhan, dan didukung oleh dana yang mencukupi, tunggu apa lagi? Kesempatan tidak akan datang dua kali!

Selain itu, pertimbangkan pula promo dan keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dari pengembang. Tentu hal ini perlu disertai dengan perhitungan rencana pembiayaan yang tepat agar tidak membengkak secara tiba-tiba di tengah jalan.

Mengambil keputusan untuk melakukan cicilan rumah melalui program KPR artinya telah siap untuk melakukan komitmen jangka panjang. Siapkan dana yang cukup untuk melakukan pembayaran cicilan tepat waktu setiap bulan, lalu pisahkan dari pos kebutuhan lainnya.

Itulah kondisi yang perlu diperhatikan ketika akan membeli atau mengambil cicilan rumah. Pastikan juga untuk melakukan perhitungan dengan benar sebelum mengambil keputusan agar tidak mengalami kerugian di masa depan!

Dapatkan kesempatan punya rumah dengan Bunga Spesial KPR BCA di sini.