
Mitigasi dan Remediasi untuk Bisnis Berkelanjutan
Prioritas dan Mitigasi Risiko
BCA mengevaluasi dan memprioritaskan risiko HAM dari hasil identifikasi dampak dalam organisasi dan rantai nilai, serta menetapkan risiko utama untuk dimitigasi. Upaya mitigasi yang telah dilakukan meliputi:

Hak Privasi Pekerja & Nasabah
BCA menghadapi risiko penyalahgunaan data pribadi karyawan dan nasabah akibat kebocoran atau ketidaksengajaan yang dapat melanggar hak privasi. Untuk mengatasinya, BCA melakukan pelatihan rutin kepada karyawan dan rantai pasok serta menerapkan ketentuan NDA dan kebijakan procurement terkait perlindungan data.

Pengaduan dan Komunikasi
Komitmen kami terhadap penegakan HAM diwujudkan melalui Kebijakan HAM serta pelaksanaan uji tuntas dan penilaian HAM. Kami juga menyediakan saluran pengaduan yang mudah diakses dan bersifat rahasia bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk kelompok rentan, melalui platform internal, Halo BCA, dan whistleblowing system.

Investigasi dan Remediasi
Setiap laporan pelanggaran HAM ditinjau oleh Biro Anti-Fraud dan diinvestigasi untuk mengevaluasi masalah, tingkat keparahan, serta pihak yang bertanggung jawab. BCA berkomitmen mengurangi risiko HAM dan menjalankan proses remediasi sesuai peraturan melalui langkah terstruktur bagi pekerja, pemasok, atau korban pelanggaran.
Remediasi adalah proses perbaikan atau pemulihan yang dilakukan ketika terjadi dugaan pelanggaran HAM. Proses ini memastikan bahwa setiap laporan ditangani dengan serius dan korban mendapatkan pemulihan yang semestinya.