Hak Asasi Manusia

Mitigasi dan Remediasi untuk Bisnis Berkelanjutan

Proses Uji Tuntas (Due Diligence) pada BCA memastikan tindakan yang telah dikembangkan untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM dan mengurangi dampak buruk yang disebabkan oleh operasi bisnis baik secara langsung atau tidak langsung.

Prioritas dan Mitigasi Risiko

BCA mengevaluasi dan memprioritaskan risiko HAM dari hasil identifikasi dampak dalam organisasi dan rantai nilai, serta menetapkan risiko utama untuk dimitigasi. Upaya mitigasi yang telah dilakukan meliputi:

Hak Privasi Pekerja & Nasabah

Hak Privasi Pekerja & Nasabah

BCA menghadapi risiko penyalahgunaan data pribadi karyawan dan nasabah akibat kebocoran atau ketidaksengajaan yang dapat melanggar hak privasi. Untuk mengatasinya, BCA melakukan pelatihan rutin kepada karyawan dan rantai pasok serta menerapkan ketentuan NDA dan kebijakan procurement terkait perlindungan data.

Pengaduan dan Komunikasi

Pengaduan dan Komunikasi

Komitmen kami terhadap penegakan HAM diwujudkan melalui Kebijakan HAM serta pelaksanaan uji tuntas dan penilaian HAM. Kami juga menyediakan saluran pengaduan yang mudah diakses dan bersifat rahasia bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk kelompok rentan, melalui platform internal, Halo BCA, dan whistleblowing system.

Whistleblowing System
Investigasi dan Remediasi

Investigasi dan Remediasi

Setiap laporan pelanggaran HAM ditinjau oleh Biro Anti-Fraud dan diinvestigasi untuk mengevaluasi masalah, tingkat keparahan, serta pihak yang bertanggung jawab. BCA berkomitmen mengurangi risiko HAM dan menjalankan proses remediasi sesuai peraturan melalui langkah terstruktur bagi pekerja, pemasok, atau korban pelanggaran.

Remediasi adalah proses perbaikan atau pemulihan yang dilakukan ketika terjadi dugaan pelanggaran HAM. Proses ini memastikan bahwa setiap laporan ditangani dengan serius dan korban mendapatkan pemulihan yang semestinya.