Jakarta, 8 Desember 2025 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus meningkatkan kemudahan transaksi digital bagi nasabah dengan memperluas akses QRIS Tap dari aplikasi myBCA ke berbagai moda transportasi dan fasilitas parkir. Inovasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran hanya dengan satu sentuhan (tap) memanfaatkan ponsel atau smartwatch, sehingga menjadikan transportasi lebih seamless, aman, dan efisien.
QRIS Tap di myBCA dapat digunakan di sejumlah moda transportasi publik seperti TransJakarta, LRT Jakarta, MRT Jakarta, dan Kereta Commuter Line. Fitur ini juga mendukung pembayaran di berbagai fasilitas parkir dari sejumlah operator, seperti Parkee, Centre Park, dan Sky Parking. Dengan ekosistem yang semakin luas, QRIS Tap menghadirkan solusi pembayaran contactless terintegrasi serta inklusif bagi masyarakat.
“Kami senantiasa berinovasi melihat kebutuhan masyarakat akan solusi pembayaran yang cepat dan seamless, termasuk untuk mendukung mobilitas harian maupun kebutuhan bertamasya menjelang periode liburan. Dengan hadirnya QRIS Tap di myBCA untuk transportasi umum dan parkir, kami berharap dapat memberikan pengalaman transaksi yang lebih nyaman, efisien, dan tentunya aman bagi nasabah. Langkah ini juga selaras dengan komitmen BCA dalam memperkuat digitalisasi sistem pembayaran nasional,” ujar Executive Vice President Transaction Banking Product Development BCA Jan Hendra.
QRIS Tap merupakan fitur pembayaran contactless yang dikembangkan Bank Indonesia dengan teknologi Near Field Communication (NFC). Pada aplikasi myBCA, pengguna dapat mengakses fitur QRIS Tap dari menu ‘NFC Pay’ atau ‘QRIS’, dan melakukan pembayaran dengan satu kali sentuhan dari ponsel atau smartwatch, menggunakan sumber dana dari rekening atau kartu kredit individu. Fitur ini juga mendukung transaksi antarbank maupun e-wallet yang telah mengadopsi standar QRIS. Layanan QRIS Tap dari BCA telah mendukung penggunaan melalui smartwatch berbasis Android (Wear OS).
Untuk menggunakan QRIS Tap BCA pada transportasi umum maupun fasilitas parkir, pengguna cukup mengikuti langkah berikut:
- Cara untuk Tap In
- Buka aplikasi myBCA dan klik menu ‘NFC Pay’ atau ‘QRIS’.
- Tap perangkat ke NFC reader pada pintu masuk atau Gate In. Pastikan aplikasi myBCA dalam keadaan terbuka.
- Notifikasi akan menunjukkan bahwa proses Tap In sudah berhasil. Khusus untuk pembayaran transportasi umum, dana akan ditahan sementara sejumlah biaya terjauh moda transportasi umum yang digunakan.

- Cara untuk Tap Out
- Buka kembali menu ‘NFC Pay’ atau ‘QRIS’ di aplikasi myBCA.
- Tap perangkat ke NFC reader pada pintu keluar atau Gate Out.
- Notifikasi akan menunjukkan bahwa proses Tap Out sudah berhasil dan dana akan langsung didebet sesuai tarif.

myBCA di Smartwatch
Tidak hanya itu, BCA baru-baru ini mengumumkan inovasi myBCA on Smartwatch yang memungkinkan nasabah melihat info saldo, mutasi, dan bertransaksi cardless seperti QRIS Tap maupun QRIS CPM (Customer Presented Mode) langsung dari pergelangan tangan.
Melalui QRIS Tap dari myBCA on Smartwatch, nasabah bisa bertransaksi semakin praktis ketika bepergian menggunakan LRT, MRT, TransJakarta, serta Kereta Commuter Line. Fitur ini juga mempermudah nasabah saat berbelanja di berbagai toko. Nasabah hanya perlu mendekatkan smartwatch yang digunakan ke mesin EDC untuk melakukan pembayaran.
Fitur QRIS Tap melalui smartphone dan smartwatch saat ini baru tersedia untuk pengguna gawai Android serta WearOS. Inovasi ini hadir sebagai salah satu wujud komitmen perseroan menghadirkan layanan berbasis digital yang relevan dengan perkembangan digital saat ini.
“Sebagai perbankan nasional, BCA senantiasa berinovasi untuk memberikan solusi finansial yang relevan dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan QRIS Tap dan integrasi smartwatch, BCA berkomitmen untuk menjadi mitra tepercaya dalam mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia,” tutup Jan Hendra.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2025)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2025, BCA melayani sekitar 43 juta rekening nasabah, didukung 1.264 kantor cabang, 20.008 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CCR
Corporate Communication
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id



