Jakarta, 28 November 2025 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui payung Bakti BCA bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam di Kota Sibolga, Sumatra Utara. Sibolga merupakan salah satu daerah terdampak besar bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi sejak beberapa hari lalu.
Proses penyerahan bantuan dari Bakti BCA dilakukan di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (28/11), oleh EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn kepada Kolonel Infanteri Jimmy Rihi Tugu (Paban V Bakti Ster TNI) dan Letkol Arm Heri Budiasto (Pabandia I Opster Ban V Ster TNI). Bantuan yang dikirimkan mencakup kebutuhan pokok seperti sembako, air mineral, selimut, popok balita, obat, multivitamin, tenda, dan tempat tidur portabel. Distribusi bantuan tersebut dilakukan BCA dengan koordinasi erat bersama pemerintah daerah serta TNI/Polri di daerah tujuan.
“BCA turut berbelasungkawa dan prihatin atas bencana alam yang terjadi di Sibolga dan berbagai daerah di Sumatra Utara. Kami berharap bencana yang terjadi segera berlalu, dan penanganan dampaknya dilakukan solid oleh seluruh pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat sipil, TNI, Polri, dan swasta. Kami berharap keadaan cepat membaik, dan masyarakat Sibolga bisa segera pulih dan beraktivitas normal kembali. BCA berkomitmen hadir dalam proses pemulihan kondisi sosial maupun ekonomi masyarakat di daerah terdampak,” kata EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn.
Bantuan dari BCA ditujukan untuk mendukung kebutuhan dasar dan meringankan beban masyarakat terdampak selama masa pemulihan. BCA terus memonitor perkembangan situasi di Sumatra Utara, dan memastikan bantuan dapat cepat tersalurkan secara tepat sasaran di lapangan.
Hingga Jumat (28/11) siang, bencana alam yang terjadi di Sibolga menyebabkan terhentinya operasional Kantor Cabang Pembantu (KCP) BCA Sibolga dan mesin ATM yang tersedia di Kota Sibolga. BCA memastikan seluruh pekerja perusahaan di kawasan terdampak dalam kondisi aman. Penghentian operasional sementara merupakan antisipasi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah BCA. Proses pemulihan layanan di daerah terdampak secara bertahap terus dilakukan BCA.
Sementara, kantor cabang BCA terdekat yang dapat melayani transaksi nasabah yakni di KCU Pematang Siantar. Nasabah juga dapat bertransaksi melalui mesin ATM BCA di Padang Sidempuan. Untuk mengetahui status operasional kantor cabang BCA yang lain, nasabah dapat mengecek tautan resmi berikut secara berkala: https://www.bca.co.id/id/lokasi-bca/operasional
Kolaborasi BCA bersama TNI terjalin agar penyaluran bantuan dapat berlangsung secara efektif dan efisien di lapangan. Kemampuan dan jaringan TNI yang luas serta mumpuni sangat vital untuk mempercepat penanganan dampak bencana alam di berbagai titik.


Keterangan Foto 1 & 2:
Bantuan BCA untuk Korban Bencana Kemanusiaan di Sibolga, Sumatera Utara - EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menyerahkan bantuan kemanusiaan dari BCA melalui payung Bakti BCA untuk korban banjir dan tanah longsor di Kota Sibolga. Penyaluran bantuan yang terdiri dari sembako, air mineral, selimut, popok balita, obat, multivitamin, tenda, dan tempat tidur portabel dilakukan atas kerja sama BCA dengan TNI di Lanud Halim Perdanakusuma pada Jumat (28/11).
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2025)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2025, BCA melayani sekitar 43 juta rekening nasabah, didukung 1.264 kantor cabang, 20.008 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CCR
Corporate Communication
Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 22. Jakarta 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id



