Kembali ke Pressroom
02 Mei 2025

Masuk Jajaran World’s Best Banks, BCA Pertahankan Posisi sebagai Bank Terbaik di Indonesia Versi Forbes

Jakarta, 30 April 2025 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mempertahankan posisinya sebagai bank terbaik di Indonesia versi Forbes, sebuah media ekonomi dan bisnis internasional terkemuka yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Capaian BCA sebagai #1 World’s Best Banks di Indonesia ini, mengukuhkan komitmen perseroan dalam menghadirkan layanan perbankan terbaik bagi nasabah.

World’s Best Banks merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Forbes dan bekerja sama dengan lembaga survei Statista. Dalam menentukan jajaran bank terbaik di dunia, Forbes menggunakan metodologi survei kepuasan kepada lebih dari 50.000 nasabah di 34 negara untuk menilai lima aspek utama, yakni kepercayaan (trust), syarat dan ketentuan (terms and conditions), layanan pelanggan (customer services), layanan digital (digital services), dan kualitas rencana pengelolaan keuangan (financial advice).

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyampaikan apresiasinya atas penghargaan ini, “Penghargaan ini kami persembahkan kepada seluruh nasabah yang telah memberikan kepercayaan dalam setiap langkah perjalanan BCA. Kami juga berterima kasih kepada seluruh insan BCA atas dedikasi dan semangatnya dalam memberikan layanan terbaik. Pencapaian ini merupakan dorongan bagi kami untuk terus berinovasi dalam menghadirkan solusi perbankan berkualitas serta memberikan nilai tambah kepada nasabah dan seluruh masyarakat Indonesia.”

Forbes juga mencatat bahwa BCA merupakan satu dari 18 bank di dunia yang berhasil mempertahankan posisi pemuncak di negaranya. Keberhasilan ini merupakan buah dari konsistensi perseroan dalam memperkuat ekosistem perbankan hybrid dari kanal mobile dan internet banking, point of sales, kantor cabang, ATM, hingga contact center.

Secara konsolidasi, per Maret 2025 BCA mampu membukukan total kredit Rp941 triliun, naik 12,6% secara tahunan (YoY). Sementara itu, BCA dan entitas anak mencatatkan laba bersih mencapai Rp14,1 triliun, tumbuh 9,8% YoY pada kuartal I 2025. Dari sisi pendanaan, total Dana Pihak Ketiga (DPK) BCA naik 6,5% YoY mencapai Rp1.193 triliun per Maret 2025. Dana giro & tabungan (CASA) tumbuh 8,3% YoY mencapai Rp979 triliun, atau sekitar 82% total DPK.

Pertumbuhan CASA selaras dengan total frekuensi transaksi BCA yang tumbuh 19% YoY mencapai 9,9 miliar pada kuartal I-2025. Khusus di kanal digital, frekuensi transaksi mobile dan internet banking BCA mencapai 8,8 miliar, naik 22,2% YoY. Pada puncaknya, BCA bahkan pernah memproses transaksi lebih dari 200 juta hanya dalam sehari. BCA juga telah memperkuat sistem dan infrastruktur IT hingga mampu memproses lebih banyak transaksi.

Hingga Maret 2025, BCA melayani lebih dari 41 juta rekening nasabah, didukung oleh 1.264 kantor cabang, 19.681 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

“Penghargaan ini menjadi pengingat bagi kami untuk terus meningkatkan layanan dan kepuasan nasabah. Dengan semangat untuk terus tumbuh dan melayani sepenuh hati, BCA akan terus menghadirkan layanan perbankan yang relevan, aman, dan tepercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Jahja Setiaatmadja.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2025)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2025, BCA melayani lebih dari 41 juta rekening nasabah dan memproses lebih dari 110 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.264 kantor cabang, 19.681 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA