Kembali ke Pressroom
11 Mar 2025

BCA Sediakan Uang Tunai untuk Lebaran 2025, Simak Cara Terbaru Penukarannya!

Jakarta, 11 Maret 2025 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) siap memenuhi kebutuhan uang tunai dan transaksi nasabah selama periode Ramadan dan Idulfitri 2025 dengan mengalokasikan dana tunai sebesar Rp70,22 triliun. Bersamaan dengan itu, BCA juga memperkuat layanan digital khususnya di periode Ramadan dan Idulfitri. Jumlah uang tunai yang disiapkan BCA tersebut meningkat 4% dibanding realisasi pada periode yang sama tahun 2024, seiring proyeksi peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat dan usaha kecil, serta meningkatnya permintaan layanan perbankan yang fleksibel.

Untuk mengantisipasi peningkatan transaksi dan distribusi uang kepada masyarakat, BCA mempersiapkan sejumlah layanan yang dapat mempermudah nasabah dan memastikan pemenuhan kebutuhan nasabah untuk menukarkan uang. Sepanjang periode Ramadan hingga Idulfitri tahun ini, nasabah dapat melakukan penukaran uang tunai sesuai ketersediaan masing-masing cabang di seluruh Indonesia.

Khusus untuk periode 24-27 Maret 2025, terdapat 15 Kantor Cabang Utama (KCU) yang disiagakan BCA untuk melayani penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) sebagai berikut:

Nama Cabang Area
KCU Kelapa Gading Jakarta Utara
KCU Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara
KCU Matraman Jakarta Timur
KCU Kalimalang Jakarta Timur
KCU Asemka Jakarta Barat
KCU Green Garden Jakarta Barat
KCU Wisma Asia Jakarta Barat
KCU Pasar Baru Jakarta Pusat
KCU Pondok Indah Jakarta Selatan
KCU Kuningan Jakarta Selatan
KCU Bekasi Bekasi
KCU Cikarang Bekasi
KCU Bogor Bogor
KCU Cibubur Depok
KCU Depok Depok

Penukaran uang di 15 KCU di atas dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Daftar dan lakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR https://pintar.bi.go.id. Pemesanan dapat dilakukan mulai tanggal 23 Maret 2025 pukul 09.00 WIB.
  • Penukaran hanya dapat dilakukan sesuai kuota yang tersedia di cabang yang telah ditentukan.
  • Setelah nasabah mendapat alokasi penukaran uang di cabang yang dipilih pada aplikasi PINTAR, nasabah dapat datang ke cabang tersebut sesuai jadwal untuk melakukan penukaran.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyatakan, “Ramadan dan Idulfitri merupakan periode peningkatan kebutuhan uang tunai secara signifikan, baik untuk keperluan sosial, mudik, maupun silaturahmi. Oleh karena itu, BCA berkomitmen menyediakan layanan perbankan yang optimal bagi nasabah setiap saat, termasuk memastikan ketersediaan uang tunai yang memadai. Kami berharap upaya ini dapat membantu nasabah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya selama Ramadan dan Idulfitri, serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

Selama bulan Ramadan, BCA juga menyesuaikan jam operasional seluruh kantor cabang hingga pukul 14.30 waktu setempat. Selain layanan fisik, BCA juga memperkuat layanan digitalnya untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking (KlikBCA), dan jaringan ATM BCA yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabah kapan pun dan di mana pun.

Dalam rangka memastikan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi selama Ramadan dan Idulfitri, BCA menyediakan berbagai kanal komunikasi yang dapat diakses dengan mudah. Nasabah dapat menghubungi layanan Halo BCA melalui 1500888 dan aplikasi haloBCA, serta berkomunikasi melalui WhatsApp Bank BCA (0811 1500 998), X @HaloBCA, webchat di www.bca.co.id, atau e-mail halobca@bca.co.id untuk mendapatkan bantuan secara cepat dan responsif.

“Saya mewakili segenap jajaran komisaris, direksi, dan karyawan PT Bank Central Asia Tbk mengucapkan selamat menyambut hari raya Idulfitri 1446 H bagi seluruh nasabah tercinta. Semoga amal ibadah yang kita laksanakan selama bulan suci Ramadan membawa keberkahan bagi kita semua,” tutup Jahja.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2024, BCA melayani lebih dari 41 juta rekening nasabah dan memproses lebih dari 98,4 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.264 kantor cabang, 19.543 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CCR

Corporate Communication

 

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA