Kembali ke Pressroom
24 Apr 2024

Komitmen Berbakti untuk Indonesia, BCA Kenalkan Nicholas Saputra sebagai Duta Bakti BCA


Jakarta, 24 April 2024 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mempertegas komitmennya dalam memberikan dampak sosial bagi masyarakat melalui berbagai program pengembangan berkelanjutan serta bisa dirasakan dampaknya kini dan nanti, dengan meluncurkan kampanye #BuktiBaktiBCA. Peluncuran kampanye #BuktiBaktiBCA ditandai dengan pemutaran perdana video Bukti Bakti, yang pembuatannya dilakukan di tiga pulau berbeda serta melibatkan tokoh-tokoh masyarakat mitra Bakti BCA, dan pengenalan Duta Bakti BCA, Nicholas Saputra.

Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono mengatakan, “#BuktiBaktiBCA adalah upaya kami memperkuat jejak bakti perusahaan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Melalui Bakti BCA, kami berkomitmen terus memberikan dampak positif bagi segala aspek kehidupan masyarakat termasuk pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan budaya. Dampak positif yang berkelanjutan harus diciptakan mulai dari skala individu, masyarakat, dan ekosistem. Kolaborasi berbagai pihak adalah faktor penting untuk mewujudkan impian pembangunan berkelanjutan Indonesia, dan hal ini kami upayakan berlangsung di bawah ‘payung’ Bakti BCA.”

Penunjukkan Duta Bakti BCA yang dilakukan bersamaan dengan peluncuran kampanye #BuktiBaktiBCA merupakan bentuk strategi edukasi perusahaan, untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan banyak pihak dalam menciptakan dampak sosial positif. Nicholas Saputra telah lama dikenal sebagai selebritas yang aktif menyuarakan kepeduliannya terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Sebagai Duta Bakti BCA, Nicholas Saputra akan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial Bakti BCA pada berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, pelestarian budaya, pemberdayaan individu dan kelompok, hingga lingkungan.

“Saya merasa terhormat atas kepercayaan BCA memilih saya sebagai Duta Bakti BCA. Peran baru sebagai Duta Bakti BCA menjadi pemantik semangat bagi saya untuk berkontribusi demi terciptanya perubahan yang dapat mendorong kesejahteraan dan kemajuan bersama. Saya melihat program-program Bakti BCA dapat membuka peluang bagi masyarakat meningkatkan kualitas hidupnya dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang. Inilah yang menjadi daya tarik bagi saya untuk bergabung menjadi Duta Bakti BCA,” ujar Nicholas Saputra.

EVP Corporate Communications & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menambahkan, “Komitmen kami sebagai mitra pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan tidak pernah pudar. Kami terus berinovasi untuk menciptakan solusi yang efektif dan relevan guna menjawab tantangan sosial yang dihadapi masyarakat. Dengan teknologi terkini, ide-ide kreatif, dan kolaborasi yang kuat, kami percaya dapat memperluas jangkauan program Bakti BCA sehingga memberikan manfaat yang lebih besar bagi banyak orang. BCA percaya individu yang berdaya dapat memberdayakan komunitasnya. Kemudian, komunitas yang berdaya dapat berkontribusi positif pada kelestarian ekosistem, sehingga tercipta sebuah siklus lingkaran pengaruh.”

Kegiatan Bakti BCA mencakup berbagai bidang, seperti pendidikan (Bakti Pendidikan), kesehatan (Bakti Kesehatan), budaya (Bakti Budaya), pemberdayaan masyarakat (Desa Bakti BCA), serta lingkungan (Bakti Lingkungan). Pada setiap bidang, BCA memiliki program-program khusus untuk mendukung upaya-upaya meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Guna mengetahui lebih lanjut mengenai kampanye #BuktiBaktiBCA, saksikan perjalanan Nicholas Saputra sebagai Duta Bakti BCA dalam video bertajuk “Sebuah Kisah Jejak #BuktiBakti BCA” di tautan berikut https://bca.id/buktibaktibca.

Bakti Pendidikan

BCA turut berkontribusi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkualitas di bidang pendidikan demi memperkuat daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui berbagai program, seperti pembinaan 20 Sekolah Bakti BCA, pelatihan guru di Indonesia Bagian Timur, dukungan terhadap ekonomi digital berupa SYNRGY Accelerator & Academy, Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI), program vokasi melalui BCA Cash Management Academy dan pengembangan kompetensi penyandang disabilitas. Sejak 2009, BCA melalui Bakti Pendidikan telah rutin memberikan beasiswa dan pelatihan kepada mahasiswa berprestasi di Indonesia. Hingga saat ini, Bakti BCA telah memberikan beasiswa bagi lebih dari 7.000 mahasiswa program S1.

Bakti Kesehatan

BCA mendukung pemberdayaan kualitas manusia bagi mereka yang membutuhkan melalui berbagai program kesehatan. Perseroan menjadi salah satu funding partner dengan nilai dukungan mencapai US$1 juta dalam program percepatan penurunan angka penderita stunting dari BKKBN dan USAID bernama PASTI (Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia). Sejak 2014 hingga akhir 2023, sebanyak 149.460 pasien telah menerima keringanan biaya pengobatan umum dan KB di dua klinik binaan BCA. Ada 8.131 mata telah pulih setelah mengikuti bakti sosial operasi katarak dari BCA, dan 11.936 kantong darah sudah dikumpulkan BCA dari kegiatan donor darah bersama PMI pada 2016-2023.

Bakti Budaya

BCA berkomitmen melestarikan beragam seni, budaya, dan tradisi nusantara melalui penyelenggaraan pertunjukan dan pengembangan berbagai potensi dalam program Wayang for Students, Nusantara Academic Writing Award (NAWA), Satu dalam Cita “Sudamala”, Pagelaran Jazz Gunung, dan dukungan kegiatan kebudayaan lainnya. BCA juga berkolaborasi dengan penggiat seni & seniman lokal sejak 2012. Pada tahun 2023, telah diselenggarakan pagelaran oleh siswa-siswi berbakat sekolah drama wayang “Hanoman: Ada Apa dengan Shinta” dan pameran komik strip karya komikus muda binaan komikus Marvel & DC Comics. BCA mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai “Perusahaan dengan Kegiatan Pelestarian Wayang Terbanyak” atas konsistensi ini.

Dalam upaya melestarikan wastra nusantara dan lingkungan, sejak 2022 BCA bersama Perkumpulan Warna Alam Indonesia (WARLAMI) melaksanakan pembinaan pewarnaan alam kepada kelompok penenun & pegiat wastra di Timor Tengah Selatan dan Baduy yang menghasilkan karya wastra ramah lingkungan dan bernilai jual tinggi.

Desa Bakti BCA

Sejak 2012, BCA telah memberikan berbagai layanan dan program khusus untuk mengembangkan potensi SDM di berbagai desa, termasuk bantuan keuangan, pelatihan, membuka akses layanan perbankan bagi masyarakat, dan penyediaan fasilitas untuk pengembangan ekonomi lokal. Per akhir 2023, BCA memberikan pembinaan terhadap 26 desa wisata, meliputi 14 desa binaan dan 12 desa mitra kolaborasi Bakti BCA dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022-2023. Sejumlah Desa Bakti BCA telah menerima berbagai penghargaan berskala nasional maupun internasional. Terkini, Desa Wisata Taro dan Desa Wisata Hijau Bilebante meraih penghargaan Best Tourism Village kategori Update Programme dari UNWTO (United Nations World Tourism Organization) pada 2023.

Total 403 tenaga kerja paruh dan penuh waktu di 14 desa binaan sudah terserap, dan lebih dari 1.500 pelaku usaha mengikuti pembinaan sertifikasi halal, ekspor, serta perluasan akses pasar melalui onboarding di berbagai marketplace. Sepanjang 2023, pendapatan total desa wisata binaan BCA mencapai Rp8,4 miliar atau tumbuh 108,7% secara tahunan. BCA menghadirkan kemudahan pemesanan tiket paket wisata Desa Wisata binaan Bakti BCA melalui fitur “Lifestyle” di BCA mobile.

Bakti Lingkungan

BCA berkomitmen mendukung pemerintah dalam pelestarian lingkungan demi menciptakan kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan melalui berbagai program, seperti rehabilitasi & pelepasliaran orang utan, konservasi penyu, konservasi macan tutul, dan penanaman pohon. Selain dampak ekologi, program-program tersebut juga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, salah satunya melalui terbukanya kesempatan kerja di sekitar area konservasi dan penanaman pohon. Selain itu Bakti BCA juga  berinisiatif dalam melakukan pengelolaan sampah melalui penyediaan mesin daur ulang Bakti BCA serta pembuatan rumah kompos.

Konsisten Mendukung Tujuan Bersama - EVP Corporate Communications & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn (kiri) ditemani Duta Bakti BCA Nicholas Saputra (tengah) menyampaikan bahwa Bakti BCA senantiasa konsisten menyelenggarakan program pengembangan masyarakat secara berkelanjutan. Konsistensi itu merupakan wujud dukungan BCA terhadap upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dan visi Indonesia Emas 2045.

Kolaborasi Besar untuk Dampak Lebih Luas - Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono (tengah), EVP Corporate Communications & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn (ketiga dari kanan), SVP Corporate Communications BCA Susanti Nurmalawati (ketiga dari kiri), Duta Bakti BCA Nicholas Saputra (kedua dari kiri), Sutradara Ign. Raditya Bramantya (kedua dari kanan), Principal Advisor Artemis Indonesia Hiro Whardana (ujung kiri), dan CEO Dentsu Creative Indonesia Wisnu Putra (ujung kanan) berpose bersama dalam peluncuran kampanye #BuktiBaktiBCA di Senayan, Jakarta, Rabu (24/4). Kampanye ini merupakan potret kolaborasi besar BCA dengan berbagai pihak guna memperluas dampak sosial yang dilahirkan dari program-program Bakti BCA.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2024, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 90 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.055 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

 

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA