Kembali ke Pressroom
14 Des 2023

Edukasi Perlindungan Data, BCA Luncurkan Video Edukasi "Don't Know? Kasih No!"

Jakarta, 8 Desember 2023 – Data pribadi terus menjadi target pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan yang dapat merugikan masyarakat luas. Untuk itu, sebagai bentuk komitmen dalam memperkuat edukasi dan kesadaran masyarakat tentang keamanan data dan pencegahan kejahatan siber, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan gerakan “Don’t Know? Kasih No!”, yang mengajak masyarakat untuk menentukan tindakan dan tegas untuk menolak ketika dihadapkan dengan segala sesuatu yang tidak jelas sumber atau kredibilitasnya. Menampilkan legenda komedi Indonesia Indro Warkop dan disutradarai oleh Ica Lawendatu, video edukasi “Don’t Know? Kasih No!” dapat ditonton mulai tanggal 8 Desember 2023 di kanal YouTube Solusi BCA.

Direktur BCA Santoso menyatakan, “Video edukasi ‘Don't Know? Kasih No!’ adalah gerakan BCA yang menekankan pentingnya kewaspadaan dalam menjaga keamanan data pribadi. Gerakan ini merupakan inisiatif kami terhadap meningkatnya kasus kejahatan lewat pencurian data dan penyebaran virus melalui aplikasi-aplikasi yang tidak resmi. Dengan menghadirkan Indro Warkop sebagai pemeran utama, kami berharap dapat menyajikan video edukasi yang tidak hanya menghibur, tetapi juga dapat dicerna dengan mudah oleh masyarakat, sehingga bisa meningkatkan awareness mereka dalam menolak segala hal yang tidak jelas sumber atau kredibilitasnya dan melindungi diri sendiri dari berbagai ancaman siber.”

Video edukasi "Don't Know? Kasih No!" mengajak masyarakat untuk mengadopsi sikap slow down & rethink, yaitu sikap tidak terburu-buru dan berpikir kritis ketika dihadapkan dengan modus penipuan. Video edukasi pendek ini menceritakan analogi bagaimana penipuan memiliki berbagai cara untuk mencuri data pribadi dan bagaimana masyarakat bisa melindungi dirinya dari penipuan dan pencurian data tersebut dengan menjadi bagian dari gerakan “Don’t Know? Kasih No!”.

“Kami dari BCA berkomitmen untuk terus menerus mengedukasi masyarakat dalam melawan berbagai modus penipuan yang semakin merajalela saat ini. Untuk itu kami bangga jika setiap inisiatif edukasi kami pun mendapat dukungan positif dari banyak pihak. Saya ingin memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam gerakan ‘Don’t Know? Kasih No!’ yang luar biasa ini, terutama kepada Indro Warkop, Flock, BAM Pictures, para aktris dan aktor pendukung, dan seluruh kru yang telah meluangkan waktu dan energi untuk menciptakan video edukasi yang menghibur sekaligus mendidik ini. Kami harap masyarakat Indonesia dapat terhibur dan memetik berbagai pelajaran penting untuk kehidupannya beriringan dengan dunia siber.” tutup Santoso.

Sebelumnya, sebagai bagian dari dari komitmen BCA dalam hal edukasi keamanan bagi nasabah, BCA juga telah menghadirkan seri video “Nurut Apa Kata Mama” yang berkolaborasi dengan Imajinari, produser Ernest Prakasa dan sutradara Muhadkly Acho sebagai langkah strategis untuk menyampaikan pesan edukatif. BCA juga memperkuat komitmennya dengan meluncurkan kampanye “Tolak dengan Anggun”.

"Don't Know? Kasih NO!": Edukasi Berbalut Komedi, Buah Karya BCA, menggandeng Indro Warkop - Direktur BCA Santoso (kiri) bersama Aktor Indro Warkop (kanan) dalam acara Konferensi Pers Video Edukasi BCA “Don't Know? Kasih NO!" di CGV Grand Indonesia, pada Kamis (7/12). Video edukasi berbalut komedi ini, bertujuan mengajak masyarakat Indonesia mengadopsi sikap slow down & rethink, agar tidak terburu-buru dan berpikir kritis ketika berhadapan dengan modus penipuan. Video edukasi ini dapat ditonton mulai tanggal 8 Desember 2023 di kanal YouTube Solusi BCA.

BCA Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Data Lewat Video Edukasi “Don’t Know? Kasih No!” - Direktur BCA Santoso (ketiga kiri), EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya (kanan), SVP Marketing Communication Norisa Saifuddin (ketiga kanan), Aktor Indro Warkop (tengah), bersama Sutradara Ica Lawendatu (kedua kanan) dan CEO Creative Agency Flock Leonard Wiguna (kedua kiri) saat acara Konferensi Pers Peluncuran Video Edukasi BCA “Don’t Know? Kasih No!". Melalui video edukasi ini, BCA mengajak masyarakat untuk menentukan tindakan dan tegas menolak, ketika dihadapkan dengan segala sesuatu yang tidak jelas sumber atau kredibilitasnya.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2023, BCA melayani hampir 39 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 81 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.252 kantor cabang, 18.705 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id


Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA