Kembali ke Pressroom
12 Agt 2022

Pacu Pertumbuhan Bisnis UMKM, BCA Hadirkan “BCA UMKM Fest 2022” dengan Konsep Hybrid

Jakarta, 12 Agustus 2022 – Kehadiran pelaku UMKM saat ini telah menjadi salah satu tongkat penggerak perekonomian bangsa di tengah masa Pemulihan Ekonomi Nasional. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berkomitmen mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang, salah satunya dengan kembali menghadirkan BCA UMKM Fest. Tahun ini, BCA UMKM Fest 2022 diselenggarakan secara hybrid, kegiatan offline dihelat pada 12-14 Agustus 2022 di Gandaria City, Jakarta, adapun online dilaksanakan pada 12 Agustus hingga 12 September 2022 di umkmfest.bca.co.id. Lebih dari 1.000 UMKM mengikuti kegiatan ini.

Hadir dalam seremoni pembukaan BCA UMKM Fest 2022 Direktur BCA Vera Eve Lim, Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma, Direktur BCA John Kosasih, EVP Commercial & SME BCA sekaligus Ketua Panitia Freddy Iman, dan EVP Transaction Banking Businesses Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya pada Jumat (12/08) di Jakarta. Adapun Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja memberikan sambutan secara online.

“Sebagai institusi yang lekat dengan masyarakat, BCA berkomitmen mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang. Melalui BCA UMKM Fest, kami menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM. Penyelenggaraan BCA UMKM Fest ini bukan hanya mendorong perkembangan pelaku UMKM dan industri kreatif memenuhi pasar domestik, tapi juga membuka peluang go international melalui kegiatan Business Matching yang ada dalam rangkaian kegiatan ini,” ujar John Kosasih.

Dalam kegiatan Business Matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center, dan Bank Koresponden mempersembahkan 86 UMKM untuk mendapatkan kesempatan ke dalam pasar internasional.

BCA menggandeng pelaku UMKM dan industri kreatif yang bergerak di berbagai industri, seperti makanan dan minuman, hobi, fashion, hingga kesehatan dan kecantikan. Selain para pelaku UMKM nasabah BCA, kegiatan BCA UMKM Fest juga diikuti oleh lebih dari 300 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Bank Indonesia, dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada. BCA juga menggandeng mitra e-commerce, yaitu Blibli dan Grab yang juga memiliki tujuan yang sama untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Bagi pengunjung yang hadir secara langsung ke UMKM Fest 2022, berkesempatan untuk mendapatkan berbagai program menarik seperti Cashback Rp 50ribu dengan QRIS BCA, Cashback hingga Rp 150ribu dengan Kartu Kredit BCA dan Program Double Value Voucher Reward BCA.

“Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulan, kegiatan offline BCA UMKM Fest 2022 juga menyediakan beragam tema workshop, talkshow, dan berbagai booth Showcase Installation & Digital Experience yang dapat dikunjungi oleh masyarakat. Pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas menarik seperti fashion show produk fashion buatan perajin lokal, serta mengeksplorasi 50 brand lokal unggulan, dari makanan dan minuman, fashion, hobi, kesehatan dan kecantikan, hingga tour & travel. Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai penawaran dan promo menarik,” kata Freddy Iman.

Kegiatan UMKM Fest selaras dengan upaya pemerintah untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional dan selaras dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia serta gerakan berwisata di indonesia melalui program desa wisata

Pentingnya posisi UMKM bagi Indonesia terlihat dari besarnya kontribusi sektor UMKM yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia serta banyaknya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor ini. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga Maret 2021 lalu, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB mencapai 61,07% atau Rp8.573,9 triliun. UMKM juga mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia. Selain itu, komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.

Sebagai informasi, hingga Juni 2022, BCA telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp94,2 triliun, atau tumbuh hingga 19,6% secara tahunan (year on year/YoY). Hal ini merupakan bagian dari upaya-upaya nyata BCA untuk memajukan bisnis UMKM agar dapat berkembang dan juga membantu menstimulasi pertumbuhan perkenomian Indonesia.

“BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Dengan sudah berangsur-angsur pulih mobilitas masyarakat, kami optimis dapat menjangkau lebih banyak lagi pengunjung baik secara offline maupun online. Melalui kehadiran BCA UMKM Fest ini, diharapkan dapat membangkitkan motivasi serta optimisme penggiat UMKM Indonesia dan mempercepat realisasi SDGs,” tutup John Kosasih.

***

Opening Ceremony BCA UMKM Fest 2022 - Direktur BCA Vera Eve Lim (tengah), Direktur BCA John Kosasih (kedua dari kiri), Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma (kedua dari kanan), EVP Commercial & SME BCA sekaligus Ketua Panitia BCA UMKM Fest 2022, Freddy Iman (kiri) dan EVP Transaction Banking Businesses Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya (kanan) secara resmi membuka gelaran BCA UMKM Fest 2022 pada Jumat (12/08) di Gandaria City Mall, Jakarta. Perhelatan BCA UMKM Fest 2022 diramaikan oleh sekitar 1.000 UMKM dari berbagai brand lokal Indonesia. Sebagai informasi, BCA UMKM Fest 2022 diselenggarakan secara hybrid, kegiatan offline dihelat pada 12-14 Agustus 2022 di Gandaria City, Jakarta, sedangkan online dilaksanakan pada 12 Agustus hingga 12 September 2022 di website umkmfest.bca.co.id.

Opening Ceremony BCA UMKM Fest 2022 - Komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia. Sebagai informasi, hingga Juni 2022, BCA telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp94,2 triliun, atau tumbuh hingga 19,6% secara tahunan (year on year/YoY). Hal ini merupakan bagian dari upaya-upaya nyata BCA untuk memajukan bisnis UMKM agar dapat berkembang dan juga membantu menstimulasi pertumbuhan perkenomian Indonesia.

 

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2022, BCA melayani sekitar 31 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 62 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.065 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan

Biro Hubungan Masyarakat

 

Alamat                    : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon                  : (021) 2358-8000

Fax                         : (021) 2358-8339

E-mail                     : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA