Kembali ke Pressroom
25 Jun 2016

Dukung Upaya BI dalam Penggunaan Uang Koin, BCA Fasilitasi Penukaran Uang di "Gerakan Peduli Koin Nasional"

Jakarta, 25 Juni 2016 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama dengan beberapa bank bersinergi dengan Bank Indonesia (BI) mendukung penggunaan uang koin dengan menyediakan fasilitas penukaran uang bagi masyarakat. BCA menyediakan berbagai pilihan bagi masyarakat, mulai dari penukaran uang koin ke kertas, uang koin ke uang elektronik, dan uang kertas ke uang elektronik.

“Gerakan Peduli Koin Nasional” ini diselenggarakan pada 25 Juni 2016 di Jakarta. Hadir dalam gerakan penukaran uang ini Senior General Manager Head of Consumer Card BCA Santoso, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede, dan sejumlah pimpinan industri perbankan.

“Sebagai alat pembayaran resmi di Indonesia, sirkulasi peredaran uang koin sudah semakin berkurang di masyarakat. Dengan demikian, BCA mendukung upaya Bank Indonesia untuk mengembalikan keberadaan uang koin melalui fasilitas penukaran uang pada hari ini. Kami ingin bersama-sama mewujudkan masyarakat yang bijak dalam menggunakan rupiah, yaitu memperlakukan uang koin sebagai alat transaksi, bukan sebagai objek untuk disimpan, sebab uang koin juga dapat ditukarkan” ujar Santoso.

Santoso menambahkan, dalam kegiatan ini masyarakat bukan hanya dapat menukar uang koin ke dalam pecahan kertas, namun juga ke dalam uang elektronik untuk membangun budaya nontunai di masyarakat. Kehadiran layanan ini diharapkan dapat semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang koin yang dimiliki selama ini.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Peduli Koin Nasional yang telah dilaksanakan oleh Bank Indonesia sejak tahun 2010. Dalam satu dasawarsa terakhir menurut data Bank Indonesia, BI telah mengeluarkan uang koin sekitar Rp 6 Triliun, namun yang kembali ke BI hanya Rp900 miliar atau 16% dengan tren semakin menurun. Hal ini disebabkan budaya masyarakat yang masih menganggap uang koin bukan sebagai alat transaksi. Padahal biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi uang koin cukup tinggi.

"Mari bersama-sama wujudkan masyarakat yang bijak dalam bertransaksi dengan tetap menjaga sirkulasi uang koin di masyarakat. Gerakan ini diharapkan dapat berlangsung secara berkala dan tersebar, mengingat pelaku pengguna uang koin tersebar di seluruh Indonesia,” lanjut Santoso.

Pada kesempatan tersebut, BCA bersama dengan bank-bank lainnya juga menyediakan layanan penukaran uang receh secara gratis. Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan ini merupakan salah satu upaya BCA mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai khususnya uang receh dalam masa libur Lebaran. Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya maksimal dapat menukarkan Rp3.700.000 yang terdiri dari 100 lembar uang Rp20.000, 100 lembar uang Rp10.000, 100 lembar uang Rp5.000, 100 lembar uang Rp2.000. Untuk meminimalisir terjadinya monopoli, masyarakat harus membawa kartu identitas (KTP) saat hendak menukarkan uang. Layanan penukaran uang yang diberikan oleh BCA dalam format mobil kas ini berlangsung pada 13 s.d 26 Juni 2016 mulai pukul 08.30 hingga pukul 13.00 WIB.

Dukung Upaya BI dalam Penggunaan Uang Koin, BCA Fasilitasi Penukaran Uang di Gerakan Peduli Koin Nasional 

Senior General Manager Head of Consumer Card PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso (kedua kanan) memaparkan informasi mengenai Flazz, uang elektronik yang dikeluarkan oleh BCA kepada Deputi Gubernur Bank I Ronald Waas (tengah), Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede (kiri) pada kegiatan “Gerakan Peduli Koin Nasional” di Jakarta, Sabtu (25/06). BCA bersama dengan beberapa bank bersinergi dengan Bank Indonesia (BI) mendukung penggunaan uang koin dengan menyediakan fasilitas penukaran uang bagi masyarakat. Tersedia berbagai pilihan bagi masyarakat, mulai dari penukaran uang koin ke kertas, uang koin ke uang elektronik, dan uang kertas ke uang elektronik.

Dukung Upaya BI dalam Penggunaan Uang Koin, BCA Fasilitasi Penukaran Uang di Gerakan Peduli Koin Nasional 

Pada kesempatan tersebut, BCA bersama dengan bank-bank lainnya juga menyediakan layanan penukaran uang receh secara gratis. Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan ini merupakan salah satu upaya BCA mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai khususnya uang receh. Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya maksimal dapat menukarkan Rp3.700.000.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2016)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Maret 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14 juta rekening nasabah melalui 1.194 cabang, 16.999 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA