Jakarta, 2 Juni 2016 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali meraih predikat sebagai Bank Terbaik 2016 untuk kategori bank umum dengan aset di atas Rp100 triliun dalam Investor Best Bank 2016. Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian acara menuju Top Indonesian Financial Leaders yang diselenggarakan oleh Majalah Investor.
Penghargaan ini diselenggarakan pada 2 Juni 2016 di Jakarta. Hadir untuk menerima penghargaan Kepala Divisi Keuangan dan Perencanaan BCA Raymon Yonarto. Para pemenang Investor Best Banks 2016 dihasilkan dari penilaian para juri independen dengan dukungan dari tim Research & Development Majalah Investor berdasarkan 13 kategori. Adapun tim juri penghargaan ini yakni Ketua Perbanas Sigit Pramono, Banking Expert/ CEO PT Kiran Resources Indonesia Subowo Musa, Head of Resources Bahana Harry Su, dan Direktur Berita Satu Media Holdings Primus Dorimulu.
Raymon mengatakan, Investor Best Banks 2016 merupakan bentuk apresiasi atas kinerja terbaik yang diberikan oleh bank-bank di Indonesia. Dengan adanya apresiasi ini diharapkan perbankan di Indonesia dapat terus meningkatkan kinerja mereka, memacu persaingan yang sehat, dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah.
BCA dan entitas anak sendiri berhasil membukukan kinerja keuangan yang positif pada triwulan I 2016. Laba bersih naik sebesar 11,1% menjadi Rp 4,5 triliun dari periode sebelumnya yang sebesar Rp 4,1 triliun. Pendapatan operasional BCA, yang terdiri dari pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya, tumbuh 17,0% menjadi Rp 12,8 triliun pada triwulan I 2016 dibandingkan Rp 11,0 triliun pada triwulan I 2015. Pada akhir Maret 2016 portofolio kredit mencapai Rp 373,7 triliun, tumbuh 11,4% dibandingkan dengan posisi yang sama tahun sebelumnya. Dana pihak ketiga meningkat 5,7% YoY mencapai Rp 470,4 triliun pada akhir Maret 2016.
“Saat ini bank dengan jumlah aset di atas Rp100 triliun berjumlah 12 bank dan BCA beryukur bisa terus menunjukkan kinerja bisnis dan keuangan yang solid dan diapresiasi berbagai pihak. Besar harapan kami supaya BCA dapat terus memberikan nilai tambah di masyarakat. Kami ingin terus hadir memberikan produk dan layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta melakukan inovasi di tengah perkembangan teknologi keuangan yang semakin maju,”ujar Raymon.
Penghargaan ini merupakan prestasi yang dapat dipertahankan BCA, karena sejak tahun 2014 BCA juga memperoleh predikat untuk kategori yang sama. “Konsisten mempertahankan prestasi sebagai bank terbaik tentunya tidak lepas dari dukungan dan kerja keras dari seluruh keluarga BCA. Hal ini tentunya membuat kami semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan memberikan kontribusi yang positif pada perkembangan Negeri ini mengingat peran penting perbankan sebagai salah satu tombak penggerak perekonomian bangsa,” tutup Raymon.
Ketua Perbanas Sigit Pramono (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Kepala Divisi Keuangan dan Perencanaan BCA Raymon Yonarto untuk predikat Bank Terbaik 2016 kategori bank umum dengan aset di atas Rp100 triliun dalam Investor Best Bank 2016 di Jakarta (2/6). Saat ini bank dengan jumlah aset di atas Rp100 triliun berjumlah 12 bank dan BCA beryukur bisa terus menunjukkan kinerja bisnis dan keuangan yang solid dan diapresiasi berbagai pihak.
BCA dan entitas anak sendiri berhasil membukukan kinerja keuangan yang positif pada triwulan I 2016. Laba bersih naik sebesar 11,1% menjadi Rp 4,5 triliun dari periode sebelumnya yang sebesar Rp 4,1 triliun. Pendapatan operasional BCA, yang terdiri dari pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya, tumbuh 17,0% menjadi Rp 12,8 triliun pada triwulan I 2016 dibandingkan Rp 11,0 triliun pada triwulan I 2015.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2016)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Maret 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14 juta rekening nasabah melalui 1.194 cabang, 16.999 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id