- IT Service Quality mendapatkan sertifikasi ISO 20000-1:2011 Service Management System
Jakarta, 17 November 2017 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mewujudkan komitmennya untuk secara berkesinambungan meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya, termasuk melalui peningkatan kualitas teknologi informasi. Komitmen ini diwujudkan melalui sertifikasi ISO yang diterima oleh unit kerja IT Service Management yakni ISO 20000-1:2011 dari PT Intertek Utama Services, perihal Service Management System.
Sertifikat ISO ini diserahkan secara langsung oleh Country Managing Director PT Intertek Utama Services Jose Richard Gamo dan Direktur Utama PT Lemti Unindo Inovasi Muhammad Hadi Cahyono kepada Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono dan Senior Executive Vice President IT BCA Hermawan Thendean di Menara BCA, Jumat (17/11).
Armand menyampaikan, ”BCA secara berkesinambungan melakukan berbagai langkah dan upaya meningkatkan kapasitas maupun kemampuan sistem teknologi informasi. Hal tersebut semata-mata untuk pengembangan jaringan distribusi yang lebih canggih serta melayani transaksi yang terus meningkat dan kebutuhan usaha yang terus berkembang dan semakin kompleks. Hal itulah yang mendorong BCA untuk senantiasa terus meningkatkan layanan melalui proses sertifikasi standard kerja kami untuk dapat diakui secara internasional. Kami bersyukur atas kerja keras seluruh tim, hari ini kami telah mendapat pengakuan melalui sertifikat ISO yang kesekian kalinya”.
Lebih lanjut Armand menjelaskan tim IT Service Management memiliki fungsi yang cukup vital, yakni menangani pengelolaan operasional manajemen teknologi informasi dan menyelaraskan layanan IT dengan kebutuhan pengguna. Mengingat fungsinya yang sangat vital, BCA mengajukan sertifikasi dari lembaga yang berkompeten di bidangnya untuk menilai kualitas layanan dari unit kerja IT Service Management.
ISO 20000-1:2011 adalah standar internasional pertama untuk manajemen layanan teknologi informasi (ITSM, IT Service Management). Standar ini didasari dan ditujukan untuk menggantikan British Standards BS 15000. Standar ini pertama kali dipublikasikan pada Desember 2005 dan seperti pendahulunya, BS 15000, awalnya dikembangkan untuk menggambarkan pedoman praktik terbaik yang terdapat dalam kerangka kerja ITIL (Information Technology Infrastructure Library) walaupun standar ini juga mendukung kerangka kerja dan pendekatan ITSM lainnya.
Dengan diraihnya ISO tersebut juga diharapkan akan meningkatkan kepercayaan nasabah, jaminan kualitas proses layanan, peningkatan produktivitas, motivasi, moral & kinerja karyawan, peningkatkan efisiensi, dan lain-lain. ”Sertifikasi yang kami lakukan merupakan upaya peningkatan tata kelola teknologi informasi agar kami dapat mendukung dan meningkatkan layanan kepada berbagai unit kerja BCA. Hal ini tentunya akan bermuara pada peningkatan mutu dan kelancaran kepada nasabah pada umumnya,” tutup Armand.
BCA Raih Sertifikasi ISO 20000-1:2011 - Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Armand Wahyudi Hartono (ketiga kiri), didampingi Senior Executive Vice President Strategic Information Technology BCA Hermawan Thendean (kedua kiri) dan Head of IT Architecture & Service Quality Strategic Information Technology BCA Iman Sentosa (kiri) menerima sertifikasi ISO 20000-1:2011 perihal Service Management System yang diserahkan oleh Country Managing Director PT Intertek Utama Services Jose Richard Gamo (kanan) di Jakarta, Jumat (17/11). Sertifikasi ISO 20000-1:2011 tersebut merupakan standar internasional pertama untuk manajemen layanan teknologi informasi (ITSM, IT Service Management).
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2017)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2017, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 16 juta rekening nasabah melalui 1.225 cabang, 17.314 ATM dan lebih dari 460 ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id