Jakarta, 24 Oktober 2018 – Masifnya perkembangan teknologi digital yang kini mempengaruhi hampir keseluruhan elemen kehidupan masyarakat mendorong PT Bank Central Asia Tbk (BCA) selaku penyedia jasa finansial terkemuka di Indonesia untuk berperan dalam memberikan karya positif. Upaya dan kerja keras ini pun membuahkan hasil cemerlang yang mencatatkan BCA sebagai peringkat pertama dalam penghargaan BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2018 dan sekaligus membawa BCA sebagai satu-satunya brand asal Indonesia yang masuk dalam peringkat ke-99 Global Top 100 BrandZ.
Hadir dalam Diskusi Panel dan Malam Penghargaan yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (24/10), Direktur BCA Santoso, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Republik Indonesia Rudiantara, Chairman iflix Indonesia Alexander Rusli, CEO Telkom Telstra Erik Meijer, Perwakilan Kantar Adrian Gonzalez, dan Perwakilan WPP Ranjana Singh.
"Tahun ini, genap empat tahun kami berhasil menduduki peringkat pertama di BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2018. Kebahagiaan tak terkira bagi BCA karena terpilih sebagai merek (brand) paling dikenal di masyarakat seiring dengan upaya perseroan dalam membangun reputasi sebagai bank yang mudah diakses dan penerapan transformasi digital dalam pemberian jasa finansial kepada masyarakat luas,” urai Santoso.
Santoso menambahkan, di tengah perkembangan digital yang kini mulai merambah ke berbagai bidang, BCA tidak berhenti di satu titik dan terus mengeksplor kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, kami kian mengedepankan kecanggihan teknologi informasi dan akurasi data demi memberikan layanan yang cermat, tepat, dan akurat kepada nasabah. “Tak hanya itu, BCA juga memiliki concern yang tinggi terhadap kualitas di setiap layanan dan produk yang kami berikan. Service quality menjadi salah satu prioritas kami dalam pengembangan layanan kepada nasabah setia BCA,” tambah Santoso.
Tercatat, nilai merek BCA pada tahun 2018 berhasil tumbuh sekitar 20,2 persen menjadi $12,7 Miliar. Tahun 2018 merupakan tahun keempat BCA menyabet predikat Top 50 Most Valuable Indonesia Brands. Pada tahun 2017 lalu, BCA telah meningkatkan nilai mereknya sebesar 13 persen menjadi US$ 10,53 miliar atau setara dengan Rp136,5 triliun.
Millward Brown mengumpulkan 50 brand dengan nilai brand tertinggi di Indonesia melalui ajang The BrandZTM Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2018. Pemilihan 50 perusahaan ini merupakan hasil riset yang dilakukan dengan mengkombinasikan nilai finansial yang diciptakan oleh sebuah brand dan kontribusi brand. Berdasarkan hasil penilaian, di tahun 2018 nilai dari brand BCA mencapai $12,7 Miliar yang sekaligus membawa BCA sebagai satu-satunya brand asal Indonesia yang masuk dalam peringkat ke-99 Global Top 100 BrandZ.
Nilai brand tertinggi tentunya tidak lepas dari kinerja positif yang berhasil diraih BCA. BCA menutup periode semester I 2018 dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 8,4% YoY menjadi Rp 11,4 triliun dari Rp 10,5 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan operasional BCA yang terdiri dari pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya, meningkat 7,6% menjadi Rp 29,5 triliun pada semester pertama 2018 dibandingkan Rp 27,4 triliun pada semester pertama 2017.
BCA Duduki Peringkat Pertama di Ajang BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2018 - Director of PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso (kedua kanan) bersama Minister of Communication & Information Technology of Republic Indonesia Rudiantara (kanan), Chairman iflix Indonesia Alexander Rusli (kiri), CEO Telkom Telstra Erik Meijer (kedua kiri) di sela diskusi panel yang berlangsung dalam ajang BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2018 di Jakarta, Rabu (24/10). Untuk keempat kalinya, BCA kembali berhasil menduduki peringkat pertama di BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2018 sekaligus mengantarkan BCA masuk dalam peringkat ke-99 BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands di mana BCA berhasil mencapai nilai brand sebesar $12,7 Miliar.
BCA Duduki Peringkat Pertama di Ajang BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2018 - Director of PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso (kedua kanan) bersama Minister of Communication & Information Technology of Republic Indonesia Rudiantara (kanan), Chairman iflix Indonesia Alexander Rusli (kiri), CEO Telkom Telstra Erik Meijer (kedua kiri) di sela diskusi panel yang berlangsung dalam ajang BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2018 di Jakarta, Rabu (24/10).
Press Conference BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2018 - Executive Vice President Transaction Banking Business Development BCA Mira Wibowo (kedua kanan), (kiri ke kanan) Chief Commercial Officer Kantar Indonesia Richard McLeod, Chief of Corporate Affairs GOJEK Nila Marita, BrandZ Global Valuation Director Elspeth Cheung, dan Marketing Director Kantar Indonesia Fanny Murhayati di sela acara Press Conference BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2018 di Jakarta, Rabu (24/10). Tercatat, BCA kembali menduduki peringkat pertama dalam penghargaan BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2018. Pencapaian tersebut sekaligus mengantarkan BCA masuk dalam peringkat ke-99 BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2018)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2018, BCA melayani hampir 18 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.241 kantor cabang, 17.565 ATM dan lebih dari 490.000 mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id