Bandung, 28 Maret 2018 – Berkomitmen menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat dan pilar penting perekonomian Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa berkomitmen mendukung pengembangan usaha di segmen UMKM sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia. Kali ini, upaya BCA diwujudnyatakan melalui program Bakti BCA dalam acara Seminar Makro Ekonomi di Era Digital 2018 yang diikuti oleh 100 orang pengusaha UMKM dari kota Bandung.
Hadir untuk membuka acara ini adalah Adviser UMKM & SME Kantor Wilayah (Kanwil) I BCA Bandung Alexander Lee, Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Ira Bachtar dan Vice President Divisi Bisnis Kecil & Menengah (DBKM) Ade Bachtiar. Mengangkat tema ‘Makro Ekonomi di Era Digital’, seminar ini menghadirkan narasumber Ekonom BCA David Sumual di Bandung, Rabu (28/03).
“BCA terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat agar mampu bertumbuh dan maju secara mandiri. Beragam program telah kami persiapkan untuk mendukung komitmen tersebut. Melalui program yang berkelanjutan seperti seminar dan pelatihan, BCA senantiasa berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku UKM agar dapat mengembangkan usahanya dalam jangka panjang” ujar Alex.
Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan antara lain memberikan konsultasi dan pelatihan mengenai Laporan keuangan sederhana dan perpajakan bagi UMKM. Kali ini, BCA memfasilitasi para pelaku UKM di Kota Bandung dengan seminar Makro Ekonomi di Era Digital, marketing online, sharing session debitur UMKM dan praktek foto produk.
Alex menambahkan, komitmen BCA mengembangkan UKM di Kota Bandung ini lahir dari keinginan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia yang dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan pelaku usaha mikro dan kecil. Seminar Bisnis bagi Pelaku UMKM tersebut digelar juga dalam rangka menggarap potensi penyaluran kredit di sektor UMKM. Tahun ini, rasio penyaluran kredit UMKM ditargetkan mencapai 20 persen dari total porfotolio kredit BCA. Tahun 2017 lalu, kredit komersial serta usaha kecil dan menengah (UKM) yang disalurkan BCA mencapai Rp 167,49 triliun atau tumbuh 10,3% (yoy).
“Saat ini pemberdayaan UMKM juga dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Indonesia. Besar harapan kami, Seminar ini dapat mendulang kontribusi BCA dalam mengembangkan UMKM di Indonesia sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, memerangi kemiskinan, dan menciptakan produk-produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri,” tutup Alex.
BCA Gelar Seminar Makro Ekonomi di Era Digital - Ekonom BCA David Sumual memberikan pemaparan mengenai perkembangan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada acara Seminar ‘Makro Ekonomi di Era Digital’ yang diikuti oleh 100 orang pengusaha UMKM dari kota Bandung di Hotel Grand Tebu, Bandung, Rabu (28/03). Selain itu, para pelalu UMKM juga memperoleh penjelasan mengenai laporan keuangan sederhana dan perpajakan hingga praktek foto produk.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2017)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2017, BCA melayani lebih dari 17 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.235 kantor cabang, 17.658 ATM dan lebih dari 470 ribu mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id