Belitung Barat, 1 Februari 2018 - Selain memberikan layanan dan solusi perbankan terbaik, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga berkomitmen untuk meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia. BCA mewujudnyatakannya dengan menggelar Pelatihan Layanan Prima bagi para pengurus desa dan komunitas lainnya di Kabupaten Belitung Barat, khususnya Desa Juru Seberang, Desa Bukit Peramun, Desa Terong, Desa Batu Bedil, Desa Sijuk Koale.
Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati bersama Vice President CSR Ira Bachtar membuka Pelatihan Layanan Prima bagi para pengurus desa di Kabupaten Belitung Barat di Hotel Santika Sijuk, Belitung, Kamis (01/02). Turut hadir dalam pelatihan diantaranya Ketua Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong M. Ubaidillah. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini digelar agar para pengurus desa di Kabupaten Belitung Barat memiliki pedoman dalam menghadirkan pelayanan yang unggul kepada wisatawan.
“Pelatihan Layanan Prima ini digelar sebagai wujud kepedulian BCA kepada masyarakat. Sama seperti Kabupaten Belitung Timur yang telah terlebih dahulu mengikuti pelatihan pada Agustus 2017 lalu, kami melihat Kabupaten Belitung Barat memiliki daya tarik tersendiri melalui beragam destinasi wisata alam yang indah. Karenanya, BCA ingin mendampingi desa-desa di Kabupaten Belitung Barat dalam memaksimalkan potensi pariwisata yang ada, salah satunya melalui pelayanan yang prima kepada wisatawan,” ujar Inge.
Inge melanjutkan, pelatihan layanan prima ini juga diharapkan mampu berkontribusi memicu kreativitas peluang usaha bagi masyarakat lokal, memberikan ide varian baru dalam atraksi wisata, dan akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong pembangunan di tingkat desa yang berdampak memakmurkan masyarakat daerah.
Pelatihan Layanan Prima ini merupakan program pengembangan Sumber Daya Manusia yang perdana diselenggarakan oleh Bakti BCA di Kabupaten Belitung Barat dan dihadiri oleh 30 pengurus dari lima komunitas dari Desa Wisata Juru Seberang, Desa Bukit Peramun, Desa Terong, Desa Batu Bedil, dan Desa Sijuk Koale, serta tiga komunitas desa wisata dari Kabupaten Belitung Timur, yakni Desa Cendil, Desa Senyubuk, dan Desa Limbong.
Pelatihan ini merupakan kelanjutan program kerja sama antara BCA, Yayasan ITB 81, dan Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong dalam pengembangan kapasitas, pelatihan, dan pendampingan masyarakat pengelola wisata agar mampu memberikan pelayanan berkelas dunia. Sebelumnya, BCA secara berkesinambungan juga telah mengadakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat lokal di sejumlah Desa Wisata Binaan. Beberapa inisiatif dilakukan, diantaranya: Pelatihan Layanan Prima, Pelatihan Marketing Online, Pelatihan Leadership, dan Pelatihan Team Building kepada segenap pengurus Desa Wisata Binaan BCA.
“Besar harapan kami, Pelatihan Layanan Prima ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan para pengurus desa di Kabupaten Belitung Barat mengenai keterampilan mengelola atraksi wisata berdasar kepada prinsip geopariwisata yakni pelestarian alam dan pemanfaatan bagi masyarakat,” tutup Inge.
BCA Gelar Pelatihan Desa Wisata Belitung Barat – Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Inge Setiawati (tengah kanan bawah) dan Vice President CSR BCA Ira Bachtar (kiri bawah) berfoto bersama pengurus desa wisata usai membuka Pelatihan Membangun Layanan Prima Desa Wisata Belitung Barat di Hotel Santika Sijuk, Belitung, Kamis (01/02). Pelatihan ini merupakan bukti nyata komitmen BCA dalam mendampingi desa-desa di Kabupaten Belitung Barat. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, pengurus desa wisata dapat memaksimalkan potensi pariwisata mereka, salah satunya melalui pelayanan yang prima kepada wisatawan.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2017)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2017, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 16 juta rekening nasabah melalui 1.225 cabang, 17.314 ATM dan lebih dari 460 ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id