Kembali ke Pressroom
18 Okt 2021

Cegah Kebutaan Akibat Katarak, BCA dan Perdami Gelar Operasi Katarak Gratis

Ciamis, 18 Oktober 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bagian dari masyarakat telah konsisten mengadakan bakti sosial operasi katarak di tanah air. Berkolaborasi dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) Pusat kali ini BCA mengadakan operasi katarak gratis di RS Dadi Keluarga Ciamis.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dihadiri oleh Kepala KCU Tasikmalaya Hendri Darmin. Hadir pula pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kab. Ciamis Dr. H. Yoyo M.M.Kes, Dr Bangkit Damayanti, SpM SPBK Perdami, dan Direktur RS. Dadi Keluarga Ciamis dr. H. Muhamad Ikbal M.M, beserta dengan segenap pengurus dari Perdami Pusat dan Perdami Jabar. Operasi katarak di RS Dadi Keluarga Ciamis ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, yakni dari tanggal 18 Oktober hingga 20 Oktober 2021.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes menunjukan bahwa angka kebutaan di Indonesia mencapai 3% dan sebanyak 81% disebabkan oleh katarak. Mencermati angka tersebut, tentunya telah menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk bersama mencegah terjadinya kebutaan akibat katarak.

“Katarak bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh, butuh pencegahan dan juga penanggulangan yang serius agar angka kebutaan di Indonesia pun tidak meningkat. BCA berkomitmen untuk membantu saudara-saudara yang menderita katarak namun terbatas biaya untuk melakukan operasi. Penyelenggaraan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian BCA bagi seluruh pasien yang mengidap katarak khususnya yang berada di Ciamis. Tahun ini kami menargetkan 150 pasien akan dioperasi katarak melalui penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini,” ungkap Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA.

Sebagai informasi, BCA telah bersinergi dengan Perdami sejak tahun 2001 dan telah berhasil melakukan operasi katarak terhadap 5.763 pasien katarak. Selain bakti sosial operasi katarak BCA juga memberikan dukungan penyediaan alat – alat operasi katarak untuk SPBK PERDAMI, dan beberapa Perdami Cabang untuk mempercepat pemberantasan buta katarak. Operasi ini pun turut melibatkan enam dokter spesialis mata yang didampingi oleh asisten dokter untuk menangani sekitar 150 pasien. Di sisi lain, pada tahun 2019, BCA juga telah menyumbang donasi 1 buah mikroskop dan instrumen katarak kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat , donasi 1 buah mikroskop kepada Perdami Cabang DKI Jakarta, dan dukungan pembelian donasi 1 mesin phacoemulsifikasi kepada perwakilan Perdami Cabang Riau.

Hendri Darmin, mengungkapkan bahwa operasi katarak ini merupakan kegiatan yang mulia dan memberikan harapan bagi banyak warga Ciamis yang terhalang biaya untuk melakukan operasi. Ia pun turut berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan diberbagai wilayah lain di tanah air.

“Sebagai institusi perbankan yang turut menaruh perhatian pada ranah kesehatan, BCA tentu mendukung penuh gerakan bebas katarak bagi masyarakat di Indonesia. Kami berharap aksi ini dapat memberikan nilai positif dan mengajak seluruh lini dan masyarakat agar bahu membahu dalam membantu sesama yang membutuhkan,” tutup Inge Setiawati.

Operasi Katarak Bakti BCA - Kepala KCU Tasikmalaya Hendri Darmin meninjau langsung penyelenggaraan operasi Katarak di RS Dadi Keluarga Ciamis pada Senin (18/10). Operasi ini pun turut melibatkan enam dokter spesialis mata yang didampingi oleh asisten dokter untuk menangani sekitar 150 pasien.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2021)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.013 kantor cabang, 17.721 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA