Kembali ke Pressroom
14 Okt 2021

Komitmen BCA Dukung Habitat Orang Utan Melalui Virtual “Lihat Dari Rumah”

Jakarta, 14 Oktober 2021 – Kelestarian lingkungan hidup dapat tercermin dari harmonisasi mahluk hidup yang tinggal dalam ekosistem tersebut. Salah satunya adalah keselarasan antara fauna di dalamnya dan juga berbagai flora yang ada. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) pun turut mengambil bagian dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup salah satunya adalah melalui program corporate social responsibility Bakti BCA. Komitmen ini dilakukan dengan dukungan untuk pelestarian habitat orangutan yang bekerjasama dengan Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOSF) sejak 2012 silam. 

Komitmen BCA dalam memperluas edukasi mengenai habitat orangutan pun kali ini diwujud nyatakan melalui serial LDR “Lihat Dari Rumah” spesial bersama dengan CEO BOS Foundation Dr. Ir. Jamartin Sihite dan BOSF Awareness Campaigner Richard Kyle. Virtual talkshow LDR tersebut disiarkan melalui kanal Instagram @goodlifebca dan Youtube SolusiBCA pada Pukul 19.00, Kamis (14/10). 

“Sejak tahun 2012, BCA telah berkomitmen untuk menyelamatkan habitat orangutan khususnya di wilayah Kalimantan. Seperti yang kita ketahui bersama, orangutan merupakan salah satu mahluk hidup yang memiliki kontribusi besar dalam kelestarian hutan. Indonesia sendiri menjadi negara yang memiliki habitat orangutan cukup banyak sekitar 90%. Tahun 2020 silam, BCA telah melakukan rehabilitasi terhadap 31 orangutan di Kalimantan,” ujar Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA. 

Melalui tayangan LDR ini kesadaran akan penyelamatan habitat orangutan kembali digaungkan meskipun di tengah pandemi COVID-19. Pentingnya menyelamatkan ini tidak lain karena peranan orangutan yang cukup dominan di hutan seperti membantu membuka tajuk hutan sehingga biji berkecambah dan membantu regenerasi hutan. Atas dasar tersebut juga, BOSF bersama BCA tidak pernah putus menyuarakan pentingnya rehabilitasi orangutan beserta penyelamatan habitatnya. 

“Penyelamatan orangutan dan habitatnya tidak dapat dilakukan BOSF sendiri, kita semua, baik itu NGO penyelamatan orangutan lainnya, pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah, privat sektor seperti BCA, maupun masyarakat umum, perlu bergandengan tangan agar penyelamatan orangutan dan habitatnya dapat terwujud dan dapat hidup berdampingan.” Ujar Dr. Ir. Jamartin Sihite. 

Menyelamatkan orangutan dan habitatnya bukan hanya tugas BOSF, tapi juga kita sebagai generasi muda. Sebagai manusia kita mungkin sering menjadi pemicu perusak keseimbangan alam, tetapi kita juga adalah harapan terakhir untuk memulihkan keharmonisan alam. Langkah yang paling mudah adalah merubah perilaku kita terhadap alam dan sekitarnya, berkomitmen untuk mempelajari lebih jauh tentang resikonya terhadap satwa liar dan habitatnya serta mengurangi jejak karbon kita untuk menjaga bumi tetap sehat. Sebab apa yang kita lakukan sekarang akan berdampak pada generasi kita berikutnya. 

Dukungan BCA melalui program CSR Bakti BCA terhadap pelestarian dan pelepasliaran orangutan juga dilaksanakan pada tahun 2021 ini, setidaknya lima orangutan tahun ini telah di kembalikan ke habitatnya. Selain dukungan terhadap orangutan, Bakti BCA juga terlibat dalam konservasi lingkungan, di antaranya melalui kegiatan pelestarian 14.700 pohon mangrove, 2.100 pohon di area gambut, dan pelepasliaran 8.909 ekor tukik, dan mengembangkan 12 Desa Binaan BCA sebagai upaya melestarikan dan mengoptimalkan potensi desa untuk mewujudkan ketahanan ekonomi perdesaan yang berkelanjutan. 

 Virtual talkshow LDR sendiri merupakan inisiatif yang dilakukan oleh BCA di tengah pandemi COVID-19 untuk mengajak masyarakat mengenal lebih banyak kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia melalui tayangan virtual. Sejumlah tema besar telah diangkat dalam LDR seperti membahas mengenai desa wisata binaan BCA dengan serangkaian potensi wisatanya. 

“Semoga kehadiran tayangan ini kian menumbuhkan rasa awareness masyarakat akan pelestarian lingkungan hidup baik itu fauna maupun flora. Telah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan ciptaan Tuhan yang maha indah ini,” tutup Inge.

Talkshow Lihat Dari Rumah “Save Orangutan” - CEO BOS Foundation Dr. Ir. Jamartin Sihite (kanan) dan BOSF Awareness Campaigner Richard Kyle (tengah) mengutarakan pentingnya menjaga habitat orangutan dalam Talkshow “Lihat Dari Rumah” pada Kamis (14/10). BCA telah berkomitmen untuk mendukung pelestarian habitat orangutan yang bekerjasama dengan Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOSF) sejak 2012 silam.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2021)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.013 kantor cabang, 17.721 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA