Kembali ke Pressroom
24 Jul 2020

BCA Salurkan Donasi untuk Rumah Tidak Layak Huni di Surakarta

Surakarta, 24 Juli 2020 – Sebagai salah satu institusi keuangan di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan implementasi keuangan berkelanjutan. Melalui program CSR Bakti BCA, BCA berkontribusi terhadap lingkungan dan kelangsungan hidup masyarakat, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, hingga pemberdayaan masyarakat. Kali ini, program Bakti BCA memberikan bantuan rehabilitasi bagi rumah tidak layak huni di kawasan Semanggi, Surakarta. 

Bantuan berupa uang tunai senilai Rp100 juta diberikan oleh Kepala KCU Solo Slamet Riyadi Sabar Purnomo kepada Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani M.A di Pondok Persada Surakarta pada Jumat (24/07). Bantuan tunai tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada vendor yang ditunjuk oleh Pemerintah Kotamadya Surakarta yaitu CV Cipta Mandiri Tekindo yang akan mengerjakan pembangunan Rumah Kawasan Semanggi Surakarta. 

“Memiliki tempat tinggal yang layak pada dasarnya merupakan hak setiap manusia. Sayangnya, tidak semua orang mampu untuk membangun rumah yang termasuk dalam kategori layak huni. Untuk itu, BCA sebagai bank yang senantiasa di sisi masyarakat berinisiatif membantu untuk merehabilitasi rumah-rumah yang tidak layak huni melalui pemberian bantuan. Kami berupaya agar bantuan seperti ini dapat diberikan secara merata ke seluruh wilayah Indonesia, salah satunya kawasan Semanggi Surakarta ini,” ujar Sabar. 

Rumah layak huni bukan sekadar memiliki tanah luas atau bangunan yang megah. Menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), rumah yang layak huni harus memiliki konstruksi atap, lantai, dan dinding yang memenuhi persyaratan keselamatan serta kenyamanan; jaringan air bersih dari PDAM atau sumber air bersih yang berfungsi; utilitas jaringan listrik yang berfungsi; jalan lingkungan yang sudah diaspal dan berfungsi; saluran lingkungan yang telah selesai dan dipastikan dapat berfungsi; serta penyediaan septitank atau tempat pembuangan sanitasi yang berfungsi dengan baik, aman, dan tidak mencemarkan lingkungan.

“Kami berharap pemberian donasi pada hari ini dapat membantu masyarakat yang kurang beruntung memperoleh hunian layak. Bantuan dan perhatian akan terus BCA berikan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Sebelumnya, BCA juga telah memberikan bantuan untuk pembangunan Pasar Klewer dan Pasar Legi yang terbakar beberapa waktu lalu. Harapan kami tentunya bantuan ini semoga dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan,” tutup Sabar.

BCA Salurkan Donasi untuk Rumah Tidak Layak Huni di Surakarta - Kepala KCU Solo Slamet Riyadi Sabar Purnomo (ketiga kiri) secara simbolis menyerahkan donasi berupa uang tunai senilai Rp100 juta untuk rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni kepada Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani M.A (ketiga kanan) disaksikan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (kedua kanan) di Pondok Persada Surakarta pada Jumat (24/07). Berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap lingkungan dan kelangsungan hidup masyarakat, BCA melalui program Bakti BCA memberikan bantuan rehabilitasi bagi rumah tidak layak huni di kawasan Semanggi Surakarta. Bantuan tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada vendor yang ditunjuk oleh Pemerintah Kotamadya Surakarta untuk mengerjakan pembangunan rumah. Bantuan ini diharapkan dapat membantu serta memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi masyarakat.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2020)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & SME dan konsumer. Pada akhir Maret 2020, BCA melayani 22 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.252 kantor cabang, 17.607 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : humas@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA