Kembali ke Pressroom
25 Mar 2024

Kumpulkan 5.000 Botol Plastik di BCA Expoversary 2024, Bakti BCA Berkomitmen Lepaskan 500 Ekor Anak Penyu

Jakarta, 21 Maret 2024 – Selama empat hari pelaksanaan BCA Expoversary 2024 di ICE BSD, Tangerang, Bakti BCA berhasil mengumpulkan 5.000 sampah botol plastik atau setara dengan hampir 100 kilogram (kg). Pengumpulan sampah botol plastik dilakukan melalui penyediaan dua unit Mesin Daur Ulang Bakti BCA (Reverse Vending Machine/RVM), hasil kolaborasi Bakti BCA dengan Plasticpay.

Antusiasme tinggi pengunjung terhadap kehadiran dua unit RVM terlihat dari antrean yang mengular selama BCA Expoversary 2024 berlangsung. Melalui dua unit RVM tersebut, pengunjung diberi kesempatan untuk menukarkan sampah botol plastik menjadi poin yang dapat dikonversi menjadi pundi-pundi rupiah. Adapun seluruh sampah botol plastik yang terkumpul akan didaur ulang menjadi eco friendly fibers, sebagai bahan dasar produk-produk ramah lingkungan.

Sebagai tambahan, sepanjang pelaksanaan BCA Expoversary 2024, Bakti BCA mengusung campaign ”10 Bottles for 1 Egg”, yang artinya setiap 10 sampah botol plastik yang terkumpul di dua unit RVM akan digunakan untuk mendukung pelepasan 1 ekor anak penyu (tukik). Dengan 5.000 sampah botol plastik yang terkumpul, maka Bakti BCA berkomitmen mendukung pelepasan 500 ekor tukik.

Sejak lama, Bakti BCA telah mendukung pelestarian penyu di lautan Indonesia, bekerja sama dengan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) dan World Wildlife Fund (WWF). Dalam kurun waktu 2015-2023, BCA telah mendukung pelepasliaran lebih dari 24.000 tukik, adopsi dan relokasi 400 sarang penyu, serta menyelenggarakan sejumlah edukasi pelestarian penyu kepada masyarakat. 

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, "Kami sangat bersyukur melihat respons positif dan antusiasme yang ditunjukkan oleh pengunjung BCA Expoversary dalam mengambil bagian pada upaya pelestarian lingkungan ini. Pada BCA Expo kali ini, selain mendorong kesadaran masyarakat untuk berkontribusi pada upaya daur ulang sampah botol plastik, Bakti BCA juga mengkampanyekan pelestarian penyu. Secara simultan, kami ingin mendorong inisiatif pengurangan sampah plastik yang menjadi ancaman bagi lingkungan, bersamaan dengan konservasi penyu yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut.”

Sejak 2016, Bakti BCA juga mendukung BSTF dalam menciptakan ”Intan Box”, sebuah kotak yang berfungsi sebagai inkubator telur penyu. Dengan teknologi ini, telur-telur penyu menjadi lebih terlindungi dari ancaman predator, sekaligus mampu mengatur jenis kelamin tukik yang ditetaskan.

Keterangan Foto:

Komitmen Pelepasan Tukik dari Pengumpulan Sampah Plastik – Sejumlah pengunjung tampak sedang mengantre untuk membuang sampah botol plastik mereka ke Mesin Daur Ulang Bakti BCA yang tersedia di BCA Expoversary 2024. Melalui mesin tersebut, terkumpul 5.000 botol plastik yang siap didaur ulang. Selain menyediakan mesin tersebut, Bakti BCA mengusung campaign ”10 Bottles for 1 Egg”, yang artinya setiap 10 sampah botol plastik yang terkumpul di dua unit RVM akan digunakan untuk mendukung pelepasan 1 ekor anak penyu (tukik). Dengan 5.000 sampah botol plastik yang terkumpul, maka Bakti BCA berkomitmen mendukung pelepasan 500 ekor tukik.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2023, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 82 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.047 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id



Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA