Kembali ke Pressroom
25 Mei 2023

Program BCA Berbagi Ilmu Hadirkan Kuliah Umum Bertemakan “Resilience in the Era of Uncertainty” Bagi 600 Mahasiswa Universitas Hasanuddin

Makassar, 25 Mei 2023 - Program BCA Berbagi Ilmu memperluas jangkauan kegiatannya ke kota Makassar dengan melaksanakan kuliah umum di Universitas Hasanuddin (UNHAS). Mengusung tema “Resilience in The Era of Uncertainty”, Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Antonius Widodo hadir sebagai pembicara di hadapan hampir 600 mahasiswa UNHAS.

Pelaksanaan kuliah umum di UNHAS ini merupakan penutup dari rangkaian kuliah umum yang dilaksanakan di sejumlah universitas negeri, sebagai bagian dari program BCA Berbagi Ilmu. Kick-off program BCA Berbagai Ilmu dimulai bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2023 lalu, bersamaan dengan pelaksanaan kuliah umum di Universitas Indonesia. Kemudian, rangkaian kuliah umum dilanjutkan di Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan diakhiri di UNHAS. Sesi kuliah umum BCA Berbagi Ilmu dihadiri oleh anggota Direksi BCA sebagai pemateri dengan topik mulai dari literasi keuangan, kepemimpinan, hingga digitalisasi.

Hadir dalam pelaksanaan kuliah umum di UNHAS adalah Direktur BCA Antonius Widodo, Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, Executive Vice President Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, dan Kepala Kantor Wilayah IV BCA Tan Widy Tarmizi.

Dalam kuliah umum yang disampaikan, Antonius Widodo menjelaskan bahwa di tengah era yang penuh dengan ketidakpastian, dibutuhkan mental yang kuat untuk dapat mengikuti arus perubahan yang datang. Jika mengambil BCA sebagai contoh, BCA senantiasa beradaptasi dengan tren digitalisasi, terutama untuk menjawab kebutuhan dan perilaku para nasabah. “Aktivitas digital sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan hal ini dapat dilihat dari transaksi yang terekam di BCA. Hampir 99,7% transaksi terjadi secara digital, di antaranya 91% melalui mobile banking dan internet banking, serta 8,7% melalui ATM dan EDC. Artinya, hampir seluruh transaksi sudah dilakukan secara digital. Hanya 0,3% transaksi terekam melalui kantor-kantor cabang,” papar Antonius Widodo.

Di sisi lain, BCA terus beradaptasi dengan menggabungkan teknologi dan sentuhan manusia demi mendukung kebutuhan para nasabah dengan terus melahirkan inovasi digital dan membuka layanan kantor cabang. Antonius Widodo mengungkapkan, “BCA tidak pernah berhenti membuka layanan kantor cabang. Belum lama ini kami membuka cabang di Mamuju, Sulawesi Barat, dan sebelumnya di Bima, Nusa Tenggara Barat. Kami menyadari bahwa transaksi itu sekarang arahnya ke digital, tapi kami juga sadar bahwa kantor layanan dan digital itu saling melengkapi. Kami menyadari bahwa sebagian nasabah juga membutuhkan human touch.”

Berbekal semangat #GenerasiPastiBisa, program BCA Berbagi Ilmu merupakan bentuk nyata dari komitmen BCA dalam mendukung Indonesia mengejar Sustainable Development Goals (SDGs). BCA Berbagi Ilmu juga memiliki misi untuk mewujudkan pemerataan pendidikan serta literasi keuangan di kalangan generasi muda yang akan berada pada masa puncak Bonus Demografi tahun 2030 mendatang.

Program BCA Berbagi Ilmu juga akan menghadirkan kegiatan “Student Banking Touryang akan mengajak sejumlah siswa belajar mendalami materi perbankan seraya berkunjung langsung ke kantor cabang BCA. Ada pula kegiatan bertajuk “I'm Capable” yang bertujuan mendorong pendidikan inklusif dan ramah disabilitas khusus mengenai materi keuangan dan pelatihan kepada kaum disabilitas.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menambahkan, "BCA Berbagi Ilmu secara khusus kami ramu untuk mendukung kemajuan pendidikan yang inklusif demi mencetak SDM unggul di Indonesia. BCA percaya investasi terbaik bagi generasi muda dalam bentuk pendidikan, pengembangan kapasitas diri. Oleh karena itu, BCA terus berkomitmen untuk terus mendukung agar kelak mereka menjadi #GenerasiPastiBisa."

BCA Berbagi Ilmu: Teknologi dan Sentuhan Manusia Berdampingan Lengkapi Layanan Perbankan - Direktur BCA Antonius Widodo (kelima dari kanan) memberikan kuliah umum bertajuk “Resilience in The Era of Uncertainty”. Program BCA Berbagi Ilmu telah sukses menyelenggarakan rangkaian kuliah umum di 5 universitas negeri tanah air, dengan ditutup di Universitas Hasanuddin, Makassar. Direktur BCA Antonius Widodo menyapa sekaligus memberikan kuliah umum kepada hampir 600 mahasiswa di Auditorium Prof. A. Amiruddin, Universitas Hasanuddin. Acara turut dihadiri Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc (tengah), Executive Vice President Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn (kelima dari kiri), dan Kepala Kantor Wilayah IV BCA Tan Widy Tarmizi (keempat dari kanan).

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2023, BCA melayani lebih dari 36 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 77 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.348 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA