Kembali ke Pressroom
25 Mei 2023

BCA Ajak 130 Siswa SMA dan SMK di Bandung Lihat Langsung Kegiatan Perbankan Sekaligus Berikan Pelatihan Literasi Keuangan


Bandung, 25 Mei 2023 - Sebagai bentuk komitmen BCA dalam meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar, BCA mengundang sekitar 130 siswa/siswi dari SMA Kristen Bina Bakti 1,2,3 Bandung dan SMK Negeri 1 Bandung ke KCU BCA Dago, untuk merasakan langsung kegiatan operasional perbankan melalui kegiatan “Student Banking Tour”. Selain merasakan dan melihat langsung aktivitas para insan BCA, para siswa juga mendapat materi tentang literasi keuangan, mulai dari pengenalan pengelolaan tabungan, investasi, hingga membangun pola pikir yang cerdas dalam mengelola keuangan pribadi.

Membawa semangat #GenerasiPastiBisa, kegiatan “Student Banking Tour” merupakan rangkaian program BCA Berbagi Ilmu yang telah dilaksanakan BCA sejak awal Mei 2023. BCA Berbagi Ilmu merupakan bentuk nyata dari komitmen Bakti BCA dalam mendukung Indonesia mengejar Sustainable Development Goals (SDGs) serta pemerataan pendidikan dan literasi keuangan generasi muda, khususnya dalam menghadapi masa puncak Bonus Demografi pada 2030 mendatang.

“Kami sangat senang menyambut para siswa SMAK Bina Bakti dan SMK Negeri 1 Bandung di kantor kami dalam program Student Banking Tour. Saya juga berterima kasih atas antusias dari seluruh siswa yang berpartisipasi. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan wawasan yang berharga kepada generasi muda mengenai pentingnya literasi keuangan. Kami berkomitmen untuk terus memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan dan perbankan serta mendukung pengembangan potensi para siswa untuk menjadi #GenerasiPastiBisa," ungkap Kepala KCU BCA Dago, Andre Soetejo.

Pada kesempatan ini, para peserta juga mendapatkan sosialisasi mengenai program beasiswa Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) yang baru saja dibuka BCA untuk tahun ajaran 2024. Kedua program beasiswa ini merupakan program unggulan BCA dalam hal pendidikan yang berfokus pada bidang perbankan, yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi terkemuka. Program beasiswa PPBP dan PPTI berlangsung selama 2,5 tahun, dan bertempat di BCA Learning Institute, Sentul.

Sebagai informasi, pada tahun 2022 tercatat bahwa alumni PPBP yang bergabung dengan BCA mencapai 95% dari alumni yang lulus tahun tersebut. Bahkan, di periode yang sama, alumni PPTI yang bergabung dengan BCA mencapai 100% dari alumni yang lulus. 

Selain “Student Banking Tour”, program BCA Berbagi Ilmu telah menyelenggarakan serangkaian kuliah umum di 5 Universitas ternama di Indonesia, yakni di Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Hasanuddin. Dimulai bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2023 lalu, rangkaian kuliah umum ini menghadirkan anggota Direksi BCA sebagai pemateri yang memberikan berbagai topik, mulai dari literasi keuangan, kepemimpinan, hingga digitalisasi. Ke depan, program BCA Berbagi Ilmu juga akan menggelar kegiatan bertajuk “I'm Capable” yang bertujuan mendorong pendidikan inklusif dan ramah disabilitas.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn mengatakan, "BCA Berbagi Ilmu secara khusus kami persiapkan untuk mendukung kemajuan pendidikan yang inklusif demi mencetak SDM unggul di Indonesia. Bakti BCA percaya investasi terbaik bagi generasi muda dalam bentuk pendidikan, pengembangan kapasitas diri. Oleh karena itu, Bakti BCA terus berkomitmen untuk terus mendukung agar kelak mereka menjadi #GenerasiPastiBisa."

Keterangan Foto :

Meningkatkan literasi keuangan lewat "Student Banking Tour" – Kepala KCU BCA Dago, Andre Soetejo menjelaskan sejarah dan nilai-nilai yang dianut BCA, sekaligus pengetahuan operasional perbankan dan literasi keuangan, kepada siswa SMA Kristen Bina Bakti 1,2,3 Bandung dan SMK Negeri 1 Bandung dalam kegiatan bertajuk “Student Banking Tour” di Kantor Cabang Utama (KCU) Dago, Bandung Jawa Barat, Kamis (25/5).Sebagai bentuk komitmen BCA dalam meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar, BCA mengundang sekitar 130 siswa/siswi SMA dan SMK untuk merasakan langsung kegiatan operasional perbankan melalui kegiatan “Student Banking Tour”. Membawa semangat #GenerasiPastiBisa, kegiatan ini merupakan rangkaian program BCA Berbagi Ilmu yang telah dilaksanakan BCA sejak awal Mei 2023. BCA Berbagi Ilmu merupakan bentuk nyata dari komitmen Bakti BCA dalam mendukung Indonesia mengejar Sustainable Development Goals (SDGs) serta pemerataan pendidikan dan literasi keuangan generasi muda khususnya dalam menghadapi masa puncak Bonus Demografi pada 2030 mendatang.

##

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2023, BCA melayani lebih dari 36 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 77 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.348 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA