Kembali ke Pressroom
14 Mar 2023

Kini, Warga Pedukuhan Gunung Cilik - Bantul, Tak Lagi Kesulitan Air Bersih Berkat Instalasi Air Bersih Bakti BCA


Yogyakarta, 14 Maret 2023 - Sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) hari ini meresmikan instalasi air bersih di Pedukuhan Gunung Cilik, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Berlokasi di lereng pegunungan perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul, ketersediaan air bersih merupakan masalah untuk warga Pedukuhan Gunung Cilik. Kondisi geografis daerah perbukitan dan sumber mata air yang berada jauh di luar Pedukuhan Gunung Cilik, menyebabkan area ini rentan kekeringan air, terutama ketika musim kemarau tiba.

Selama ini, masyarakat harus mengandalkan sumur gali milik warga yang biasanya mengalami kekeringan saat musim kemarau atau mengandalkan bantuan distribusi air dari donatur pihak ketiga dengan menggunakan tangki air.

Menyadari hal ini, BCA bersama dengan Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) mengambil langkah aktif dengan membantu pembangunan instalasi air bersih. Mulai dibangun pada 2022, harapannya instalasi ini dapat menjaga ketersediaan air bersih untuk 70 kepala keluarga di Pedukuhan Gunung Cilik.

Hadir dalam peresmian Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Yogyakarta Budiharto Setyawan, Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, Ketua Umum PPBI Aslim Tadjuddin beserta segenap manajemen BCA di Kabupaten Bantul, Senin (13/3).

“Air bersih adalah sebuah kebutuhan dasar yang sangat penting menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Bagi masyarakat perkotaaan, ketersediaan air bersih adalah suatu hal yang lumrah. Namun, ironisnya meski hanya berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Yogyakarta, warga di Pedukuhan Gunung Cilik masih mengalami kesulitan untuk memperoleh air bersih setiap tahunnya, terlebih saat musim kemarau. Oleh karena itu, BCA mengambil inisiatif untuk membangun instalasi air bersih untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat sekitar,” tutur Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo.

Ketua Umum Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) DR Aslim Tadjuddin mengatakan, “Kami berharap instalasi air bersih ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Pedukuhan Gunung Cilik sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup serta menjaga kesehatan mereka.”

Pembangunan instalasi air bersih di Pedukuhan Gunung Cilik merupakan salah satu kegiatan Bakti BCA. Sebelumnya, Bakti BCA turut membantu pembangunan instalasi air bersih di beberapa wilayah, antara lain Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Instalasi Air Bersih dari Bakti BCA untuk Bantul - Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih (kedua kiri), Komisaris Independen BCA, Cyrillus Harinowo (kedua kanan), Ketua Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia Aslim Tadjuddin (tengah), Kepala Kantor Perwakilan BI Yogyakarta Budiharto Setyawan (kiri) dan Pengurus Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia Pusat, Soehadianto (kanan) bersama meresmikan instalasi air bersih di Pedukuhan Gunung Cilik, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Instalasi air bersih diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup warga Pedukuhan Gunung Cilik serta menjaga kesehatan mereka.

##

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2022, BCA melayani hampir 35 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 66 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.268 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

 

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA