Yogyakarta, 27 September 2022 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus memenuhi komitmen dalam program pemberdayaan masyarakat. Komitmen ini diwujudkan salah satunya dengan penyelenggaraan pelatihan pengelolaan homestay bagi para pengurus homestay di Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta pada (27/09).
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Operasi BCA Cabang Yogyakarta Albert Ramali Kegiatan ini diikuti oleh 47 pengelola homestay Desa Wisata Pentingsari. Ada pun tujuan diadakan pelatihan ini agar para peserta mampu untuk meningkatkan standar kualitas pelayanan homestay dengan memahami prinsip-prinsip, melatih kreativitas serta penajaman problem solving yang dihadapi selama mengelola homestay.
Albert mengatakan, BCA menyadari potensi wisata yang dimiliki oleh Yogyakarta sangat besar. Maka dari itu, diperlukan skill SDM sekitar yang mumpuni untuk meningkatkan kualitas sehingga dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Pelatihan ini juga salah satu upaya BCA dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, perbaikan kondisi lingkungan hidup dan kegiatan lain yang mendukung SDGs dengan diimplementasikan melalui Solusi Bisnis Unggul.
BCA menggandeng Business Wisdom Institute untuk membantu membekali peserta agar dapat meningkatkan kreativitas sehingga dapat menciptakan inovasi dan siap menghadapi persaingan. Selain itu, peserta diharapkan dapat membangun komunikasi yang kuat antar elemen desa wisata sehingga dapat mengatasi perbedaan kepentingan maupun konflik yang terjadi.
Sebagai tambahan informasi, melalui pilar Solusi Bisnis Unggul, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BCA telah membina UMKM, komunitas dan desa yang memiliki potensi pariwisata dan edukasi budaya. Dari BCA Desa Wisata Awards yang diadakan pada 2021, memberikan kesempatan bagi desa wisata di Indonesia untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata yang dimiliki. Saat ini terdapat 15 desa wisata binaan Bakti BCA yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat.
“Melalui pelatihan dan pendampingan seperti ini, kami yakin dapat memacu semangat pengurus desa dan masyarakat lokal di Yogyakarta untuk menciptakan destinasi hunian wisata yang sustainable. Berbagai program inisiatif yang dihadirkan oleh BCA merupakan perwujudan dari pilar-pilar Environtmental, Social & Governance (ESG) untuk memacu realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Semoga dari pendampingan seperti ini dapat mendorong perekonomian daerah Yogayakarta yang maju dan memiliki daya saing,” tutup Anggardini.
BCA Gelar Pelatihan Pengelolaan Homestay Desa Wisata Pentingsari - Trainer Bussines Wisdom Institute Made Muku (ketujuh kanan) beserta para pengurus homestay Desa Wisata Pentingsari dalam kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Pelatihan yang berlangsung selama satu hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, memahami prinsip-prinsip, melatih kreatifitas dan problem solving yang dihadapi dalam mengelola homestay. BCA senantiasa memberikan pendampingan kepada pengurus serta pengelola Desa Wisata guna mendorong pemulihan sektor pariwisata setempat.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2022)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2022, BCA melayani sekitar 31 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 62 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.065 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id