Kembali ke Pressroom
26 Sep 2022

Kolaborasi BCA dan Bank DKI, Nasabah Bank DKI Bisa Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM BCA

Jakarta, 26 September 2022 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjalin kerja sama dengan PT Bank DKI dalam rangka memanfaatkan jaringan ATM setor dan tarik tunai (Cash Recycling Machine/CRM) BCA untuk memenuhi kebutuhan setor tarik tunai tanpa kartu nasabah Bank DKI. Dengan kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat melakukan setoran dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA di manapun dalam waktu dekat.

Kerja sama tersebut ditandai dengan seremoni penandatangan kesepakatan yang dilakukan Direktur BCA Santoso dan Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono, di Jakarta, pada Senin (26/9). Turut hadir dalam seremoni Direktur BCA Rudy Susanto, Direktur BCA Antonius Widodo, Direktur Kepatuhan Bank DKI Ateng Rivai, dan Senior EVP Treasury & International Banking BCA Branko Windoe.

Santoso mengatakan, kebutuhan untuk setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM masih terbilang tinggi karena tidak semua transaksi dilakukan secara digital. Selain memberikan layanan kepada nasabah BCA, jaringan ATM BCA dapat juga dimanfaatkan oleh bank atau institusi keuangan lain sesuai dengan ketersediaan fitur, layanan, dan kebutuhan.

“Kami menyambut baik kerja sama ini sebagai bagian dari upaya memberikan layanan terbaik, tidak hanya bagi nasabah BCA, tetapi juga nasabah dari bank lain, seperti Bank DKI. Dengan adanya kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat memanfaatkan 16.839 jaringan ATM BCA yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara untuk melakukan setoran dan penarikan dana tunai sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Santoso.

Santoso menambahkan, kolaborasi antara BCA dan Bank DKI menjadi salah satu perwujudan ekosistem layanan antar bank sesuai kebutuhan masing-masing pihak. Dengan saling melengkapi, baik BCA maupun Bank DKI menerima benefit dari efektivitas operasional sekaligus menawarkan opsi layanan terbaik kepada masing-masing nasabah.

Seperti diketahui, BCA memiliki dua jenis ATM, yaitu ATM Tarik Tunai dan ATM Multi fungsi. Sesuai dengan jenisnya, layanan setor tunai tanpa kartu hanya dapat dilakukan pada ATM jenis multifungsi, sedangkan layanan tarik tunai tanpa kartu dapat dilakukan melalui ATM Tarik Tunai dan Multi fungsi. ATM setor dan tarik tunai dapat menerima denominasi uang pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu, dengan jumlah setoran maksimal 100 lembar. Dengan layanan setor tunai, saldo nasabah otomatis akan langsung efektif.

Sementara itu, Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara Bank DKI dan BCA dalam pemanfaatan jaringan ATM Setor Tarik (Cash Recycling Machine/CRM) BCA untuk memenuhi kebutuhan setor tarik tunai tanpa kartu nasabah Bank DKI.

“Melalui layanan mobile cash, dalam waktu dekat ini nasabah Bank DKI dapat melakukan transaksi tarik dan setor tunai tanpa menggunakan kartu ATM melalui aplikasi JakOne Mobile. Implementasi Layanan digital mobile cash melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI tersebut juga merupakan perwujudan dari transformasi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh Bank DKI. Ini adalah langkah adaptif kami (Bank DKI) dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola perilaku nasabah yang semakin bergerak ke arah digital.”

Amirul juga mengajak masyarakat untuk dapat bertransaksi menggunakan super app JakOne Mobile yang kini telah hadir versi terbarunya, sebagai upaya Bank DKI dalam menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah. Dengan versi terbaru JakOne Mobile yang lebih intuitif dan fitur tampilan UI/UX yang lebih menarik, nasabah Bank DKI diharapkan dapat merasakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal mulai dari pembukaan rekening tabungan secara online dimana saja dan kapan saja, bayar bermacam tagihan dan belanja online, transaksi QRIS, transfer antar bank, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga pembukaan deposito online.

Untuk kebutuhan setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA, nasabah Bank DKI harus melakukan permintaan (request) melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI. Dari permintaan tersebut, nasabah Bank DKI akan mendapat nomor identifikasi dan kode transaksi. Nasabah Bank DKI wajib menginput nomor identifikasi dan kode transaksi tersebut pada ATM BCA, sebelum akhirnya dapat menggunakan layanan setor dan tarik tunai tanpa kartu di CRM tersebut.

Seremoni Penandatanganan Kerja Sama Antara BCA dan Bank DKI - Direktur BCA Santoso (kiri) dan Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono (kanan) di tengah acara Penandatanganan Kerja Sama Setor dan Tarik Tunai Di Jaringan ATM. BCA menjalin kerja sama dengan Bank DKI dalam rangka memanfaatkan jaringan ATM setor dan tarik tunai (Cash Recycling Machine/CRM) BCA untuk memenuhi kebutuhan setor tarik tunai tanpa kartu nasabah Bank DKI. Dengan kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat melakukan setoran dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA di manapun dalam waktu dekat.

Kerja Sama Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu Pada Jaringan ATM BCA Antara BCA dan Bank DKI - (kiri ke kanan) Senior EVP Treasury & International Banking BCA Branko Windoe, Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono, Direktur BCA Rudy Susanto, Direktur BCA Santoso, Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono, Direktur Kepatuhan Bank DKI Ateng Rivai di tengah acara Penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM BCA antara BCA dan Bank DKI di Jakarta, Senin (26/09). Kolaborasi antara BCA dan Bank DKI menjadi salah satu perwujudan ekosistem layanan antar bank sesuai kebutuhan masing-masing pihak sekaligus sebagai upaya Bank DKI dalam menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2022, BCA melayani sekitar 31 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 62 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.065 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 20
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Tentang PT Bank DKI

Bank DKI merupakan salah satu Bank Pembangunan Daerah terkemuka di Indonesia dengan penerapan bisnis terbaik serta dukungan penuh dari pemegang saham utama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan visinya untuk “Menjadi Bank Pilihan untuk Jakarta yang Maju dan Sejahtera”, Bank DKI terus memantapkan komitmennya menjadi Bank yang mendapat kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan ekosistem yang modern dan kompetitif, berkolaborasi dan bersinergi dengan BUMD dan value chainnya serta berperan aktif dalam mendukung Program Pemprov DKI Jakarta menjadi kota yang tumbuh, berkembang dan sejahtera.

Bank DKI juga terus melakukan pengembangan terhadap berbagai produk digital yang dimiliki sehingga dapat lebih meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bertransaksi. Melalui pengembangan aplikasi New Jakone Mobile, Bank DKI menghadirkan tampilan yang lebih menarik dan user friendly serta fitur yang semakin lengkap, mulai dari pembayaran bermacam tagihan dan belanja online, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito dan pembukaan rekening tabungan secara online serta transaksi Scan by QRIS. Atas upayanya tersebut, pada tahun 2022 Bank DKI juga masuk ke dalam daftar 15 Bank Terbaik di Indonesia sekaligus masuk dalam jajaran World’s Best Banks atau Bank Terbaik di Dunia tahun 2022 versi Majalah Forbes.

Media Contact:

Danny Febrian

Asisten Manajer Dept. Komunikasi Eksternal

Sekretaris Perusahaan

PT Bank DKI

No Handphone 0878-0851-0775

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA