Kembali ke Pressroom
17 Sep 2022

Kembangkan Potensi Wisata di Pulau Belitong, BCA Gelar Pelatihan Hingga Luncurkan Web Booking Bukit Peramun


Belitong, 17 September 2022 – Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang potensial dan startegis dalam pengembangan perekonomian nasional dan daerah. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai perbankan nasional, senantiasa memberikan nilai tambah kepada masyarakat terutama pada pengurus desa wisata Bukit Peramun dengan menfasilitasi peluncuran Web Booking pada 19 September di Belitung. Dalam kesempatan ini juga, BCA melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menghadirkan “Pelatihan Standar Layanan Desa Wisata” untuk para pengurus desa wisata Kelubi yang digelar pada 16-17 September di Belitung Timur disertai dengan “Pelatihan Manajemen Keuangan” bagi 30 pelaku UMKM di Belitung 20 September.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung secara offline dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi pada Jumat (16/09) dan Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Belitung Budi Swastakartiman pada Selasa (20/09). Di kesempatan terpisah, BCA juga meresmikan peluncuran Web Booking yang bertujuan untuk memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bukit Peramun untuk memesan beragam fasilitas hingga paket wisata. Peluncuran ini juga dihadiri oleh Vice President SKCSR Ira Bachtar bersama Wakil Bupati Belitung Isyak Meroebi, S.Sn pada Senin (19/09). 

“Sektor pariwisata memiliki peranan penting sebagai salah satu sektor yang dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional. Sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk menciptakan Desa Wisata Bukit Peramun menjadi desa yang maju terdepan serta memiliki daya saing. Web Booking Bukit Peramun menjadi salah satu platform penunjang untuk mempermudah para wisatawan untuk berwisata. Diharapkan ini dapat menjadi bekal untuk masa depan Desa Wisata Bukit Peramun. Semoga berkat adanya peluncuran Web Booking ini turut mendorong peningkatkan kesejahteraan para pengurus,” ujar Ira.

Ira turut menekankan bahwa perekonomian suatu daerah maupun keseluruhan suatu wilayah dapat berkembang dan memiliki daya saing jika didukung oleh kapasitas sumber daya manusia yang mumpuni serta teknologi yang membantu menopang seluruh elemen. “Untuk dapat menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan memiliki daya saing dibutuhkan sumber daya unggul yang dapat mendongkrak pertumbuhan bisnis. Program desa wisata yang dihadirkan oleh BCA menjadi solusi bagi desa yang sedang berkembang membangun ekosistem pariwisata yang menarik. BCA pun senantiasa memberikan pendampingan untuk menumbuhkan optimisme pengurus desa dalam menciptakan sumber daya unggul. Program wisata yang berkualitas mampu mendorong perekonomian desa juga.”

Sebagai tambahan informasi, Desa Wisata Kelubi dan Bukit Peramun merupakan bagian dari Desa Wisata Binaan Bakti BCA. Saat ini terdapat 15 desa wisata binaan Bakti BCA yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen BCA untuk membantu menggali potensi-potensi yang dimiliki desa wisata di Indonesia, salah satunya melalui pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Selain itu, berbagai program inisiatif yang dihadirkan oleh BCA merupakan perwujudan dari pilar-pilar Environtmental, Social & Governance (ESG) untuk memacu realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Semoga dengan adanya pelatihan dan dapat turut serta memacu pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ira.

BCA Luncurkan Web Booking Bukit Peramun – Seremoni peluncuran Web Booking Bukit Peramun dihadiri oleh Vice President SKCSR BCA Ira Bachtar (tengah) didampingi oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie (kedua dari kiri), Kepala KCU BCA Tanjungpandan Yosef (kiri), dan Ketua HKM Arsel Community Adi Darmawan (kanan) pada Senin (19/9). Pada kesempatan ini, BCA juga mengadakan pelatihan Standar Layanan Desa Wisata dan juga pelatihan Manajemen Keuangan bagi para UMKM di Belitong.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2022, BCA melayani sekitar 31 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 62 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.065 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat                   : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon                  : (021) 2358-8000

Fax                          : (021) 2358-8339

E-mail                     : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA