Banjar, 24 Mei 2022 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) mengadakan bakti sosial operasi katarak di RSUD Asih Husada kota Banjar, Jawa Barat dalam rangka membantu masyarakat mencegah gangguan penglihatan sehingga dapat beraktivitas secara normal. Bakti sosial operasi katarak tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak 2001 pada hampir seluruh wilayah di Tanah Air.
Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dibuka oleh Kepala KCU BCA Tasikmalaya Hendri Darmin, Walikota Kota Banjar Dr.Hj. Ade Uu Sukaesih M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar Dr. H. Andi Bastian, Direktur RSUD Asih Husada Langensari Dr. Wiwik Nursanti, MMKes, Koordinator Operasional SPBK Perdami Dr. Faraby Martha, SpM(K), beserta segenap dari pengurus Perdami pusat dan Perdami Jawa barat Selasa (24/05). Operasi katarak di kota Banjar ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, yakni pada 23 Mei dan 24 Mei 2022.
Kepala BCA KCU Tasikmalaya Hendri Darmin mengungkapkan, kami berkomitmen hadir di sisi masyarakat dalam segala aspek, salah satunya di bidang kesehatan. Sejak tahun BCA 2001, BCA ingin memberikan kontribusi pada penurunan jumlah kebutaan akibat penyakit katarak di Indonesia agar terus berkurang dari waktu ke waktu. Seperti kita ketahui bersama bahwa mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat krusial, maka BCA secara konsisten melakukan operasi katarak bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di kawasan tak tersentuh layanan kesehatan dengan optimal.
Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes menunjukan bahwa angka kebutaan di Indonesia mencapai 3% dan sebanyak 81% disebabkan oleh katarak. Mencermati angka tersebut, tentunya telah menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk bersama mencegah terjadinya kebutaan akibat katarak.
BCA juga memberikan dukungan penyediaan alat – alat operasi katarak untuk SPBK PERDAMI, dan beberapa Perdami Cabang untuk mempercepat pemberantasan buta katarak. Operasi ini pun turut melibatkan 6 dokter spesialis mata yang didampingi oleh asisten dokter untuk menangani sekitar 241 pasien. Di sisi lain, pada tahun 2019, BCA juga telah menyumbang donasi 1 buah mikroskop dan instrumen katarak kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat, donasi 1 buah mikroskop kepada Perdami Cabang DKI Jakarta, dan dukungan pembelian donasi 1 mesin phacoemulsifikasi kepada perwakilan Perdami Cabang Riau.
EVP CSR BCA Inge Setiawati menambahkan, mengurangi jumlah pasien buta akibat katarak merupakan pekerjaan rumah seluruh pihak, tak terkecuali BCA. Oleh sebab itu, BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami) sejak tahun 2001 dan sejak 2017 dengan Kick Andy Foundation untuk mengadakan operasi katarak secara berkelanjutan. Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dilakukan secara gratis. “Untuk kegiatan bakti sosial operasi katarak di kota Banjar ini, kami perkirakan bisa dilakukan tindakan sekitar 241 operasi gratis kepada masyarakat. Harapan kami, BCA dapat terus menjangkau wilayah-wilayah yang masyarakatnya membutuhkan pertolongan dalam rangka mengurangi jumlah kebutaan akibat katarak,” tutup Inge.
BCA Gelar Operasi Katarak di RSUD Asih Husada – Simbolisasi kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak RSUD Asih Husada yang dihadiri oleh Kepala KCU BCA Tasikmalaya Hendri Darmin (kanan) dan Direktur RSUD Asih Husada Langensari Dr. Wiwik Nursanti, MMKes (kiri) pada Senin (23/05). Bakti sosial operasi katarak tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak 2001 pada hampir seluruh wilayah di Tanah Air.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2021)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2021, BCA melayani 29 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 48 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.034 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id